Hal Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Motor Metik

Hal Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Motor Metik

Hal hal yang harus diketahui sebelum membeli motor metik –  Kebutuhan ekonomi kini di Indonesia semakin tinggi, harga-harga berbagai kebutuhan pokok pun juga melambung dengan sangat tinggi. Akan ada banyak cara yang akan dilakukan oleh sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya misalkan dengan mencari pekerjaan, berjualan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi ada salah satu kebutuhan pokok yang cukup penting untuk menunjang berbagai macam aktivitas sehar-hari bahkan dapat menunjang suatu pekerjaan salah satunya yaitu dengan memiliki kendaraan pribadi. Dengan memiliki kendaraan pribadi, maka segala hal akan dapat dilakukan misalkan ingin berjualan keliling, untuk berangkat ke kantor, berangkat ke toko yang Anda miliki, dan lain sebagainya. Maka dari itu memang sangatlah penting jika memiliki kendaraan pribadi. Anda bisa membeli sebuah mobil, akan tetapi banyak yang mengeluhkan untuk harga mobil yang mahal sedangkan uang yang dimiliki tidak cukup untuk membeli sebuah mobil. Maka dari itu alternative lain untuk memiliki kendaraan pribadi yaitu dengan membeli sebuah motor.

Ada berbagai macam jenis motor yang bisa Anda beli misalkan membeli motor gigi, dan juga motor metik. Akan tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa membeli motor metik lebih murah dibandingkan dengan membeli motor gigi. Selain itu motor metik juga lebih mudah untuk digunakan dan juga praktis. Jika Anda ingin memiliki sebuah motor yang nantinya akan Anda jadikan sebagai kendaraan untuk membantu menjalankan aktivitas Anda sehari-harinya, maka sebaiknya Anda memahami beberapa contoh tips yang harus dilakukan sebelum Anda membeli sebuah motor metik. Mau tau apa sajakah tips-tipsnya? Yuk simak berbagai penjelasannya berikut ini.

tips membeli motor matic
membeli matic (foto harian oto)

Tips Sebelum Membeli Motor Metik
Berikut ini merupakan beberapa contoh tips yang sebaiknya Anda pahami secara benar sebelum membeli sebuah motor metik agar nantinya pilihan Anda tidak akan salah dan juga tepat, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Memilih dealer motor resmi.
    Tips yang pertama yaitu memilih membeli ke dealer motor resmi. Hal ini dikarenakan jika membeli secara langsung ke dealer resmi tentu saja akan aman dan juga dealer resmi sering mengadakan promo maupun diskon jadi memang lebih disarankan untuk membeli secara langsung karena sangat terpercaya.
  2. Cek fitur dan kelengkapan.
    Tips yang kedua yaitu dengan mengecek fitur dan juga kelengkapan. Sebagai contohnya yaitu kelengkapan surat-surat kendaraan, buku panduan, buku servis, kardus, apakah mendapatkan helm, jaket, dan lain sebagainya. Dan yang lebih penting yaitu beberapa kunci-kunci standar, jika Anda belum mendapatkannya secara lengkap maka sebaiknya Anda menanyakannya, karena hal itu tentu sangat penting apalagi jika Anda sudah membayar full akan tetapi tidak mendapatkan kelengkapan.
  3. Menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.
    Tips yang ketiga yaitu menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, ada beberapa jenis-jenis motor yang bisa Anda beli dengan berbagai macam merk. Anda bisa mencari beberapa referensinya di internet atau bisa juga untuk mendatangi beberapa dealer-dealer resmi untuk menanyakan harganya.
  4. Jangan mudah tergiur oleh harga yang murah.
    Tips yang keempat yaitu jangan tergiur dengan harga yang murah, walaupun membelinya di dealer resmi akan tetapi pilihlah yang memiliki spesifikasi terbaik. Anda juga jangan mudah untuk tergiur pada SPG agar nantinya tidak akan salah dalam memilih motor yang akan Anda beli.
  5. Belilah motor sesuai dengan kebutuhan.
    Tips yang kelima yaitu membeli motor sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai macam jenis motor metik yang biasa digunakan sehari-harinya yaitu motor metik yang kecil maupun motor metik yang besar. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan apa yang akan Anda gunakan, jika digunakan untuk berjualan maka sebaiknya gunakan motor metik dengan ukuran besar, kemudian jika hanya digunakan untuk pulang pergi ke kantor atau ke toko maka Anda bisa membeli motor metik yang berukuran kecil atau sedang.
  6. Memperhatikan garansi motor.
    Tips yang keenam yaitu memperhatikan garansi motor yang diberikan. Walaupun transaksi jual beli motor sudah selesai, akan tetapi garansi tentu saja masih berjalan. Hal ini tentu saja sangatlah penting karena jika terjadi sesuatu sebelum masa garansinya habis maka semua kerusakan akan diganti atau di servis oleh dealer tersebut.

