Bang Midji “belenggang” ke Teluk Pak Kedai

GENCIL.NEWS Bang Midji “belenggang” ke Telok Pak Kedai. Belenggang artinya Melangkah Pergi menurut Kamus Besar Bahasa Melayu Pontianak. Bang Midji sapaan akrab untuk Sutarmidji, saat ini adalah sosok yang sering dinantikan oleh masyarakat untuk dapat berkunjungan ke daerahnya.

Ketika Bang Midji tiba di daerah yang dikunjungi, masyarakat merasa bahagia karena bisa bertemu dan menyampaikan lansung aspirasi kepada Bang Midji, bahkan moment kedatangan Bang Midji sering diabadikan dengan foto bersama.

Teluk Pakedai dengan jumlah penduduk 19.404 jiwa (data BPS 2012) mempunyai luas ±29.190m2 yang berbatasan dengan sebelah utara Kecamatan Sungai Kakap, sebelah Selatan Kecamatan Batu Ampar, sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna.

Baca juga   Sutarmidji Hadir Bersama Masyarakat Tionghoa Singkawang
courtesy http://teluk-pakedai.blogspot.co.id/

Teluk pakedai di zaman penjajahan belanda merupakan bagian dari kewilayahan kerajaan Kubu yang dibuka pada tahun 1768 M, di bawah pimpinan Syaid Idrus Al Idrus bin Tuan Said Abdurrahman, adapun kekuasaannya meliputi negeri Terentang, Kubu dan Muara Ambawang (Teluk Pakedai) kemudian diteruskan Syaid Muhammad pada tahun 1823 M, Syaid Hasan pada tahun 1868 M dan terakhir Syaid Abbas pada tahun 1900 M.

courtesy http://teluk-pakedai.blogspot.co.id/

Penduduk Teluk Pakedai mayoritas suku Bugis yang asal pendatang dari Makasar untuk membuka kehidupan dan menetap untuk membuka lahan perkebunan dan perladangan.

Saat  silaturahmi ke Teluk Pak Kedai, Bang Midji menyempatkan diri untuk bertemu dengan para pedagang di pasar. Terlihat Bang Midji begitu antusias mendengarkan pembicaraan dan sempat bediskusi dengan para pedagang di pasar.

Baca juga   Di Semitau, A.M Nasir, SH: Mari Dukung dan Menangkan Midji-Norsan

Banyak hal menarik selama Bang Midji berkunjung ke Teluk Pak Kedai, selain bediskusi dengan para pedagang, para pengunjung pasar pun, ikut meramaikan dengan berfoto bersama, bahkan sesekali menyampaikan aspirasi.

Di akhir “belenggang” ke Teluk Pak Kedai, Bang Midji berpamitan dengan warga setempat, dan berpesan agar tetap menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara, turut berpatisipasi menciptakan  pilkada yang damai. (raw/ke/nb)

 

 

 

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.