GENCILNEWS – Badan antariksa Eropa (ESO) telah merilis sensus yang paling akurat bintang-bintang di galaksi Bima Sakti dan galaksi-galaksi tetangga, yang menyediakan bagi para astronom sumber data baru untuk penelitian lebih jauh.

Pengukuran dengan presisi tinggi mengenai jarak, gerakan, cahaya dan warna hampir 1,7 milyar bintang berhasil dikumpulkan oleh pesawat Gaia badan antariksa Eropa antara bulan Juli tahun 2014 dan Mei 2016.

Ratusan orang ilmuwan dan insinyur piranti lunak computer menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengolah data dan menciptakan katalog bintang dari mana mereka boleh menghasilkan peta, termasuk asteroid dalam tata surya kita dan bahkan peta tiga dimensi sebagian bintang tetangga.

Baca juga   Sebarkan Hoaks dan Isu Provokatif, Polisi Tangkap Anggota Muslim Cyber Army

Antonella Vallenari, salah seorang ilmuwan pemimpin yang turut dalam proyek itu, mengatakan para astronom sudah memperoleh pemahaman baru mengenai siklus kehidupan bintang-bintang dan bagaimana Bima Sakti terbentuk. [gp]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.