Walikota Minta Pelajar Hafal Lagu Kebangsaan

Walikota Minta Pelajar Hafal Lagu Kebangsaan

 

GENCIL.NEWS – PONTIANAK  Walikota Pontianak, Sutarmidji, meminta, ke depan para siswa minimal harus bisa menghafal 12 hingga 15 lagu-lagu perjuangan.
Ia berpendapat, lagu-lagu perjuangan itu sangat bagus untuk membentuk karakter anak dan menanamkan rasa cinta kepada NKRI.
“Melalui lagu-lagu perjuangan itu dapat membentuk karakter anak terhadap cintanya pada negara ini, toleransi antar etnis dan agama, semuanya terangkum dalam syair lagu-lagu perjuangan yang selama ini digelorakan oleh para pejuang kita,” imbuhnya.
Menyikapi itu, Ketua PGRI Kota Potianak, Abdul Wahid mengatakan, setiap tahun pihaknya berupaya melakukan perubahan-perubahan dengan meningkatkan pelayanan kepada anak didik. Terlebih, pada era teknologi sekarang ini serba canggih.
“Artinya, guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak didik, hingga guru itu menjadi contoh teladan anak didiknya, termasuk tantangan walikota mengenai masalah menghafal lagu perjuangan karena ini penting untuk mendidik mereka mencintaai tanah airnya, bangsanya dna gurunya,” katanya.
Menurutnya, meskipun jaman sudah canggih tapi pihaknya sebagai guru berupa memberikan pelajaran mengenai pahlawan dengan seksama.
“Jaman boleh canggih begitu juga dengan pola pengajaran kepada siswa. Sejarah mengenal pahlawan dan lagu-lagu kebangsaan juga harus kita kemas apik dengan tampilan dan gaya menarik sesuai versi anak remaja,” ucap dia.
Disinggung, terkait persoalan yang melibatkan pelajar di media sosial beberapa waktu lalu, Wahid menyatakan, dalam hal itu tidak juga harus menyalahkan guru sebab dunia pendidikan sangat luas.
“Mohon masyarakat memaafkan karena kita sebagai manusia tidak akan menyimpang dari pada itu,” imbuhnya. (all)