Terinspirasi AS, Dua Desa Indonesia Bangun Perpustakaan Mini Gratis
Connect with us

Berita Foto

Terinspirasi AS, Dua Desa Indonesia Bangun Perpustakaan Mini Gratis

Published

on

Dua Desa Indonesia Bangun Perpustakaan Mini Gratis
Lima siswi melihat-lihat buku di Little Free Library yang dipasang di teras rumah seorang guru di desa Rawajaya, kabupaten Cilacap. Courtesy Ari Hendra Permana

Gencil News – VOA –Ada lebih dari 100.000 perpustakaan mini yang terdaftar sebagai “Little Free Library” di 108 negara, paling banyak di AS.

Toples berisi biskuit anjing diletakkan di atas Little Free Library di Mount Prospect, Illinois. (Courtesy: Alfred Ticoalu)
Pendirinya adalah Alfred Ticoalu, diaspora Indonesia di kota Mount Prospect. Hampir setiap hari, pria 43 tahun ini mengecek apakah bukunya perlu ditambah atau sekedar merapikan. Seringkali dia juga menerima dan menyortir sumbangan buku. Sebelum memasukkan buku ke dalam kotak itu, Alfred akan mengecapnya dengan tulisan: “Always a Gift, Never for Sale,” yang berarti: “Untuk Disumbangkan, Bukan Untuk Dijual.” Di atas kotak itu, Alfred juga menyediakan sebuah toples berisi biskuit anjing.

Perpustakaan yang mengusung konsep pinjam dan sumbang buku sesuka hati ini, juga ada di Indonesia, meskipun jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari.

Little Free Library di Desa Jolontoro, Wonosobo berdiri sejak September 2020 di depan sebuah rumah warga dengan cat senada. Courtesy Nining Dwi Astuti.
“Little Free Library” desa Rawajaya, Cilacap berdiri sejak November 2019 dan terdaftar sebagai bagian dari organisasi Little Free Library yang berpusat di AS. Courtesy Ari Hendra Permana.
Pada malam hari anak-anak mendatangi Little Free Library di desa Jolontoro, Wonosobo untuk menggunakan wi-fi gratis dan belajar. Courtesy Nining Dwi Astuti.
Anak-anak belajar membaca dengan buku dan majalah anak-anak di desa Rawajaya, Cilacap. Courtesy Ari Hendra Permana.
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Foto

BERITA FOTO – Gubernur Kalbar Melantik Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati

Published

on

berita-foto-pelantikan-bupati-kalbar
BERITA FOTO - Gubernur Kalbar Melantik Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati - Foto Adpim Prov Kalbar

Gencil News – BERITA FOTO – Gubernur Kalbar Melantik Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melantik sejumlah Bupati dan Wakil Bupati pada sejumlah Kabupaten pada Provinsi Kalimantan Barat. (26/02/2021).

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sejumlah Kabupaten pada Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan di Balai Petiti Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Berikut Kumpulan Foto Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati
Continue Reading

Berita Foto

Foto-foto Indahnya Masjid Terapung di Kabupaten Kayong Utara

Published

on

Foto-foto Indahnya Masjid Terapung di Kabupaten Kayong Utara

GENCIL NEWS – KAYONG UTARA – Kalau Anda sedang singgah di Sukadana Kabupaten Kayong Utara, sempatkan mampir ke masjid rayanya. Masjid terapung yang diresmikan Presiden Jokowi pada 15 Oktober 2016 tahun lalu ini, kabarnya menelan biaya hingga Rp 38 miliar. Masjid ini dapat menampung jamaah hingga 3.000 orang.

Jurnalis Gencil News yang berkesempatan singgah di Sukadana membuktikan keindahannya. Area parkir yang sangat luas, dan arsitektur masjid yang ciamik, seperti Taj Mahal. Anda akan betah berada di dalam masjid, karena hawa dingin lantainya membuat sejuk saat berada di dalam. Mungkin ini dikarenakan air yang berada di bawah masjid tersebut.

Masjid yang diberi nama Oesman Al Khair ini merupakan nama pemimpin Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Oesman Sapta Odang karena jasanya yang telah mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid tersebut. Disamping itu, Oesman juga dikabarkan menyumbang Rp 11 miliar untuk pembangunan masjid terapung di Sukadana tersebut.

Jurnalis Gencil News sempat mengabadikan keindahan masjid tersebut (kredit foto: @Kang Nchus), berikut foto-fotonya:

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Foto: Kang Nchus

Continue Reading

Berita Foto

Kompilasi Berita Foto VOA – Gencil News 3 Februari 2021

Published

on

Kompilasi Berita Foto VOA – Gencil News 3 Februari 2021

Gencil News – VOA Gencil News menghadirkan kompilasi berita foto dari VOA (Voice of America). Gencil News adalah afiliasi resmi VOA Indonesia di Kalimantan Barat.

Pembaca pada rubrik ini anda dapat menyaksikan foto-foto terbaik yang dibalut dengan berita singkat. Dari seluruh belahan dunia.

Para pendukung militer Myanmar melakukan unjuk rasa di dalam mobil sambil mengibarkan bendera nasional dan militer hari Selasa, 2 Februari 2021, sehari pasca kudeta militer terhadap Aung San Suu Kyi dan pemimpin lainnya, di Yangon, Myanmar. (Foto AP / Thein Zaw)
Alejandro Ccasa berdoa setelah menunggu tiga hari untuk mengisi tangki oksigen yang diperlukan oleh pamannya yang mengidap COVID-19 di luar toko isi ulang Oksigen di kota Callao, Peru, Selasa pagi, Selasa 2 Februari 2021. (Foto: AP)
Para buruh yang bekerja sebagai pembersih gedung, bergelantungan di gedung “Museum of the Future”, museum inovasi dan desain yang sedang dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: AP / Kamran Jebreili)
Para pekerja migran Myanmar yang tinggal di Thailand memegang foto Panglima Tertinggi militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing yang mereka coret dengan tanda “X” saat aksi protes di depan Kedutaan Besar Myanmar, di Bangkok, Thailand, Senin, 1 Februari 2021 pasca kudeta militer dan penahanan terhadap pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi dan pemimpin lainnya, Senin 1/2. (Foto AP / Sakchai Lalit)
Warga Myanmar memukul-mukul panci dan kaleng untuk membuat keributan di jalan-jalan, sebagai aksi protes atas kudeta militer serta menuntut pembebasan Aung San Suu Kyi dan para pemimpin lainnya di Yangon, Myanmar, hari Selasa (2/2). (Foto: STR / AFP).
Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING