GENCIL.NEWS – Perusahaan Apple telah minta maaf kepada konsumennya karena memperlambat operasi iPhone dari model yang lebih lama. Apple mengatakan hal itu perlu agar ponsel pintar itu tidak cepat mati karena masalah baterai.

Banyak pelanggan menafsirkan tindakan Apple itu sebagai usaha untuk mendongkrak penjualan ponsel Apple yang lebih baru. Kecurigaan mereka diperkuat oleh kenyataan bahwa Apple tidak secara terbuka menjelaskan hal itu sebelum melakukannya. Apple kini mengatakan akan menurunkan harga baterai pengganti dari 79 dolar menjadi 29 dolar mulai tahun depan.

“Kami minta maaf,” kata Apple dalam situs webnya. “Kami tidak pernah, dan tidak akan melakukan sesuatu untuk memperpendek umur produk Apple manapun dengan sengaja, ataupun mempersulit pelanggan untuk memaksanya membeli model yang paling baru.”

Baca juga   Apple Akui Memperlambat Kinerja iPhone Model Lama

Kemarahan konsumen muncul dengan cepat setelah terungkap bahwa Apple sengaja memperlambat cara kerja iPhone. Apple sendiri baru mengakui hal itu setelah kejadian. Harga saham Apple anjlok 2,5 persen minggu ini, juga karena ramalan analis bahwa permintaan akan iPhone baru tidak sebanyak yang diharapkan. [ap/ii]