Pentingnya Teknologi Digital Untuk Bisnis

Kini semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi yang semakin lama semakin maju dengan cukup pesat membuat banyak orang yang memanfaatkannya untuk membantu kegiatannya sehari-hari misalkan untuk pekerjaan Kantor, kemudian tuntutan pelajaran untuk memahami adanya internet, mencari informasi, dan juga sebagai salah satu media yang paling tepat untuk memasarkan produk atau melakukan bisnis. Teknologi dan informasi kini merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari yang sering dikonsumsi bahkan banyak orang yang sudah menggunakannya mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa pun sudah mengetahui adanya perkembangan teknologi digital ini.

Mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa adanya perkembangan teknologi ini dapat membantu dalam mengembangkan sebuah bisnis? Jawabannya adalah, kini di Indonesia sudah menerapkan adanya persaingan bisnis yang berhubungan dengan era globalisasi sehingga membuat banyak pebisnis yang harus bersaing agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi ini yaitu dengan menggunakan internet. Bahkan dengan menggunakan internet, maka semua proses apapun dalam berbisnis akan lebih mudah misalkan adanya pembelian barang dari luar negeri, kemudian mempromosikan barang yang Anda jual, dan lain sebagainya.

Ada beberapa manfaat lainnya yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, jika Anda memanfaatkan adanya perkembangan teknologi ini, mau tahu apa sajakah manfaatnya? Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Teknologi di Bidang Pemasaran

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda dapat memanfaatkan dan juga menggunakan adanya perkembangan teknologi ini seperti adanya laptop, komputer, dan juga media yang dapat membantu akses dalam dunia bisnis yaitu adanya internet. Berikut ini merupakan beberapa contoh keuntungan atau manfaatnya, diantaranya sebagai berikut :

  1. Dapat menghubungkan dengan beberapa konsumen yang jaraknya jauh.
    Keuntungan yang pertama yaitu dapat menghubungkan dengan beberapa konsumen yang jaraknya cukup jauh bahkan yang mungkin tidak bisa Anda jangkau jaraknya. Misalkan Anda tinggal di Pulau Jawa kemudian ada pembeli Anda yang tinggal di Pulau Kalimantan maupun Pulau Bali, maka Anda akan dapat menjangkaunya dengan cukup mudah dengan adanya sosial media yang akan membantu Anda dalam berbisnis.
  2. Munculnya peluang bisnis baru.
    Kini semakin canggihnya dan juga sangat pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak orang yang memilih untuk membangun sebuah bisnis yang akan sangat menjanjikan yaitu dengan berbisnis jualan online. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya toko-toko online yang sudah banyak dibuat oleh beberapa orang, bahkan bukan hanya toko-toko online yang ada di media sosial saja, namun juga ada cukup banyak website-website maupun situs-situs yang menjual cukup banyak barang-barang tertentu misalkan baju, tas, sepatu, bahkan ada juga beberapa toko online yang juga menjual aneka makanan sehat.
  3. Mengurangi biaya produksi dan operasional.
    Keuntungan yang ketiga yaitu membantu untuk mengurangi biaya produksi, mengurangi biaya produksi yang dimaksud yaitu untuk mengurangi modal yang akan dikeluarkan. Misalkan yang seharusnya membuka toko, dan membayar biaya toko, bayar karyawan, dan lain sebagainya semua akan teratasi jika Anda menggunakan beberapa alat teknologi yang memudahkan Anda dalam berjualan seperti adanya laptop, komputer, dan juga jaringan internet pastinya.
  4. Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan.
    Keuntungan yang keempat yaitu dapat memudahkan proses komunikasi dan juga monitoring setiap karyawannya. Dengan menggunakan dunia digital ini yaitu adanya internet maka dapat membantu Anda dalam memonitor karyawan-karyawan yang ada di tempat Anda. Bahkan jika akan melakukan pertemuan, rapat, dan semacamnya, Anda tidak perlu repot-repot lagi karena hanya dengan sosial media Anda juga tetap bisa melakukan rapat, diskusi, dan lain sebagainya secara online.
  5. Akses informasi dan penyebaran informasi.
    Keuntungan yang kelima yaitu sebagai salah satu akses informasi dan juga penyebaran informasi yang sangat cepat. Dengan adanya sosial media ini juga membantu Anda untuk memasarkan bisnis Anda agar banyak orang yang mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan. Anda juga bisa membuat website yang bisa Anda gunakan juga untuk melakukan promosi bisnis Anda. Selain beberapa hal itu, Anda juga bisa membuka toko online dengan beberapa aplikasi-aplikasi toko online yang sudah banyak tersedia di Indonesia.
  6. Komunikasi yang cepat.
    Keuntungan yang keenam yaitu komunikasi yang cepat, jika hanya mengandalkan media cetak, atau hanya mengandalkan dari mulut ke mulut tentu saja akan membutuhkan waktu yang akan sangat lama, namun dengan menggunakan media digital ini setiap Anda akan melakukan promosi, berjualan, dan lain sebagainya maka akan dapat menyebar luas dengan cukup cepat.

Dampak Menggunakan Teknologi di Bidang Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa menggunakan sebuah perkembangan teknologi digital seperti adanya laptop, komputer, hand phone, bahkan dengan adanya internet maka akan sangat dapat membantu dalam segala kegiatan salah satunya yaitu di bidang pemasaran atau bisnis. Namun selain memiliki keuntungan maupun manfaat yang sangat baik untuk bisnis Anda, tentu saja memanfaatkan adanya perkembangan teknologi ini juga dapat memberikan beberapa kerugian bahkan dampak negatif, mau tahu apa sajakah dampak negatifnya? Yuk simak beberapa penjelasannya, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Pembobolan rekening.
    Kerugian yang pertama yaitu pembobolan rekening. Kini ada cukup banyak orang-orang yang pintar dan bisa untuk membobol beberapa rekening maupun membobol beberapa website-website penting. Hal ini tentu akan sangat merugikan, apalagi jika website maupun toko online yang Anda miliki sedang cukup terkenal dan ada orang yang membajak nya tentu saja akan membuat semua data yang ada akan hilang seketika bahkan bisa digunakan untuk beberapa hal yang berbahaya.
  2. Penipuan produk.
    Kerugian yang kedua yaitu penipuan produk. Jika Anda menjadi reseller di salah satu toko online, Anda juga bisa terkena penipuan produk misalkan barang yang di jual berwarna kuning, namun barang yang datang ke tempat Anda berwarna merah, salah ukuran, rusak, dan lain sebagainya.
  3. Jika koneksi internet buruk.
    Kerugian yang ketiga yaitu gangguan koneksi yang buruk. Jika Anda sedang membalas pesan pada pelanggan Anda yang cukup banyak namun koneksi yang buruk maka tentu saja akan membuat pelanggan akan menunggu sampai koneksi yang Anda miliki sudah stabil kembali.
  4. Adanya virus komputer.
    Kerugian yang keempat yaitu terdapat virus yang akan menyerang komputer Anda, apalagi jika Anda sering membuka beberapa website yang di dalamnya terdapat banyak virus, maka dari itu komputer yang Anda miliki akan dapat terinfeksi oleh virus tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai keuntungan dan juga kelebihan yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan adanya teknologi digital yaitu internet. Memang Anda akan mendapatkan banyaknya keuntungan jika menggunakan beberapa dunia digital ini, akan tetapi Anda juga bisa mendapatkan banyak kerugian dari adanya perkembangan teknologi ini. Maka dari itu sebaiknya gunakanlah perkembangan teknologi ini secara baik dan juga sesuai dengan kebutuhan, agar Anda tidak akan mendapatkan beberapa kerugian yang bisa menghambat perjalanan bisnis Anda. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat!