Kamu Harus Tau, BPNB Kalbar Punya Banyak Koleksi Kajian Sejarah
Connect with us

Berita Kalbar

Kamu Harus Tau, BPNB Kalbar Punya Banyak Koleksi Kajian Sejarah

Published

on

Kamu Harus Tau, BPNB Kalbar Punya Banyak Koleksi Kajian Sejarah

Gencil News- Kamu harus tau, bahwa BPNB Kalbar punya banyak koleksi kajian sejarah dan budaya seluruh kalimantan untuk kamu ketahui.

Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat (BPNB KALBAR) mempunyai tugas melaksanakan pelestarian.

Selain itu, memelihara aspek-aspek tradisi, kepercayaan, kesenian, perfilman, dan kesejarahan pada wilayah Kalbar.

BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya) Kalimantan Barat adalah kantor atau instansi yang merupakan tempat penyimpanan sumber sejarah seputar sejarah Kalimantan Barat.

Menariknya, Jenis sumber sejarah yang tersedia dalam perpustakaan Balai Pelestarian Nilai Budaya
Kalimantan Barat berdasarkan bentuknya adalah sumber dokumenter dan juga terdapat sumber
korporal.

Dimana sumber dokumenter yang tersedia yaitu, koleksi buku-buku sejarah kerajaan, sejarah kebudayaan, naskah kuno, manuskrip dan rekaman hasil penelitian.

Maka itu, untuk merasakan pemanfaatan sejarah dan budaya bisa langsung datang ke alamat BPNB Kalbar, Jl. Letjen Sutoyo Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113.

Untuk jam operasional Senin-Jumat, Pagi Pukul 09:00 WIB- 12:00 WIB dan Siang pada pukul 13:00-14:30 WIB.

Balai Pelestarian Nilai Budaya juga sekaligus merupakan Unit Pelaksana Teknis dalam lingkungan Departemen Kebudayaan dan pariwisata.

Lengkap dengan fasilitas PC/Komputer sehingga memudahkan kamu mencari materi budaya.

Jangan lupa, Jika datang ke BPNB tetap patuhi protokol kesehatan pada area atau lingkungan Balai Pelestarian.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kubu Raya

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Published

on

By

Bandara Supadio Resmikan Layanan Genose

Gencil News – Bandara Internasional Supadio resmikan layanan GeNose C19. Acara ini berlangsung pada Gedung VIP Lama Bandara Supadio. Minggu(18/21).

Keberadaan layanan genose merujuk pada Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 tahun 2021 Tanggal 26 Maret 2021. Surat Edaran ini adalah ketentuan tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandem Covid-19.

Genose menjadi alternatif screening / pemeriksaan kesehatan bagi  Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selain Antigen dan PCR terhitung 01 April 2021.

“GeNose C19 sebagai sceening kesehatan baru terdapat di 5 Bandara yang dikelola PT.AP II yang mengimplementasikannya. GeNose C19 ini merupakan alat screening Covid 19 melalui hembusan nafas, dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 3 menit” ujar GM Bandara Internasional Supadio.
 
Untuk syarat pemeriksaan GeNose C19 bagi
– Calon penumpang dalam kondisi sehat.
– Telah memiliki tiket dan memesan layanan GeNose melakui aplikasi.
– Dilarang makan dan minum serta merokok kecuali minum air putih selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas.

– Calon penumpang wajib berkumur sebelum pemeriksaan sample nafas.

Persyaratan tersebut wajib dilakukan karena akan mempengaruhi hasil test, untuk biaya test GeNose C19 sebesar Rp40 ribu dan hasil ters GeNose C19 berlaku selama 1 hari.

Continue Reading

Kota Pontianak

Wako Edi Ajak Belanja Takjil, Sebagai Upaya Bangkitkan Ekonomi

Published

on

By

Wako Edi Ajak Belanja Takjil, Sebagai Upaya Bangkitkan Ekonomi

Gencil News – Wako Edi Kamtono mengajak kepada masyarakat yang memiliki rezeki yang lebih, untuk belanja takjil. Wako Edi ajak belanja takjil adalah sebagai bentuk kampanye Wako untuk mendorong perekonomian rakyat agar lebih baik.

 Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memanfaatkan waktu luang setiap sore menjelang berbuka puasa untuk berburu takjil.

Aksi berburu takjil yang dilakukannya ini dengan memborong kue-kue yang dijual pedagang juadah. Takjil yang diborongnya tidak hanya untuk dirinya sekeluarga, tetapi juga dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Edi mengajak masyarakat untuk membeli takjil yang dijual oleh para pedagang juadah. Ia berharap dengan banyaknya masyarakat yang membeli kue-kue yang dijual oleh para pedagang kecil, bisa membangkitkan semangat mereka untuk berjualan takjil demi meningkatkan pendapatan mereka.

“Para pedagang kecil seperti penjual takjil ini perlu kita support, caranya dengan membeli dagangan mereka,” ujarnya, Minggu (18/4/2021).

Menurutnya, hampir sebagian besar masyarakat merasakan dampak pandemi Covid-19. Tak terkecuali para pedagang kecil yang berjualan kue.

Betapa tidak, pendapatan mereka drastis menurun akibat daya beli masyarakat yang kian merosot. Oleh sebab itulah, ia mengajak masyarakat yang mempunyai rejeki lebih untuk membeli takjil lebih banyak, kemudian takjil-takjil tersebut bisa dibagikan ke masjid-masjid atau orang-orang yang ditemui.

Namun bila tidak, cukup membeli untuk kebutuhan sekeluarga. “Insha Allah para pedagang takjil merasa terbantukan dengan kita membeli dagangan mereka,” ucapnya.

Continue Reading

Kota Pontianak

Wako Edi Kenang Almarhumah Ibu Djaedah Sebagai Sosok “Ngemong”

Published

on

Wako Edi Kenang Almarhumah Ibu Djaedah Sebagai Sosok "Ngemong"
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono hadir pada pemakaman Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Wako (Wali Kota) Pontianak Edi Rusdi Kamtono kenang almarhumah ibu Djaedah, ibu dari Gubernur Sutarmidji adalah sebagai sosok yang “Ngemong”. Ngemong berasal dari bahasa Jawa yang artinya “Segala sesuatu yang berkaitan dengan pola asuh anak, berupa kebaikan-kebaikan”.

 Ketika Wako Edi bertemu Hj Djaedah binti Said Lajim semasa hidup, ia melihat tipikal seorang ibu yang menjaga dan melindungi keluarga.

 “Ketika saya bertemu, kelihatan sekali beliau tipikal ibu yang ngemong,” kata Wako Edi kenang almarhumah.

“Saya atas nama pribadi dan sekeluarga beserta Pemerintah Kota Pontianak mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ibunda Djaedah,” ujarnya saat diwawancarai usai pemakaman jenazah almarhumah di Gang Tengah.

Ia berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. “Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah,SWT,” tutupnya.

Continue Reading

Kabupaten Kubu Raya

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Published

on

Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Gencil News – Wabup Sujiwo Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar. Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya ibunda Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Hj. Djaedah binti Said Lajim. Ungkapan duka cita tersebut disampaikan Sujiwo ketika melayat ke tempat persemayaman almarhumah di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Sabtu (17/4/2021).

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kubu Raya, saya menyampaikan dukacita yang teramat mendalam atas wafatnya ibunda Pak Gubernur, almarhumah Hj. Djaedah binti Said Lajim,” katanya.

Sujiwo mendoakan almarhumah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Ia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan.

“Semoga almarhum diampuni segala dosa dan khilafnya dan ditempatkan di sisi-Nya yang paling baik. Kepada Pak Gubernur dan segenap keluarga besarnya, kiranya diberi ketabahan,” harapnya.

Almarhumah Hj. Djaedah wafat di usianya yang ke-85 tahun. Mendiang rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Muslim Gang Tengah, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING