GENCILNEWS – Semua Naik…” itu jerita sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Kota Pontianak, saat berbelanja di pasar tradisional. Mereka mengeluhkan kenaikan harga sembako atau bahan pokok dalam sepekan terakhir yang membuat masyarakat resah.

Bagaimana tidak, gaji para suami yang diterima mereka tidak mengalami perbaikan alias kenaikan seperti kenaikan rutin sembako ini.

“Bayangkan saja Seminggu ini, berbagai kebutuhan pokok yang dijual di Pasar Teratai, Kecamatan Pontianak Barat, rata-rata mengalami kenaikan,” kata Yuli salah seorang ibu rumah tangga, belum lama ini.

Kenaikan paling mencolok terjadi pada harga ikan, seperti ikan tongkol yang mencapai Rp40 ribu hingga Rp50 ribu/kilogram, ikan kembung dan ikan sarden juga mahal, yakni rata-rata Rp40 ribu/kilogram.

Baca juga   Polsek Ketungau Hulu Ikut Cerdaskan Kehidupan Bangsa

“Jika ada yang dijual Rp30 ribu/kilogram, kualitas ikannya tidak bagus atau ikan kemarin yang tidak habis dijual,” ujarnya.

Ia menambahkan, akibat tingginya harga ikan yang dijual tersebut, maka dirinya dan ibu-ibu rumah tangga lainnya, harus pandai-pandai mengatur uang belanja, agar bisa cukup hingga akhir bulan.

Apalagi, menurut dia, kenaikan harga tidak hanya terjadi pada ikan, melainkan sayur pun juga naik.

Kenaikan juga menimpa beras kampung yang dulunya dijual dengan harga Rp10 ribu/kilogram, kini dijual Rp11 ribu/kilogram.

Hal senada juga diakui oleh Asma. Ia mengaku pusing saat berbelanja berbagai kebutuhan pokok dalam memenuhi berbagai kebutuhan makan keluarga. Apalagi, sang suami hanya bekerja sebagai buruh bangunan, itu pun jarang mendapat panggilan kerja.

Baca juga   Berharap Tak Ada Kenaikan Sembako Saat Ramadhan

“Jadi bingung bagaimana untuk mengatur keuangan untuk kebutuhan makan sehari-hari. Gaji pas-pasan tak pernah naik, kebutuhan terus membengkak, belum jajan sekolah anak-anak. Makin berat biaya hidup akhir-akhir ini,” keluhnya.

Ia lantas berharap, pemerintah secepatnya mengendalikan harga berbagai kebutuhan pokok tersebut, terutama sembako yang terus mengalami kenaikan terus menerus. ” katanya.(all)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.