GENCILNEWS – Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur masuk lima besar nominasi Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Nasional. Kelurahan Saigon terpilih mewakili Provinsi Kalbar untuk bersaing di tingkat nasional. Penilaian Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional digelar di Komplek Griya Pratama I Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur, Senin (30/7).
Ketua Tim Penilai, Arolis Mubyar Laras mengatakan, meskipun selama ini banyak anggapan bahwa Pulau Jawa mendominasi berbagai lomba PKK, namun ia meminta daerah-daerah di luar Pulau Jawa tidak boleh berkecil hati. Hal ini terbukti lima nominator Lomba HATINYA PKK Tingkat Nasional didominasi daerah luar Pulau Jawa.
“Jadi, kita harus percaya diri dengan kemampuan kita, yakin bahwa kita juga bisa,” ujarnya.
Ia juga memuji kebersihan Kota Pontianak sepanjang jalan yang dilewatinya. Tak hanya itu, lingkungan komplek perumahan yang ada di kota ini dinilainya tidak terkesan individualis layaknya di ibu kota DKI Jakarta.
“Di sini saya lihat lingkungan kompleknya orangnya terbuka, tidak menutup diri dan mau berbaur,” sebutnya.
Lomba HATINYA PKK ini, kata Arolis, dalam rangka mendorong masyarakat untuk menanam berbagai tumbuhan di halaman atau pekarangan masing-masing. Fungsinya untuk ketahanan pangan keluarga. Setelah itu secara bertahap ditingkatkan lagi untuk ketahanan pangan kecamatan, kabupaten/kota hingga nasional.
“Dengan adanya halaman PKK ini maka kita tidak akan kesulitan lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, baik itu tanaman sayur-sayuran, buah-buahan hingga tanaman obat,” imbuhnya.
Terpisah, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan, HATINYA PKK dapat terwujud melalui sarana gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan dan komoditi yang produktif.
“Diharapkan nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan keluarga,” terangnya.
HATINYA PKK yang diterapkan di Kota Pontianak menggunakan konsep pemberdayaan keluarga dan masyarakat dengan melibatkan seluruh anggota keluarga dan kelompok. Upaya ini dilakukan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga seperti aneka umbi, sayuran, buah dan ikan sebagai tambahan ketersediaan pangan.
“Melalui HATINYA PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan  bagi penghuninya,” ucapnya. (all)