Mengenal Lebih Dalam Sosok Valentino Rossi

Mengenal Lebih Dalam Sosok Valentino Rossi

GENCIL NEWS – Jika Anda penggemar otomotif, tentu saja Anda pasti mengetahui adanya balapan motor GP yang cukup terkenal di luar negri bukan? Ada banyak pembalap yang juga cukup terkenal karena memiliki banyak prestasi yaitu memenangkan banyaknya kejuaraan. Salah satu pembalap yang cukup terkenal di dunia yaitu Valentino Rossi. Mau tahu lebih dalam tentang Valentinomer Rossi? Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.


Biografi Valentino Rossi

Valentino Rossi ini lahir di Urbinomer, Italia pada tanggal 16 Februari 1979. Pria yang sering dipanggil Rossi ini juga memiliki tinggi yaitu 182 cm dan beratnya sekitar 65 kg. Rossi ini memiliki ciri khas pada motornya yang bernomer 46. Lalu mengapa Rossi memilih nomer 46 dibandingkan dengan nomer yang lain? Rossi ini memang memilih nomer 46 karena menurutnya nomer 46 merupakan nomer kebanggaanya, Rossi memilih nomer 46 ini setelah melihat seorang pembalap di Tv yang berasal dari negara Jepang yang juga memiliki motor bernomer 46, pembalap dari Jepang itu membuat Rossi sangat terkesan sehingga pada akhirnya Rossi memilih untuk memberikan nomer 46 di motornya.

Selain itu, ayahnya Rossi yaitu Graziano Rossi juga seorang pembalap yang menggunakan nomer motor 46, sehingga sampai saat ini Rossi pun tetap menggunakan nomer 46 di motornya. Walaupun banyak pembalap di dunia yang mengganti 1 nomer motornya ketika sudah memenangkan kejuaraan, akan tetapi Rossi tetap tidak mengubah nomer motornya karena menurutnya, nomer 46 merupakan nomer keberuntungannya.

Selain memiliki keunikan pada nomer motornya, Rossi juga memiliki beberapa julukan yang membuatnya semakin dikenal oleh banyak masyarakat dunia yaitu “Valentinik”. Nama ini diambil dari sebuah tokoh kartun yaitu Daffy Duck, hal ini diberikan pada Rossi karena tokoh kartun ini merupakan seorang pahlawan maka dari itu julukan ini sangat cocok untuk diberikan pada Rossi karena sering memenangkan pertandingan di sirkuit.

Julukan lain yang diberikan oleh banyak orang yaitu “The Doctor”, julukan ini diberikan pada waktu Rossi sudah naik kelas yang tadinya hanya 250 cc sampai ke 550 cc. Pada tahun 2000, Rossi memutuskan untuk keluar dari grup Honda yang sudah cukup membuat karirnya bersinar, akan tetapi Rossi lebih memilih untuk bergabung bersama tim Yamaha. Akan tetapi setelah memenangkan banyak kejuaraan dari tim Yamahanya juga, kini Rossi berpindah tim lagi ke tim Ducati.

Ada banyak masyarakat yang berpendapat bahwa alasan Rossi berpindah ke tim lain yaitu karena uang, kontrak dan uang yang diberikan oleh Tim Ducati jauh lebih besar dibandingkan dengan tim sebelumnya yaitu tim Yamaha. Akan tetapi karir Rossi ketika bergabung ke tim Ducati tidaklah secemerlang ketika Rossi berada di tim Yamaha, kemenangan terbesarnya ketika berada di tim Ducati yaitu hanya menjuarai juara kedua saja sedangkan jika berada di tim Yamaha Rossi sering mendapatkan juara pertama. Maka dari itu, pada akhirnya Rossi memutuskan untuk kembali lagi pada tim Yamaha di tahun 2011. Selain beberapa biografi dan cerita sejarah tentang Rossi di atas, ada beberapa keunikan lain yang ada pada Rossi, yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Fakta Menarik tentang Valentino Rossi

