Wisata Seafood Ala Cafe Terapung di Pontianak

Wisata Seafood Ala Cafe Terapung di Pontianak

Wisata seafood ala cafe terapung di pontianak – Kota Pontianak merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Pontianak juga dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena letaknya yang dilewati oleh garis Khatulistiwa. Ini ditandai dengan berdirinya Tugu khatulistiwa yang merupakan salah tujuan wisata di Pontianak. Biasanya Tugu khatulistiwa akan ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat ada fenomena alam yang disebut kulminasi. Yaitu benda benda yang berada disekitar Tugu khatulistiwa tidak mempunyai bayangan di karenakan Matahari tepat berada di atas kepala kita. Biasanya terjadi di tanggal 22 -23 maret dan September dan hanya terjadi dalam beberapa detik saja. Untuk menyambut peristiwa kulminasi ini biasanya diadakan kegiatan khusus pada tanggal tersebut untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Pontianak.
Pontianak sendiri adalah ibukota dari propinsi Kalimantan Barat. Pontianak mempunyai dua sungai besar yang menjadi salah satu kebanggaan warga Pontianak yaitu sungai Kapuas dan Sungai Landak. Dahulu keberadaan Sungai Kapuas menjadi pusat kegiatan perdagangan di wilayah Pontianak di tandai dengan adanya pasar terapung. Hampir semua Aktifitas warganya berpusat di Sungai Kapuas. Walaupun keberadaan Pasar Terapung sudah tidak ada lagi tapi pada event event tertentu untuk menarik wisata sering diadakan karnaval pasar terapung.

Seiring berkembangnya waktu pasar terapung mulai hilang dengan dibangunnya pasar pasar di wilayah darat. Transportasi juga bergeser dari berpusat di sungai bergeser ke wilayah darat dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan darat. Tapi hal ini tidak mengurangi nilai wisata dari kota Pontianak. Karena disekitar sungai Kapuas banyak berdiri hotel dan restorant maupun Café café yang menyediakan makanan khas Pontianak. Dengan suasana yang indah di karenakan pengunjung dapat menikmati Sungai Kapuas sambil menikmati kuliner. Apalagi bila pada malam hari suasananya akan menjadi lebih indah.

Sebagai kota yang menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia pasti kita akan berpikir. Kuliner apakah yang banyak diburu di kota Pontianak. Kuliner di Pontianak menjadi unik dikarenakan perpaduan dari 3 budaya lokal yang mendiami kota Pontianak yaitu etnik cina, melayu dan dayak. Dari kebanyakan orang yang berkunjung ke Pontianak. Mereka selalu merekomendasikan makanan Seafood menjadi salah satu wisata kuliner yang harus dicoba. Walaupun Pontianak bukan kota yang dekat dengan laut tapi seafood termasuk kuliner andalan. Kesegarannya tetap terjamin karena hanya berjarak beberapa jam saja dari laut.

Wisata kuliner di Pontianak tidak akan lengkap jika belum mencoba makanan Seafoodnya. Berbagai olahan seafood bisa dinikmati di Pontianak. Bahkan di Pontianak banyak cafe – cafe terapung di sungai Kapuas yang menyediakan berbagi olahan makanan Seafood. Café Café dan hotel ini berdiri di tepian sungai Kapuas. Mereka menyediakan berbagai olahan Seafood seperti Kepiting Lada hitam, Kepiting Asap, Udang Goreng telur asin, cumi goreng krispy dan Ikan senangin bakar, kerang dara dan masih banyak pilihan lain untuk makanan seafoodnya.

Cafe Terapung di Pontianak
Cafe Terapung (foto anak pontianak)

Makanan Seafood bisa didapatkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Apalagi untuk daerah dekat pantai. Akan tetapi setiap wilayah pasti memiliki keunikan atau makanan khasnya. Biasanya di pengaruhi oleh budaya setempat. Beberapa kuliner seafood yang menjadi ciri kas kota Pontianak adalah :

1. Sotong Pangkong adalah makanan yang berasal dari ikan cumi cumi yang dikeringkan dan dibakar dengan menggunakan arang kemudian untuk menambah rasa gurihnya cumi ini dipukul pukul atau istilah Pontianak adalah di pangkong dengan palu. Makanya makanan ini terkenal dengan istilah sotong pangkong. Cocok dimakan dengan menggunkan saos cabe maupun sambel kacang dengan sedikit tambahan cuka. Rasanya yang khas menjadikan Sotong Pangkong salah satu ciri khas makanan seafood di Pontianak.

2. Ikan Asam Pedas merupakan masakan dengan bahan dasar ikan kakap dengan rasa asam pedas yang menjadi ciri khasnya. Jenis Ikan bisa di ganti dengan ikan yang lain seperti ikan tuna dan jenis ikan laut lainya.

3. Makanan khas yang ketiga adalah pengkang perpaduan bahan dasar ketan dengan hasil laut yaitu ebi kering. Menghasilkan makanan yang lezat. Cara memasaknya yang unik juga menambah cita rasa tersendiri. Beras ketan yang sudah diisi dengan ebi kering dibungkus daun pisang berbentuk segitiga setelah dikukus maka pengkang dijepit dengan sebilah bambu yang ujungnya diikat kemudian baru dibakar.

4. Mie Kepiting dengan melihat namanya tentu saja bahan dasarnya adalah daging kepiting. Untuk Jenis mienya juga berbeda mie yang dibuat dengan terigu yang bertekstur lembut dan tipis biasanya bentuknya kecil kecil menjadi salah satu ciri khas mie kepiting Pontianak. Daging kepitingya di rebus. Untuk capitnya kalau masakan aslinya juga direbus tetapi mengikuti trend kekinian sudah banyak yang memodifikasi capit kepiting dengan cara di goreng di baluri dengan tepung panir.

Yang menarik dari menikmati hidangan seafood di Pontianak selain rasanya adalah adanya Cafe Terapung di sepanjang sungai Kapuas. Kita bisa menikmati kuliner dengan suasana pemandangan sungai Kapuas. Café terapung bahkan ada yang terbuat dari kapal atau perahu kayu. Jadi saat menu sudah disajikan kita bisa menikmati pemandangan sungai Kapuas dengan menyusuri sungainya sambil menikmati hidangan seafood. Lalu lalang kapal kapal, baik kapal wisata maupun kapal motor yang mengangkut karet atau mengangkut para pekerja di perkebunan merupakan suasana yang khas kota Pontianak.

Salah satu cafe terapung paling tua di Pontianak yang menyediakan makanan seafood adalah Cafe Serasan. Kafe yang terletak di Banjar Serasan menyediakan tempat makanan baik yang di darat atau yang terapung, sensasi makan di café terapung adalah saat ada kapal atau perahu yang lewat hempasan ombatnya bisa membuat café bergoyang goyang sehingga membuat suasana seperti di perahu. Cafe Serasan juga menyediakan perahu café. Anda bisa menikmati menu makanan seafood dengan berperahu ria. Selain Cafe Serasan di Pontianak sepanjang sungai Kapuas juga terdapat café terapung dengan menu makanan seafood yang enak dan bisa menjadi alternatif wisata kuliner di Pontianak.

Cafe terapung lainnya yang patut untuk dicoba adalah café terapung Pakwe letaknya yang berada didekat kampus universitas tanjung pura pelanggannya banyak di dominasi oleh mahasiswa. Cafe ini memilih waktu buka siang sampai dengan malam. Pada saat malam hari menikmati hidangan seafood dengan suasana malam di tepian sungai Kapuas sangat menyenangkan.

Cafe ketiga yang patut kita coba yang juga menyediakan makanan seafood adalah Cafe Ertiga merupakan cafe terapung yang terletak di kampung benua di jalan Tanjung Pura, kecamatan Pontianak selatan. Tempatnya yang unik di tengahnya terdapat kolam ikan dari kayu akan sangat menarik jika berwisata kuliner dengan anak anak. Letaknya yang terletak di pusat kota Pontianak memudahkan kita untuk menjangkaunya. Café ini juga dikenal dengan café gang landak.

Menikmati hidangan seafood dengan panorama sungai Kapuas tentu menjadi pengalaman menarik tersendiri jika kita berkunjung di Pontianak. Ciri khas makanan yang lezat ditambah nuansa yang berbeda saat kita menikmati deburan ombak sungai saat berpapasan dengan perahu yang lain membuat sensasi tersendiri yang akan dicari oleh para penikmat kuliner. Berkunjung ke Pontianak tanpa mencoba Kuliner dengan Café terapung serasa tidak menjadi sempurna. Adanya Café café terapung semakin melengkapi pilihan wisata dan menjadikan Pontianak sebagai salah satu tujuan wisata di tanah air.