Pesona Gunung Tertinggi di Kalimantan

Pesona gunung tertinggi di kalimantan –  Gunung adalah salah satu bentuk permukaan yang ada di bumi dan memiliki bentuk yang menjulang tinggi. Di dalam gunung juga terdapat puncak, lereng, kaki bukit, dan lain sebagainya, gunung dimanapun juga memiliki ketinggian yang berbeda-beda tentunya.

gunung kinabalu
gunung kinabalu (foto vebma)

Di Indonesia terdapat banyak gunung-gunung yang menarik untuk dikunjungi, salah satu gunung yang ada di Indonesia yaitu gunung Kinabalu. Gunung ini terletak di Kinabalu, dan memiliki ketinggian mencapai 4.100 meter di atas permukaan laut. Letak gunung Kinabalu ini berada di kota yang sama dengan mananya yaitu di kota Kinabalu, Sabah. Gunung Kinabalu ini memiliki berbagai pesona yang sangat mengagumkan, akan tetapi di gunung Kinabalu ini juga memiliki banyak cerita misteri di dalamnya. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan yang penasaran dengan gunung Kinabalu ini. Bagi para pendaki yang akan mendaki gunung Kinabalu ini sebaiknya mempersiapkan barang-barang bawaanya terlebih dahulu bisa Anda siapkan dari rumah maupun basecamp yang disediakan di kaki gunung Kinabalu ini. Tentunya berbeda jika Anda berwisata ke tempat lain, di gunung tidak ada orang yang berjualan.

Pesona Gunung Kinabalu di Kalimantan
Indonesia memang memiliki banyak wisata alamnya salah satunya yaitu memiliki gunung-gunung tinggi. Salah satu gunung tinggi tersebut yaitu gunung Kinabalu yang ada di Pulau Kalimantan. Gunung ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi yaitu 4.100 mdpl. Selain memiliki ketinggian hingga mencarai 4.100 mdpl, gunung Kinabalu juga memiliki banyak sekali keindahan alam di dalamnya. Anda bisa melihat berbagai pemandangan indah dari puncak gunung Kinabalu ini. Bagi para pendaki yang akan mendaki gunung ini Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah di pagi hingga malam hari. Di pagi hari Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbitnya yang sangat cantik, kemudian di malam harinya Anda juga akan disuguhkan pemandangan indah yaitu matahari terbenam yang sangat indah dan juga Anda dapat melihat langit yang bertabur bintang.

Gunung Kinabalu juga masih memiliki keindahan alamnya yang bisa Anda nikmati, yaitu di gunung Kinabalu ini terdapat kawasan hutan yang bernama Dipterokap Bukit, hutan Dipterokap Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau yang biasa dikenal dengan nama hutan gunung. Gunung ini sampai saat ini masih dianggap sebagai gunung yang cukup suci dan cukup sakral karena gunung ini merupakan salah satu simbol kebesaran bagi masyarakat yang tingga di sekitar gunung Kinabalu ini. Banyak masyarakat juga yang berpendapat bahwa gunung Kinabalu ini dapat meningkatkan adanya persatuan dan juga dapat membangkitkan semangat dari penduduk-penduduk setempat, selain itu mereka juga menganggap bahwa penduduk Kinabalu yang nantinya meninggal, maka arwah mereka akan bersemedi di atas gunung Kinabalu ini.

Untuk mendaki gunung Kinabalu ini, kini Anda tidak dipersulit lagi dengan jalanan yang susah, terjal dan lainnya karena di tempat ini sudah disediakan tangga yang disusun dengan rapi sehingga membuat semkin mudah untuk didaki. Selain itu terdapat juga tangga yang tentunya akan semakin memudahkan siapapun yang akan mendaki gunung ini. Di gunung Kinabalu ini juga disediakan berbagai tempat peristirahatan seperti basecamp dan beberapa toko kecil yang menjual berbagai perlengkapan Anda sebelum mendaki gunung Kinabalu. Selain keindahan alamnya yang sangat memukau, gunung ini juga memiliki msiteri yang cukup menarik. Simak penjelasannya di bawah ini.

