Gerakan Kampung Bebas Narkoba Perdana Di Pontianak Dan Kalbar

GENCIL.NEWS, PONTIANAK – Staf Advokasi dan Penyuluhan BNN Kota Pontianak yang juga sekaligus menjadi Ketua Gemantika Kota Pontianak, Chandra, mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat.

“Hari ini kita buktikan program kampung bebas narkoba di Sungai Bangkong dulu, kedepannya akan kita susuri ke 29 Kelurahan yang ada di Pontianak,”katanya, Jum’at (20/10)

“Belum ada masyarakat yang dengan lantang meneriakkan deklarasi melakukan gerakan masif yang kita beri nama gerakan kampung kamek bebas narkoba,” lanjutnya.

Gerakan ini juga bertujuan untuk menjaga para generasi muda dan generasi emas yang dimiliki Kota Pontianak dari penyalahgunaan Narkoba. Apalagi gerakan ini dimulai dari kalangan masyarakat sendiri.

Selain pendeklarasian secara seremonial, kegiatan ini juga disisipkan dengan melakukan tes urin kepada para RW dan pelajar dimana hasil yang didapatkan memang sesuai dengan harapan, yaitu tidak ada yang ditemukan positif mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut.

“Harapan kami Kota Pontianak maju, sejahtera dan juga masyarakatnya bebas dari narkoba. Apa artinya pembangunan fisik muncul dan lancar, tapi pembangunan non fisik macam ini tidak kita lakukan,”pungkasnya.

Pada kegiatan deklarasi yang diberi nama Kampung Kamek Bebas Narkoba ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono beserta perwakilan dari BNN Kota Pontianak yang mengepalai langsung kelompok masyarakat yang diberi nama Gerakan Masyarakat Anti Narkotika (Gemantika)