5 Restoran seafood yang pantas diburu di pontianak – Pontianak, kota dimana garis bujur yang membagi bumi menjadi 2 bagian meletakkan titik 0 derajatnya kian hari kian menjadi sorotan para investor bisnis dari berbagai aspek. Tak terkecuali investor bisnis kuliner. Kekhasan cita rasa yang melekat pada setiap hidangan khas Pontianak, ditambah dengan ketersediaan bahan pangan yang segar berkualitas menjadikan kuliner Pontianak menjadi buruan utama para pelancong yang bertandang ke kota ini. Salah satu jenis makanan yang menjadi jawara buruan para penduduk setempat maupun wisatawan adalah masakan laut atau sea food.

Restoran Seafood
Restoran Seafood di Pontianak (foto tempo)

Kemudahan mendapatkan komoditas-komoditas laut yang berkualitas dan kemudian dipadukan dengan racikan-racikan bumbu rempah-rempah yang gurih memanjakan lidah menjadikan masakan laut menjadi kudapapan favorit di Pontianak. dan di bawah ini, adalah 5 restoran seafood paling favorit di kota Pontianak.

1. Kings Crab
Dari namanya saja, anda pasti sudah dapat menebak apa hidangan utama dari restoran satu ini. Yap. Kepiting. Di restoran ini, terdapat banyak hidangan yang mana merupakan olahan dari kepiting segar berkualitas. Selain kepiting, ada hidangan-hidangan khas restoran seafood pada umunya seperti cumi, udang, kerang, dan aneka macam ikan laut. Semua bahan masakan tersebut diolah menjadi santapan lezat berkualitas yang dimasak oleh koki ternama dari berbagai penjuru Indonesia yang kebolehannya dalam hal mengolah makanan sudah tidak diragukan lagi.

Selain masakan-masakannya yang juara, Kings Crab ini juga mendesain tempat makannya menjadi sebuah restoran modern yang unik dan nyaman. Letak restoran ini cukup jauh dari jalan raya sehingga para pengunjung akan terhindar pula dari hingar bingar kota Pontianak beserta polusi yang ada di dalamya. Kings Crab juga mengusung tema back-to-nature untuk desain interiornya. Jadi, selain berkelas dengan desain modernnya, para pengunjung dipastikan akan tetap mendapatkan kenyamanan yang disuguhkan oleh alam.

Meskipun terletak di sekitar area Hotel Dangau, Kings Crab tetap menyambut ramah pengunjung-pengunjung yang datang dari luar hotel. Harga yang disuguhkan pun terbilang pantas dan worthy untuk makanan sekelas seafood Kings Crab.

2. Restoran Pondok Kakap
Walaupun menyandang kata “pondok” pada namanya, Restoran Pondok kakap sama sekali bukan tempat makan kelas bawah seperti yang biasa orang bayangkan ketika mendengar kata Pondok. Restoran Pondok Kakap adalah adalah restoran bergaya tionghoa dengan ciri khasnya meja panjang maupun meja lingkaran dengan kaca yang bisa diputar. Seperti namanya, Restoran Pondok kakap merupakan restoran yang sudah disinggahi oleh “orang-orang kelas kakap”, seperti orang nomor satu se- Indonesia, Presiden Joko Widodo. Bapak negara yang akrab disapa jokowi ini mencicipi Kepiting asap khas restoran ini. Kepiting asap memiliki racikan resep rahasianya sendiri yang menjadikan citarasa hidangan ini melekat di lidah anda. Kepiting asap ini akan dihidangkan dalam balutan bumbu berwarna kehitama yang dibungkus aluminium foil dan daun pisang. Selain kepiting asap, ada pula menu-menu ringan seperti otak-otak saus kacang yang dibakar dalam balutan daun pisang. Otak-otak yang terbuat dari ikan tengiri ini sebelumnya sudah diolesi bumbu khusus yang menjadikannya lezat dan urih. Ditambah lagi dengan saus kacang khas Pontianak yang merupaka perpaduan tepat antara asa pedas, asam, dan manis.

Baca juga   Nur Fadli Jabat Ketua DPRD Kota Pontianak

Selain itu, ada menu yang mengharuskan anda merogoh kocek sedikit lebih dalam seperti menu Tim Ikan Salju. Tim Ikan salju adadlah hidangan daging ikan putih lembut yang disiram oleh saus coklat berminyak bersama cacahan bawang putih beserta potongan jahe dan daun bawang yang memberikan perpaduan cita rasa yang mewah dan tak terlupakann.

Restoran Pondok Ikan Kakap ini teletak di Jalan Ismail Marzuki No. 33A, Pontianak Selatan. Jika anda mau bekunjung kemari, jangan lupa siapkan dompet yang lumayan tebal karena harga makanan-makanan disini sangat sebanding dengan rasanya.

