Cornelis: PGD ke 34 adalah Tentang Pangan, SDM dan Pariwisata Bermanfaat Bagi Indonesia

Ketua Majelis Adat Dayak Nasional Cornelis mengungkapkan, tujuan diselenggarakan PGD ke-34 bagaimana masalah pangan dan pembangunan manusia serta pariwisata bermanfaat bagi bangsa dan negara ini.

Cornelis: PGD ke 34 Pangan, SDM dan Pariwisata Bermanfaat Bagi Indonesia
Cornelis: PGD ke 34 Pangan, SDM dan Pariwisata Bermanfaat Bagi Indonesia


“Tujuannya untuk memanfaatkan masalah pangan, pembangunan manusia dan pariwisata di daerah ini, bukan hanya sekedar hura-hura. Dan sudah dimasukkan kedalam muatan lokal sehingga mengenal budayanya sendiri,” ungkap Cornelis.


Terkait masalah pangan, ia menambahkan bahwa gawai yang dicetus oleh mantan gubernur kalbar Kadarusno supaya orang dayak itu terpusatkan satu titik untuk gawai dayak. Agar tidak lupa turun ke ladang guna memperkuat pangan di Kalbar.


“Gawai ini kan digagas oleh pak Kadarusno supaya orang dayak agar tidak melaksanakan gawai di setiap kampung gawai sampai sebulan, sehingga lupa turun ke ladang. Ini dalam rangka antisipasi krisis pangan sehingga dayak itu bisa bertanam dan membantu pemerintah,” tuturnya.

Baca juga   DBD Renggut Nyawa Balita 4 Tahun


Menurutnya permasalahan pangan sangat penting, agar kita tidak terhadi krisis pangan. Sebab di dunia saat sedang menggalami krisis pangan dan ia meminta seluruh masyarakat untuk membantu pemerintah di sektor pangan.


“Apalagi situasi dunia saat ini krisis pangan sedang melanda kita. Maka dari itu kita berpatner dengan pemerintah agar tidak terjadi krisis pangan dan mengelolah dengan baik begitu sampai disini bisa tersampaikan ke masyarakat, masyarakat bisa menidak lanjutinya,” ujarnya.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News