GENCILNEWS – Banyaknya berita – berita hoaks atau bohong yang beredar di masyarakat terutama melalui media sosial, tentunya berdampak buruk bagi keharmonisan di masyarakat. Bukan hanya skala kecil, tapi juga dampak besar yang dialami individu, kelompok bahkan negara.

Selama ini Kalbar dikenal sangat rentan dengan gesekan antaretnis, sehingga memantik konflik horizontal berkali-kali. Bukan tidak mungkin, perbedaan pilihan yang meruncing di Pilkada Kalbar ini, mengulang luka lama tersebut.

Untuk itu, Hoax Crisis Center (HCC) Minggu (22/7) akan menggelar kegiatan “Kampanye Publik Antihoaks, Hoaks: Hanya Ada Satu Kata Lawan,” di area caf free day.

Ketua HCC Kalbar, Reinardo Sinaga, mengungkapkan, dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan murah, wabah hoaks di media sosial lekas mengubah wajah publik bangsa ini. Gairah kebencian, kecurigaan dan permusuhan terhadap perbedaan agama, etnis atau hal lainnya marak bertebaran di media sosial.

Reinardo Sinaga, mengungkapkan, dengan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan murah, wabah hoaks di media sosial lekas mengubah wajah publik bangsa ini. Gairah kebencian, kecurigaan dan permusuhan terhadap perbedaan agama, etnis atau hal lainnya marak bertebaran di media sosial.

“Revolusi teknologi informasi ini bukan malah menciptakan keterbukaan dan kedewasaan, sebaliknya kecenderungan ekslusif, fanatik, intoleran dan diskriminatif di kalangan masyarakat. Lazimnya, intensitas hoaks bersifat provokatif dan berbau SARA kian begitu kentara,” paparnya.

Baca juga   Pemadaman Listrik Bulan Puasa Bukan Disengaja

Di era sekarang, semua orang mempunyai akses terhadap ponsel dan computer. Beragam informasi kian riuh sesak mewarnai media sosial. Tak hanya pihak media, perputaran informasi justru kian deras di tangan pengguna internet, mulai dari orang dewasa sampai dengan anak-anak.

“Kegiatan ini perlu dilaksanakan dalam upaya yang mengajak peran aktif semua pihak untuk ikut terlibat dalam aksi menangkal hoaks,” ujarnya.

Diketahui, Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar merupakan organisasi pertama yang dideklarasikan di Indonesia untuk menangani berbagai masalah hoaks di dunia digital dan media sosial, khususnya di Kalbar.

Tidak hanya di Indonesia, namun juga yang pertama di kawasan Asia Pasifik. HCC menjadi upaya kolaborasi antara KOPI Kalbar, Mafindo Kalbar, Diskominfo Kalbar melibatkan komunitas lainnya.

Baca juga   Raperda Pengawasan Sertifikasi Produk Halal Terus Dibahas

HCC Kalbar dibentuk untuk memberikan informasi fakta guna mengklarifikasi hoaks yang beredar di media sosial dan dunia maya.

Setiap laporan dan informasi yang masuk di HCC akan diproses atau di-debunk, kemudian disampaikan klarifikasinya yang bisa diakses di web kalbar.turnbackhoax.id,  sehingga masyarakat jadi tahu apakah informasi itu hoaks atau bukan. (all)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.