3. Restoran Gajah Mada
Restoran Gajah Mada adalah restoran seafood di Pontianak yang menyuguhkan pemandangan air segar yang mengalir. Ruang makan restoran ini berada di lantai 2, yangmana adalah ruangan serba kaca nan elegan dan artistic. Di dalam ruangan ini, terdapat berbagai meja untuk tamu-tamu yang datang, sesuai dengan permintaan. Mulai dari meja untuk 2 orang, sampai meja untuk porsi keluarga semuanya tersedia disini. Restoran ini bukan restoran yang mengkhususkan hanya makanan seafood saja, melainkan juga makanan-makanan lain seperti sapi lada hitam dan ayam goren. Hanya saja, makanan seafood di restoran ini memiliki cita rasa dan kenikmatan tersendiri yang sudah tersohor.

4. Pondok Ale-ale
Berbeda dengan restoran Gajah Mada yang tidak mengkhususkan masakan seafood di restorannya, Pondok Ale-ale menjadikan seafood sebagai daya Tarik utamanya. Ada arti tersendiri dari kata “ale-ale” pada nama restoran ini. Ale-ale adalah kerang khusus yang hanya dapat ditemukan di daerah perairan kayong. Kerang ini jugalah yang menjadi ikon sekaligus masakan andalan restoran seafood yang bumbunya mengandalkan racikan rempah dari Pontianak, Ketapang, dan Kayong ini. Meski demikian, hidangan-hidangan seafood lain seperti olahan cumi-cumi, udang, kepiting, ataupun kijing yang dipadukan dengan bumbu barbeque, lada hitam, asam manis, dan pedas menggoda semuanya tetap memiliki citarasa yang special dan khas sehingga sayang untuk anda lewatkan.

Selain makanannya yang sedap-sedap, minuman di Pondok Ale-ale ini juga patut untuk anda cicipi. Terutama, untuk es lidah buayanya. Es lidah buaya di Pontianak ini cukup berbeda dengan es lidah buaya di jawa. Jangan bayangkan potongan daging yang tipis kecil-kecil akan anda dapati dalam gelas anda. Es lidah buaya khas Pontianak yang disajikan di Pondok Ale-ale ini berisikan lidah buaya yang tebal dan besar dengan perpaduan rasa renyah sekaligus lembut yang menyegarkan. Ditambah dengan sedikit rasa lemon dan siraman biji selasih, es lidah buaya ini sangat cocok dijadikan penyegar yang disandingkan dengan masakan seafood yang anda pesan.

Baca juga   Pesona Ikan Khatulistiwa Dalam Lomba Masak Ikan Nusantara di Pontianak

Ditambah lagi dengan suasana romantic kota Pontianak malam hari, diiringi lampu lampion yang elegan dan alunan musik lembut nan romantic. Pondok Ale-ale menjadi memiliki lebih banyak alasan untuk mengundang anda singgah di dalamnya.

5. Restoran Abang Kepiting
Jika anda ingin berpetualang aneka masakan seafood di Pontianak, namun budget tidak mendukung untuk dihabiskan di restoran-restoran seafood mewah ternama, Abang Kepiting menjadi solusi yang cukup menjanjikan. Jangan terlalu cepat tertipu dengan tampilan luarnya yang sederhana, karena Restoran Abang Kepiting akan memberikan anda sensai makan masakan seafood bintang 5 dengan harga sekelas warung kaki lima.
Restoran Abang Kepiting ini terletak di Jalan Hijas Dalam. Tidak terlalu jauh dari Jalan Gajah Mada.

Di bagian depan restoran, terdapat peti-peti es berisi komoditas-komoditas laut segar yang dijaga dengan balok es. Anda bebas memilih sendiri bahan apa dan berapa banyak yang anda ingin Abang Kepiting suguhkan. Selain itu, anda juga bebas memilih bumbu serta sambal untuk melengkapi masakan seafood yang anda pesan. Anda juga dapat memilih tempat anda makan, baik itu di dalam resto yang meja-mejanya sudah tertata rapi, ataupun di luar resto, menghadap jalanan sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati seafood sembari menikmati indahnya Pontianak di malam hari. Jika anda datang pada jam-jam istirahat makan siang, maupun jam-jam makan malam, maka anda harus mengandalkan keberuntungan untuk mendapatkan tempat duduk di dalam. Karena pada jam-jam tersebut Restoran Abang Kepiting biasanya sudah ramai dengan antrean orang-orang yang ingin mencicipi seafood disini.

Ada beberapa jenis komoditas laut yang diolah menjadi kudapan menggiurkan disini, mulai dari kerang dara, kepiting, cumi-cumi, dan berbagai macam ikan. Restoran ini juga menyuguhkan aneka tumisan sayur untuk disantap bersama makanan utama yang anda pesan.

Selain 5 restoran seafood diatas, masih banyak lagi referensi tempat makan di Pontianak yang dapat anda kunjungi. Jadi, tunggu apalagi? Ayo ke Pontianak!

Penulis yang suka nulis