Jenis Petir dan Cara Menghindarinya Saat Mendaki Gunung

Jenis Petir dan Cara Menghindarinya Saat Mendaki Gunung

Berlibur memang kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika berlibur ke beberapa tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Salah satu tempat yang sangat menarik untuk Anda kunjungi yaitu dengan pergi mendaki gunung. Mendaki gunung memang kegiatan yang sangat mengasyikkan, apalagi banyak pelajaran yang bisa didapatkan jika mendaki gunung. Selain itu juga Anda akan melihat betapa indahnya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Namun ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan tentunya sebelum mendaki gunung seperti dengan membawa perbekalan yang lengkap, kemudian membawa tenda yang sesuai dengan standar, lalu menggunakan jaket yang tebal dan juga sesuai dengan standar, membawa sleeping bag, kemudian membawa peralatan masa seperti kompor, nesting, dan lain sebagainya.

Selain dengan membawa beberapa perlengkapan yang bisa Anda gunakan ketika akan mendaki gunung, Anda juga harus mempersiapkan diri Anda dan juga fisik yang kuat agar tidak mudah menyerah atau lemas ketika sedang mendaki gunung. Selain itu Anda juga harus mengecek keadaan gunung apa yang akan Anda daki, apakah terdapat hewan buasnya atau tidak, kemudian adakah sumber air yang tersedia, dan juga melihat perkiraan cuaca ketika Anda akan mendaki gunung. Melihat perkiraan cuaca sebelum Anda mendaki gunung merupakan cara yang paling tepat terutama jika sedang musim hujan. Bahkan belum lama ini terdapat berita mengenai pendaki yang tewas tersambar petir ketika sedang mendaki gunung Prau yang ada di Wonosobo. Maka dari itu jika Anda tidak ingin mengalami nasib yang sama, maka Anda harus mempersiapkan dengan matang ketika akan mendaki gunung yaitu dengan melihat perkiraan cuaca.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghindari hujan bahkan petir ketika sedang mendaki gunung, namun sebelum membahas bagaimana caranya, maka sebaiknya Anda mengenal apa sajakah jenis-jenis petir yang ada di dunia. Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Petir yang ada di Dunia

Inilah beberapa jenis-jenis petir yang ada di dunia, mulai dari petir biasa sampai dengan petir yang menyebabkan kematian, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. St. Elmo’s Fire.
    Petir ini sudah sejak dahulu ada bahkan dimulai dengan Yunani kuno, kemudian Julius Caesar, Colombus, dan juga Magellan. Petir ini dianggap petir yang cukup menakutkan karena menyebabkan rasa takut sebagai api biru yang terinspirasi dari cerita roh hantu.
  2. Boom.
    Jenis petir yang kedua yaitu Boom atau yang dikenal sebagai Ball Thunder. Petir ini bahkan dapat disebabkan oleh berbagai macam peristiwa seperti ledakan nuklir untuk meluncurkan roket seperti Chalengger atau Apollo 12. Jenis petir yang paling umum yaitu berbentuk kilatan petir coret, namun kilat yang dihasilkan dari petir ini menyebabkan ancaman besar pada kehidupan manusia dan juga properti.
  3. Deadly.
    Jenis petir yang ketiga yaitu Deadly. Petir ini menyebabkan banyak kematian karena petir ini kekuatannya sangat besar. Namun ada juga beberapa orang yang terkena sambaran petir ini namun masih hidup sehat bahkan ada yang hidup dengan luka bakar di beberapa bagian tubuh mereka.
  4. Cloud Flashes.
    Jenis petir yang keempat yaitu Cloud Flashes. Jenis petir ini hanya seperti kilatan-kilatan yang ada di awan, bahkan banyak orang yang tidak melihat adanya guntur yang terjadi pada petir ini. Petir ini tidak membahayakan karena petir ini tidak menimbulkan guntur bahkan tidak akan menyambar beberapa orang maupun mahluk hidup di bawahnya.
  5. Re-Strike.
    Jenis petir yang kelima yaitu Re-Strike. Jenis petir ini adalah petir yang nantinya dapat menghasilkan efek strobe light. Bahkan petir ini merupakan petir yang disertai dengan guntur yang terus menerus dan juga secara berkepanjangan, bahkan suara gemuruh yang dihasilkan pun juga cukup keras dan terus menerus.

Cara Menghindari Petir Ketika Sedang Mendaki Gunung

Setelah mengetahui ada apa sajakah jenis-jenis petir yang ada di dunia bahkan ada juga di Indonesia ini, Anda bisa menerapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari petir jika sedang mendaki gunung, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Tips yang pertama yaitu jika Anda sudah terlanjur mendaki gunung bahkan sudah mendaki dalam keadaan cuaca yang sedang hujan, maka Anda bisa melihat perkiraan cuaca maupun menanyakan nya kepada beberapa tim yang ada di basecamp gunung setempat.
  • Tips yang kedua yaitu jangan berada di puncak gunung maupun berada di padang rumput yang cukup luas bahkan jika tidak terdapat pohon-pohon di sekitarnya. Karena hal ini akan menyebabkan petir yang sangat mudah untuk menyambar kepada Anda jika berada di tempat tersebut.
  • Tips yang ketiga yaitu jika sedang terjadi hujan yang terdapat petir, maka Anda tidak disarankan untuk berlindung di bawah pohon yang tinggi. Hal ini dikarenakan saat petir menyambar ke pohon, aliran listrik ini juga dapat menyambar sampai ke tanah yang akan membahayakan tentunya bagi seseorang yang sedang mendaki gunung. Jika dalam keadaan mendesak, maka sebaiknya berteduh lah pada pohon yang lebih rendah.
  • Tips yang keempat yaitu dengan mematikan semua alat-alat yang berhubungan dengan sambungan udara misalkan GPS, kemudian radio, lalu HT, hand phone, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin tetap menyalakan hand phone, maka sebaiknya nyalakan dengan mode pesawat agar lebih aman. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan aksesoris dengan bahan logam. Hal ini dikarenakan logam adalah salah satu penghantar listrik yang sangat kuat, bahkan logam ini juga bisa menangkap kilat.
  • Tips yang kelima yaitu jika Anda sedang terjebak hujan dan tidak bisa berjalan kemana pun, lalu ingin mendirikan sebuah tenda, maka Anda bisa membuatnya di daerah lembah atau pun di daerah rendah lainnya. Hal ini tentu saja akan membuat Anda jauh lebih aman dibandingkan dengan mendirikan tenda di tempat yang tinggi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghindari petir jika Anda sedang berada di gunung. Di atas juga sudah disebutkan mengenai beberapa jenis-jenis petir yang ada di dunia bahkan jenis petir yang berbahaya maupun jenis petir yang tidak berbahaya. Jangan lupa untuk selalu waspada dan juga untuk selalu berhati-hati ketika akan mendaki gunung.

Memang sangat dianjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu tentang cuaca yang ada di kota dan juga lokasi gunung tersebut, ada beberapa cara untuk mengetahuinya karena kini sudah banyak tersedia aplikasi di Play Store yang bisa Anda download atau Anda bisa dengan membuka beberapa website yang menyediakan berbagai macam cara dan juga pilihan untuk mengetahui cuaca yang ada di seluruh Indonesia mulai dari kota-kota, pulau, dan juga cuaca yang ada di gunung.

Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu dan juga bermanfaat bagi Anda semua yang ingin mengetahui tentang bagaimanakah cara untuk menghindari petir jika sedang mendaki gunung.