 

Itulah beberapa contoh tips yang sebaiknya Anda pahami secara baik dan benar agar nantinya tidak akan timbul rasa penyesalan atau kekecewaan ketika membeli sebuah motor khususnya motor metik. Jika keuangan Anda tidak mencukupi untuk membeli sebuah motor metik bekas, maka Anda bisa membeli sebuah motor metik second atau bekas karena lebih murah tentunya. Akan tetapi jika Anda ingin membeli sebuah motor metik bekas pun Anda harus memahami beberapa tips yang harus dilakukan sebelum membeli motor metik bekas. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Membeli Motor Metik Bekas
Inilah beberapa tips yang harus Anda perhatikan yang sangat penting tentunya sebelum membeli sebuah motor metik bekas, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Menentukan jenis motor metik apa yang akan Anda beli.
    Menentukan jenis motor apa yang akan Anda beli, sesuaikan juga dengan kebutuhan yang Anda akan lakukan misalnya untuk berjualan, atau hanya sekedar untuk akomodasi transportasi biasa.
  2. Mengetahui harga bekas di pasaran.
    Tips yang kedua yaitu Anda harus mengetahui berapakah harga-harga yang dijual di pasaran. Anda bisa mengunjungi dealer-dealer tertentu yang menjual motor-motor bekas, selain itu Anda juga bisa melihat beberapa referensinya di internet.
  3. Jangan sembarangan memilih penjual motor.
    Tips yang ketiga yaitu jangan sembarangan untuk memilih penjual yang menjual motornya. Ketahuilah secara mendalam pada penjual yang menjual motornya, atau bahkan Anda akan lebih aman jika membelinya di sebuah dealer resmi yang menjual motor bekas dengan kondisi yang masih cukup prima.
  4. Memeriksa kelengkapan surat.
    Tips yang keempat yaitu memeriksa kelengkapan surat-surat yang dimiliki sebelumnya, misalkan kartu garansi (jika masih berlaku tentu akan sangat menguntungkan), STNK, surat cara merawat motor, penggunaan motor, dan yang lain sebagainya.
  5. Mengecek kondisi motor.
    Tips yang kelima yaitu dengan mengecek kondisi motor yang akan dibeli misalkan mengecek kondisi mesin, cek juga kondisi body motor misalkan ada kerusakan, lecet, dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa contoh tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah motor metik bekas, masih banyak tips lainnya yang juga harus Anda cek misalkan test drive, megecek olinya, mengecek speedometernya, mengecek apakah ada kebocoran, dan yang terpenting yaitu memastikan bahwa motor tidak pernah mengalami kecelakaan karena akan sangat fatal tentunya.
Demikianlah berbagai penjelasan mengenai salah satu kendaraan yang dapat membantu banyak aktivitas sehari-hari, yaitu dengan membeli sebuah motor. Sebelum membeli sebuah motor tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa tips yang harus diperhatikan seperti yang sudah disebutkan di atas, dan juga ada beberapa tips jika Anda ingin membeli sebuah motor metik second atau bekas. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat serta dapat memberikan berbagai informasi jika Anda ingin membeli sebuah motor metik baru maupun membeli sebuah motor metik bekas.