Ramayana merupakan salah satu departemen store terbesar di Indonesia, dan telah menyebar hingga ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Salah satu cabang Ramayana yang cukup ramai-yang berada di Kalimantan Barat berada di Kota Pontianak. Masyarakat mengenalnya Ramayana Mall Pontianak.

courtesy jejakpiknik.com

Ramayana Mall Pontianak sudah berusia 17 tahun. Pertama masuk ke Kota Pontianak pada November 2001 silam. Sedari awal, konsep Ramayana Mall Pontianak adalah store yang memberikan kelengkapan fashion untuk semua kalangan, Sedangkan sasaran pasar yang dituju lebih menyasar kalangan menengah ke bawah.

“Kalau konsep, sebenarnya kita memberikan kelengkapan fashion untuk masyarakat yang sesuai trend dengan harga yang terjangkau. Target kami kalangan menengah ke bawah,” ujar Aditya Destiadi, Store Manager Ramayana Mall Pontianak.

Menurut Adit, pasar menengah ke bawah masih menjanjikan itulah alasannya mengapa jangkauan produk Ramayana Mall Pontianak bukan menengah ke atas namun lebih menargetkan menengah ke bawah. Di samping itu, pasar menengah ke bawah mempunyai daya beli yang tinggi dibanding menengah ke atas. Walaupun begitu, Adit tidak menyangkal tetap saja ada konsumen menengah ke atas yang berbelanja di Ramayana Mall Pontianak.

“Produk yang dijual disesuaikan dengan daya beli masyarakat kota Pontianak sendiri. Kalau kita lihat di Pontianak masih banyak peluang,” tambah Adit.

Dari sisi jumlah menurut Adit, antara kelas menengah ke bawah dan menengah ke atas memang hampir sama, namun jika dipresentasikan jumlah pasar menengah ke bawah di Kota Pontianak lebih banyak.

“Karena memang dari awal Ramayana didirikan secara nasional memang untuk menengah ke bawah. Intinya sih untuk semua kalangan, dan hal tersebut juga menjadi peluang yang besar kami,” jelas Adit.

Kegiatan marketing berupa event masih dianggap efektif bagi para pengelola mall maupun departement store. Hal tersebut juga diungkapkan Adit, bahwa Ramayana Mall Pontianak masih terus menggunakan sarana event untuk kegiatan marketing dan promosinya.

Diakui Adit, Ramayana Mall Pontianak terus mengadakan kegiatan promo setiap bulannya dengan menerapkan diskon menarik. “Kelebihan kami, ada diskon besar-besaran,” katanya. Penerapan diskon besar dan event terbukti menjadi media promosi yang paling efektif bagi Ramayana Mall Pontianak. Event-event besar yang dilakukannya lebih banyak ke event sosial, tidak melulu ke jualan.

Baca juga   Dishub akan Berlakukan Regulasi Operasional Tronton 40 feet

“Setiap bulannya kita selalu bikin promo, karena diskon merupakan media yang paling efektif. Tetapi adanya event tidak kita jadikan serta merta sebagai media promosi. Contohnya kemarin ada event bola, kita adakan promosi bukan dari sisi penjualan tapi dari sisi sosial,” ungkap Adit.

Media promosi lainnya yang masih dirasa efektif bagi Ramayana Mall Pontianak adalah dengan penyebaran brosur, pemasangan iklan di media cetak. Selain itu pada hari-hari besar seperti lebaran dan Imlek, biasanya lebih menggunakan spanduk. Untuk penggunaan channel digital sendiri, Ramayana Mall Pontianak lebih menyerahkan ke tim pusat untuk pengelolaannya. “Semua itu kita lakukan untuk menarik konsumen datang dan berbelanja ke Ramayana Mall Pontianak,” katanya.

Masyarakat Kota Pontianak sudah mempunyai persepsi bahwa harga yang ada di Ramayana Mall Pontianak lebih murah namun berkualitas. Memang seperti yang dikatakan Adit, Ramayana Mall Pontianak tetap menjaga kualitas produk dengan harga sesuai kantong masyarakat menengah bawah.

Namun jika dibandingkan dengan produk yang ada di pasar tradisional, Adit mengatakan produk yang dijual di Ramayana Mall Pontianak memiliki kualitas yang lebih bagus, sebab barang diambil dari supliernya langsung.

“Tentu kualitasnya berbeda, karena kami ngambil dari supplier langsung. Kalau harga sih mungkin lebih mahal dari pasar tradisional karena memang kualitasnya berbeda,” jelas Adit.

Menurut Adit, strategi yang diterapkan Ramayana Mall Pontianak untuk menggaet pelanggan dan mempertahankannya agar tidak beralih ke kompetitor, yakni dengan mengedepankan pelayanan yang baik pada konsumen. Sebab, menurutnya sikap yang baik dapat memberikan daya tarik tersendiri pada konsumen. Selain itu, Ramayana Mall Pontianak mengedukasi pasar dengan mengunggulkan harga yang terjangkau namun tetap bisa fashionable.

“Karena kita yakin kalau kita mempunyai pelanggan loyal, mereka akan terus membeli produk. Anak muda pun bisa tampil fashionable dengan harga seusai kantong mereka,” ujarnya.

Walaupun begitu, Ramayana Mall Pontianak pun tetap menyediakan merek-merek branded sama halnya dengan kompetitor. Hal tersebut diakui Adit untuk menjangkau pasar kelas menengah ke atas.

Baca juga   Anak Cristiano Ronaldo Bergabung di Juventus

Disamping konsep, harga, dan pelayanan prima, Ramayana Mall Pontianak juga memiliki loyalty program untuk pelanggannya, yakni dengan member card. Dimana dengan member card, konsumen bisa memperoleh poin, dan poin tersebut bisa ditukar dengan produk yang ada di store.

“Kita ada member card. Jadi setiap konsumen yang belanja, akan mendapat poin. Dengan poin tersebut dia dapat menukarnya di store. Misal ditukar kaos, tempat minum atau lainnya,” ujar Adit.

Menariknya lagi, Ramayana Mall Pontianak juga memiliki sebuah aplikasi yang bisa diintegrasikan dengan member card tersebut. Aplikasi ‘Ramayana Member’ dapat diunduh di play store secara gratis dan langsung terintegrasi dengan member card yang telah dimiliki oleh pelanggan. Saat ini, kegunaan dari aplikasi ‘Ramayana Member’ adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan, promo, jadwal meet and great, katalog dan lainnya.

“Kita juga sudah ada aplikasinya, tinggal buka Play Store dan download, di dalamnya sudah ada informasi tentang promo skedul meet and greet, katalog, serta lainnya,” ujar Adit.

Tak hanya itu saja, konsep online-to-offline (O2O) diterapkan Ramayana Mall Pontianak yakni konsumen bisa melihat produk Ramayana dalam aplikasi lalu melakukan transaksi dalam aplikasi, dan barangnya bisa diambil secara langsung ke Ramayana Mall Pontianak. Konsep O2O bermanfaat bagi pelanggan yakni pelanggan pastinya tidak akan kehilangan produk yang dibutuhkannya tanpa pergi ke Ramayana secara langsung.

“Dia bisa pilih produk di aplikasi, ditransaksi terlebih dahulu, baru diambil barangnya di Ramayana secara langsung,” tegas Adit.

Menurut Adit perkembangan departemen store di Kota Pontianak sudah sangat bagus. dengan makin menjamurnya pusat perbelanjaan dan supermarket. Hal tersebut terlihat, kata Adit, jika dulu seseorang ingin berbelanja harus pergi ke kota besar seperti Jakarta, maka sekarang hanya di Pontianak saja sudah tersedia.

 

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.