Pontianak Kompetisikan Menu Berbahan Ikan ala Nusantara

GENCILNEWS – Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI, Theofransus La Litaay menuturkan, salah satu potensi pariwisata di Kota Pontianak itu adalah wisata kuliner termasuk di dalamnya beragam menu-menu ikan lokal yang sebenarnya potensial dijadikan sebagai andalan pariwisata di Kota Pontianak.

“Melalui lomba menu ikan nusantara ini kita berharap potensi pariwisata bisa dikembangkan,ini bukan hanya pariwisata saja tetapi sekaligus mempromosikan kegemaran untuk makan ikan yang tentunya sangat baik terutama bagi anak-anak,” sebutnya.

Selain itu, lomba ini juga sebagai bagian pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

“Makan ikan adalah salah satu bentuk atau kegemaran yang sehat dan perlu dipromosikan,” tukas Theofransus.

Pada lomba ini berbagai macam hidangan masakan ikan menunjukkan bahwa ternyata bukan hanya kaitan dengan pariwisata atau kesehatan saja, tetapi juga ekonomi lokal, khususnya ekonomi skala kecil dan menengah.

“Saya kira ini penting sekali untuk dipromosikan dan kami menyambut baik karena Pemkot Pontianak bersedia untuk mendukung kegiatan ini secara sangat luar biasa dan kegiatan ini menunjukkan partisipasi Pemkot Pontianak dan stakeholder yang sangat banyak,” ucapnya.

Para pemenang lomba di tingkat nasional ini, lanjut Theofransus, akan dipromosikan dalam berbagai kegiatan di tingkat nasional.

“Pemenang dari lomba di tingkat nasional ini nanti akan memasak di depan Bapak Presiden RI, Jokowi dan para menteri. Mereka juga akan diundang untuk hadir dalam upacara 17 agustus di istana presiden. Kemudian juga akan diundang dalam pembukaan Asian Games pada tanggal 18 Agustus di Gelora Bung Karno Jakarta,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi motor penggerak bagi aktivitas di dalam kegiatan ekonomi lokal di Kota Pontianak yang berdampak positif.

“Jadi ini satu cara kita mempromosikan mengingat Kota Pontianak ini merupakan salah satu kota penting di Kalimantan dengan tingkat kemajuan ekonomi yang cukup tinggi,” ucapnya. (all)