Berikut ini merupakan beberapa fakta yang menarik yang ada pada pembalap dunia Valentino Rossi, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Valentino Rossi sangat percaya pada hal-hal mistis maupun takhayul, karena menurut Rossi keberuntungan yang didapatkannya karena Rossi selalu melakukan ritual yang akan membuatnya selalu menang. Ritual tersebut yaitu berdiri kurang lebih 2 meter di belakang motornya, kemudian Rossi juga memegang sepatunya sambil menyentuk pedal kanan motornya, berjongkok dan juga berdoa. Dengan selalu melakukan hal ini maka Rossi percaya keberuntungan akan selalu datang padanya.
  2. Valentino Rossi selalu menaiki maupun menuruni motornya dari arah yang sama, mungkin masih berhubungan dengan ritual yang memang sering Rossi lakukan.
  3. Valentino Rossi memiliki sebuah tim yang bernama Shy Racing Team by VR 46, dengan beberapa pembalap unggulannya yaitu Romano Fenati dan juga Andrea Migno.
  4. Rossi memiliki beberapa julukan seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu julukannya yaitu “The Doctor”. Menurutnya julukan ini diberikan untuk Rossi karena orang-orang di Italia memiliki kebiasaan untuk menyebut seseorang yang memiliki keahlian dalam suatu bidang yang dihormati.
  5. Valentino Rossi diberikan ijin menggunakan nomer motor 1 karena Rossi sudah memenangkan kejuaraan di dunia sampai 7 kali. Akan tetapi Rossi tetap konsisten untuk menggunakan nomer motornya yaitu 46. Karena nomer ini memang nomer keberuntungan yang juga sudah ayahnya gunakan pada tahun 1979.
  6. Valentino Rossi selain memiliki julukan “The Doctor”, akan tetapi juga memiliki julukan lain yaitu “Highliter Pen”, hal ini dikarenakan Rossi selalu menggunakan pakaian yang berwarna kuning terang sehingga Rossi dijuluki dengan julukan ini.
  7. Valentino Rossi merupakan duta negara Italia yang sangat sukses di negaranya sehingga Rossi juga mendapatkan penghargaan yaitu Winning Italy Award.
  8. Valentino Rossi juga pernah memiliki kasus yang berhubungan dengan pajak yang ada di negara Spanyil, bahkan hal ini membuat Rossi pun harus pindah dari Ibiza dan kembali ke negara asalnya yaitu Italia.
  9. Valentino Rossi juga dibuatkan sebuah game yang terinspirasi dari kesuksesannya, game ini dibuat oleh sebuah perusahaan game terbesar. Game ini dikhususkan untuk pengguna permainan Play Station dan juga X Box One.

Prestasi Valentino Rossi

Valentino Rossi memang seorang pembalap dunia yang sudah sangat terkenal terutama terkenal akan keahliannya dan juga beberapa taktiknya untuk mengalahkan pembalap-pembalap handal lainnya, namun tahukah Anda apa saja prestasi maupun kejuaraan yang sudah didapatkan oleh Valentino Rossi? Yuk simak beberapa contohnya berikut ini :

  1. Mendapatkan gelar juara dunia 125 cc pada tahun 1977
  2. Mendapatkan gelar juara dunia 250 cc pada tahun 1999
  3. Mendapatkan gelar juara dunia 500 cc pada tahun 2001
  4. Mendapatkan gelar juara dunia Moto GP pada tahun 2002
  5. Mendapatkan gelar juara dunia Moto GP pada tahun 2003
  6. Mendapatkan gelar juara dunia Moto GP pada tahun 2004
  7. Mendapatkan gelar juara dunia Moto GP pada tahun 2005

Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain yang sudah didapatkan oleh Valentino Rossi ini bahkan Rossi juga sudah memenangkan 88 kali kemenangan di balap motor 500 cc dan juga di motor GP.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai seorang pembalap dunia yang sudah memiliki banyak kejuaraan di dunia dan menjadi salah satu pembalap yang paling ditakuti oleh pembalap-pembalap lainnya, dia adalah Valentino Rossi. Selain itu di atas juga sudah disebutkan beberapa fakta unik yang ada pada Valentino Rossi dan juga beberapa prestasi yang sudah didapatkan oleh Valentino Rossi. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan khususnya tentang Valentino Rossi. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat!