Black Box si Kotak Canggih Perekam Kegiatan Penerbangan

Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya M Syaugi menyatakan, ping locator mendeteksi bunyi atau sinyal dari black box.

Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dikerahkan untuk membantu pencarian pesawat Lion Air JT 610

Berhasil mendeteksi sinyal yang diduga dari black box JT 610
Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Tim SAR gabungan akan menargetkan menemukan badan pesawat dan black box yang terdapat di dalam pesawat. Setiap pesawat komersial atau jet perusahaan harus dilengkapi dengan black-box atau ‘kotak-hitam’.

FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.
black box merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Kotak Hitam ini memang tidak dapat membantu ketika pesawat berada di udara, namun black box sangat penting pada kasus pesawat terjatuh, karena dapat membantu penyelidik untuk mencari tahu apa yang terjadi sebelum kecelakaan.

Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi – umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang terdiri dari Cockpit Voice recorder (alat perekam suara di ruang kemudi pilot) dan Flight data recorder(alat rekam data penerbangan).

Baca juga   Kacamata Pintar Bantu Penyandang Tuna Rungu Nikmati Teater

Dan di era abad ke 20 pabrik elektronik ini menggabungkan kedua alat ini yang kemudian populer sebagai nama Combi Box Recorder yaitu combinasi dari data dan suara.

Penempatan kotak hitam i
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan

Perekam suara kokpit biasanya terletak di bagian ekor pesawat. Black box berfungsi untuk mencatat apa yang dikatakan kru dan memonitor setiap suara yang terjadi di dalam kokpit.

Percakapan antara pilot yang berlangsung tepat sebelum pesawat rusak atau sebelum terjadi ledakan akan membantu peneliti.

cokpit pesawat
cokpit Boeing 737 Max 8 courtesy : royalSking.com

Bagian black box lainnya yang tak kalah penting adalah perekam data penerbangan.

Alat ini sangat penting karena merekam berbagai fungsi pengoperasian pesawat sekaligus, seperti waktu, ketinggian, kecepatan udara dan arah yang dituju pesawat.

Alat ini juga berisi informasi seperti komunikasi antara kru dengan kontrol darat dan pesawat lainnya.

David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Australia, menggagas pembuatan sebuah alat perekam percakapan antara pilot dengan kru selama penerbangan. Hal ini terinspirasi saat sebuah pesawat jet jatuh di India dan tidak dapat diketahui penyebabnya.
David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL)
David Warren seorang Ilmuwan Aeronautical Research Laboratory (ARL) di Australia
Tahun 1957, David Warren merampungkan prototip alat tersebut yang diberi nama ARL Flight Memory. Alat ini mampu merekam data percakapan antara pilot dengan kru selama 4 jam.
Namun sayangnya, pihak Australia tidak berminat utk mengembangkan alat tersebut. Sehingga pada tahun 1958 Sekretaris United Kingdom Air Registration Board merasa tertarik pada prototip mesin yg diciptakan oleh David Warren.

Warren beserta tim diminta oleh pihak Inggris membawa alat tersebut utk dikembangkan di Inggris. Alat tersebut disempurnakan dengan pembungkus kotak yang diberi nama CSMU (Crash Survivable Memory Unit).

Kotak tersebut dari lempeng aluminium tipis, silika dan baja tahan karat sehingga mampu bertahan dalam berbagai keadaan ekstrim —ntsb.gov

Hasil analisa dan Black Box bukanlah satu-satunya sumber untuk dapat menyimpulkan penyebab suatu kecelakaan. Para penyelidik di Indonesia yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) harus menggabungkan dan mengsinkronisasikannya dengan berbagai macam temuan lainnya untuk dapat menyimpulkan secara utuh dan komprehensif. (raw)

 

Baca juga   Anggota Parlemen AS, Inggris Kecam CEO Facebook

 

 

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.