Ini Dia Universitas Keren di Pontianak

Ini dia universitas keren di pontianak – Sudah lulus SMA dan sederajad tapi masih bingung mamu memilih melanjutkan studi di mana? Pontianak memiliki banyak tempat studi jenjang sarjana dan pascasarjana di universitas negeri dan swasta, selain itu juga ada politeknik dengan lulusan D3 dan D4.

Berikut ini adalah daftar nama perguruan tinggi yang memiliki kualitas baik serta akreditasi di Pontianak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih tempat studi. Diantaranya adalah bidang studi yang diminati, akreditasi jurusan dan universitas, biaya dan jarak universitas. Silahkan di simak ya daftar perguruan tinggi berdasarkan rangkin yang terbaik di Pontianak berikut ini.

universitas di pontianak
universitas di pontianak (foto untan.ac.id)

1. Universitas Tanjungpura
Universitas Tanjungpura atau dikenal dengan Untan merupakan universitas negeri di kota Pontianak yang memiliki akreditasi universitas B. Lokasi kampus berada di Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi/Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Saat ini memiliki 30.687 mahasiswa dan 3641 lulusan dari 63 jurusan sarjana dan 22 jurusan pascasarjana. Untan Juga memiliki program Diploma dan Internasional. Untan didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta pada awalnya. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak, setelah adanya perubahan nama, baru kemudian dikenal sebagai Universitas Tanjungoura hingga sekarang. Daftar fakultas yang ada di Untan adalah:
• Fakultas Hukum : Ilmu Hukum
• Fakultas Ekonomi : Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Islam
• Fakultas Pertanian: Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan
• Fakultas Teknik : (Program Sarjana) Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Pertambangan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik (Program Magister) Teknik Sipil dan Teknik Elektro
• Fakultas Ilmu Sosial dan Politik : Kearsipan, Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi
• Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : (Ilmu Sosial) Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, (Matematika dan IPA) Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, (Bahasa dan Seni) Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, (Pendidikan Dasar) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Ilmu Keolahragaan), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Kepelatihan Olahraga, (Ilmu Pendidikan) Pendidikan Guru PAUD, Bimbingan dan Konseling, (Program Magister), Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Administrasi Pendidikan
• Fakultas Kehutanan : Kehutanan
• Fakultas MIPA : Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
• Fakultas Kedokteran : Kedokteran, Farmasi, Keperawatan

Baca juga   Merancang Bisnis yang Cocok Bagi Para Pemula

2. Politeknik Negeri Pontianak
Politeknik Negeri Pontianak adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi. Jika kamu lebih menyukai praktek dan berorientasi ingin bekerja di dunia inustri, Politeknik merupakan pilihan yang bagus. Di Politeknik Negeri Pontianak terdapat beberapa fakultas, yaitu:
• Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan dengan Program Studi D3 Teknik Sipil dan D4 Teknik Perencanaan Perumahan dan Permukiman.
• Jurusan Teknik Mesin dengan Program Studi D1 Operator Dan Peralatan Berat, D3 Teknik Mesin dan D4 Teknik Mesin.
• Jurusan Teknik Elektro dengan Program Studi D3 Teknik Listrik, D3 Teknik Elektronika, dan D3 Teknik Informatika.
• Jurusan Administrasi Bisnis dengan Program Studi D3 Administrasi Bisnis dan D4 Administrasi Negara.
• Jurusan Akuntansi dengan Program Studi D3 Akuntansi dan D4 Akuntansi.
• Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, D4 Budidaya Tanaman Perkebunan dan D4 Manajemen Perkebunan
• Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Program Studi D3 Budidaya Perikanan, D3 Teknologi Penangkapan Ikan dan D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.
• Jurusan Teknik Arsitektur dengan Program Studi D3 Arsitektur, D4 Arsitektur Bangunan Gedung, dan D4 Desain Kawasan Binaan.
• PDD Kota Singkawang dengan Program Studi D2 Teknik Informatika dan D2 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.
• PDD Kabupaten Polewali Mandar dengan Program Studi D2 Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan dan D2 Teknik Mesin.
• PDD Kabupaten Kapuas Hulu dengan Program Studi D3 Teknik Sipil, D3 Teknologi Budidaya Perikanan dan D3 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.
Diantara perguruan tinggi lain Untan memang yang terbesar dan memiliki banyak pilihan jurusan dengan akreditasi B dan C.

3. Universitas Muhammadiyah Pontianak
Ingin kuliah dengan iklim keagamaan yang kental? Kamu dapat mendaftarkan diri di Universitas Muhammadiyah. Muhammadiya memiliki universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kualitasnya sudah bagus dan tidak perlu diragukan. Diprakarsai oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat periode 1985 – 1990, dan selanjutnya diresmikan pendiriannya oleh Pimpinan Pusat Persyarikatan Muhammadiyah Universitas Muhammadiya berdiri pada 3 Oktober tahun 1990. Universitas Muhammadiyah Pontianak memiliki kerjasama dengan beberapa universitas dalam luar negeri di berbagai bidang seperti akademik, penelitian dan beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Program Studi yang ditawarkan adalah:
• Keguruan Dan Ilmu Pendidikan : Pendidikan Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
• Perikanan Dan Ilmu Kelautan : Perikanan dan Budidaya Perairan
• Teknik : Teknik Mesin

Baca juga   Mengenal Lebih Dekat dengan Masyarakat Dayak

4. Universitas Panca Bhakti Pontianak
Universitas Panca Bhakti (UPB) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Pontianak yang resmi berdiri pada tahun 1983. Universitas Panca Bhakti pada awalnya merupakan gabungan dari beberapa Sekolah Tinggi dan Akademi yang dibentuk oleh Yayasan Panca Bhakti Pontianak, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan) tahun 1979, STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) dan STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Teknik) tahun 1981 dan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian) tahun 1982. Universitas Panca Bhakti merupakan universitas swasta yang bagus di Pontianak. Program studi yang ditawarkan yaitu:
• Fakultas Pertanian : Agribisnis, Agroteknologi
• Fakultas Ekonomi : Manajemen, Akuntansi
• Fakultas Hukum : Ilmu Hukum
• Fakultas Teknik : Teknik Sipil
5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak
Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak merupakan Pendidikan Vokasi Kesehatan Negeri yang ada di Kalimantan Barat. Berdiri sejak tahun 2001. Untuk kamu yang ingin bekerja atau mendalami ilmu kesehatan bisa melanjutkan studi di Potekkes. Saat ini Poltekkes Kemenkes Pontianak memiliki 6 Jurusan termasuk didalamnya Jurusan Keperawatan dan Kebidanan dengan 11 Program Studi D3 dan D4. Program studi yang ditawarkan adalah:
• Kesehatan Lingkungan (D.III dan D.IV)
• Gizi (D.III dan D.IV)
• Keperawatan Gigi (D.III)
• Analis Kesehatan (D.III dan D.IV)
• Kebidanan (D.III dan D.IV)
• Keperawatan (D.III dan D.IV)

Masih banyak lagi daftar perguruan tinggi di Pontianak dengan berbagaim macam jrusan dan spesialisasi. Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di sini. Memilih universitas dan jurusan merupakan salah satu faktor penentu untuk mendapatkan lebih banyak peluang di masa depan. Kamu yang sekaran sedang bingung mencari tempat berlabuh untuk belajar, sarannya pikirkanlah dengan matang. Berdasarkan apa yang kamu inginkan, sukai, kuasai, serta potensi yang dimiliki. Pemilihan dengan matang menentukan kenyamanan saat belajar dan kesuksesan menempuh studi. Semua jurusan apapun itu memiliki peluang untuk sukses.

Semua bergantung pada kesungguhan diri untuk belajar dan menjadi lebih baik, terlebih lagi karena didasari oleh minat. Peuang sukses akan semakin besar. Jika kamu ingin bekerja di wilayah Pontianak atau Kalimantan saja, maka pelajari potensi daerah yang ada. Pilih jurusan yag sesuai dengan potensi agar kamu memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pontianak memiliki potensi pertanian, perkebunan, kehutanan, tambang, pariwisata, dan banyak industri kreatif. sesuaikan jurusan dengan keinginan kamu ya, jangan asal memilih.

Penulis yang suka nulis