GENCILNEWS – Lebih dari 30 musisi dan band di kota singkawang, lebur menjadi satu di rangkaian acara Silaturahmi Musisi Singkawang (SMS). Yang di gelar 21-22 juni 2018 di alun kota singkawang.

SMS adalah kolaborasi musisi asal singkawang dari berbagai latar belakang musik. Ide SMS  bermula dari nongkrong bareng kemudian mendapatkan ide untuk membuat sebuah ajang untuk tampil bersama dalam satu panggung.

Ditahun pertamanya, kegiatan ini bernama “LET IT BE”, dan ternyata kegiatan mendapat antusias dari berbagai pihak. Di tahun keduanya, ajang ini pun resmi bernama “Silaturahmi Musisi Singkawang”.

SMS pun digelar setiap tahunnya, dan tahun 2018 adalah gelaran ke 11 dari Silaturahmi Musisi Singkawang. Pemerintah Kota Singkawang, mengapresiasi kegiatan ini. Harapan dari para peserta adalah, semoga ajang SMS masuk dalam kalender kegiatan di pemkot singkawang.

Baca juga   Kotak Hitam Helikopter Basarnas telah Ditemukan

Kota Singkawang dapat dapat dikatakan sebagai pemasok musisi di kalimantan barat. Dari tahun 80an Singkawang adalah termasuk daerah yang aktif menyelenggarakan  festival musik.

Mulai dari Pop Singer yang di adakan oleh station radio , ada pula festival band dengan berbagai macam tema, mulai dari jazz, slow rock, pop, metal dan rock yang di adakan oleh EO lokal.

Di ajang festival band  se kalimantan barat, singkawang adalah termasuk daerah yang disegani oleh para musisi di kalimantan barat.

Bahkan sampai sekarang kita masih bisa mengetahui musisi asal singkawang yang tampil di kancah musik nasional

Perhelatan SMS adalah ajang ngumpul dan tampil bareng para musisi asal singkawang, pada event kali ini tercatat musisi dari era 60-90an juga turut berpartisipasi, seperti keroncong mutiara, dan band lawas singkawang the gass.

Baca juga   Sandiaga Uno Gunakan Mobil Ini Untuk Pelantikan

Ajang ini tidak memungut biaya bagi musisi yang mengikutinya. Bahkan dari teman-teman musisi mereka mendedikasikan dirinya agar ajang ini dapat diselenggarakan.

Wakil Walikota Singkawang, Drs. H.Irwan, MSi pun tampak memeriahkan kegiatan SMS, tampak beliau menikmati kegiatan ini. Maklum saja, Wakil Walikota yang masih muda dan ganteng ini termasuk dekat dengan anak muda di kota singkawang.

Tentunya ajang ini harus dipertahankan, mengingat bahwa bangsa yang besar adalah bisa menghargai karya dan cipta orang lain. Dan dari seni bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bagi masyarakat singkawang dan kalimantan barat. (dapurmusikGencil)