Misteri yang Tersimpan di Gunung Kinabalu
Gunung Kinabalu ini memang memiliki keindahan alamnya yang bahkan sudah tidak bisa dijelaskan lagi dengan kata-kata. Akan tetapi selain memiliki keindahan alam yang akan memukau mata, gunung Kinabalu ini juga menyimpan beberapa misteri di dalamnya. Bukan saja di gunung Kinabalu saja, akan tetapi hampir di semua gunung maupun di beberapa tempat wisata lainnya tentu saja dihuni oleh para penunggunya. Mau tau apakah misteri yang tersimpan di gunung Kinabalu ini? Inilah beberapa penjelasannya.

Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa ada misteri sinar biru di atas gunung Kinabalu ini. Masyarakat di sekitar gunung Kinabalu ini sampai saat ini juga masih menganggap jika gunung ini merupakan tempat yang disucikan bahkan sampai saat ini gunung ini masih menampakkan munculnya pelangi berwarna biru di atas gunung Kinabalu. Penampakan ini pada awal mulanya terjadi ketika Eleanor Hawkins berfoto tanpa busana di puncak gunung Kinabalu. Hal ini pada akhirnya membuat penunggu gunung Kinabalu marah sehingga pada saat itu terjadi gempa dengan kekuatan mencapai 5,9 skala richter dan banyak orang yang tewas saat kejadian itu dan jumlah korbannya mencapai 18 orang.

Bahkan setelah kejadian ini lalu muncul sinar biru yang ada di atas gunung Kinabalu tersebut. Setelah munculnya sinar biru di atas gunung Kinabalu, cuaca buruk juga terjadi di puncak gunung cuaca ini berbeda dari cuaca-cuaca pada umumnya. Banyak orang yang berpendapat bahwa penunggu gunung Kinabalu memang sedang sangat murka karena adanya pendaki yang bersikap tidak sopan. Ada kejadian msiterius lain yang terjadi setelah gempa ini berakhir, ketika ada seseorang yang menyalurkan bantuan kepada pihak gunung Kinabalu, kemudian mereka berfoto bersama. Lalu saat diperhatikan secara jelas, ada sosok tangan yang muncul diantara foto tersebut. Tentunya ini sangat mengagetkan banyak pihak terutama orang yang ada di dalam foto tersebut. Namun masih banyak yang menganggap bahwa ini hanya rekayasa saja, semua kebenaran atau tidaknya mitos dan misteri yang ada di gunung Kinabalu ini kembali ke diri kalian masing-masing apakah percaya atau tidak.

Itulah sebagian cerita keindahan dan misteri yang ada di gunung Kinabalu ini. Bagi Anda semua yang ingin mendaki gunung Kinabalu, sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu beberapa perlengkapan seperti membawa carrier, carrier ini adalah tas yang akan menampung semua perlengkapan Anda, yang kedua yaitu membawa makanan dan juga minuman usahakan untuk membawa minuman lebih banyak karena di setiap gunung belum tentu memiliki banyak sumber mata air yang bisa Anda gunakan untuk memasak maupun minum, barang yang selanjutnya yaitu berbagai macam obat-obatan. Obat-obatan ini berfungsi untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terluka, pusing, magh, dan lain sebagainya.

Masih ada beberapa hal lain yang menjadi faktor utama sebelum mendaki gunung Kinabalu, yaitu selalu patuhilah beberapa peraturan yang ada seperti jangan sombong, jangan berkata kasar, jangan membuang sampah sembarangan, selalu sopan, dan lain sebagainya. Hal ini bukan saja peraturan sebelum mendaki gunung Kinabalu saja, akan tetapi di semua gunung tentunya Anda harus selalu bersopan santun. Selain gunung Kinabalu, di Pulau Kalimantan ini juga terdapat berbagai gunung tinggi lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi juga yaitu gunung Balayan, gunung Banyutawar, gunung Batu, gunung Bawang, dan lain sebagainya. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu dan juga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui seputar gunung Kinabalu di Pulau Kalimantan dan juga beberapa gunung tinggi lainnya yang ada di Pulau Kalimantan.