Empat Paslon Mulai Ikuti Rangkaian Test Kesehatan

GENCIL NEWS  – Pemeriksaan kesehatan, kejiwaan hingga narkoba sudah dimulai sejak Rabu (10/1) hingga tanggal 14 Januari 2018 mendatang. Rangkaian test kesehatan ini berlaku untuk empat pasang calon (paslon) wakil walikota Pontianak dan wakil walikota Pontianak yang mendaftar ke KPU kota Pontianak, yaitu pasangan Edi Kamtono-Bahasan, Sataruddin-Alpian, Usmulyani-Hermawan dan pasangan Herri Daya-Yandi.

Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, mengungkapkan,  nantinya empat pasangan calon ini harus mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan, mulai dari kesehatan badan yang dipusatkan di RSUD Soedarso, test kejiwaan dilakukan di RSJ Alianyang dan pemeriksaan bebas narkoba di Kantor BNN Kalbar.

“Sudah ada penunjukkan sesuai aturan yang ada, masih lama waktunya sehingga paslon bisa siap-siap,” katanya, Jumat kemarin.

Baca juga   Tempat Wisata Menarik di Kayong Utara

Menurutnya ada tiga tahapan yang harus dilalui pasangan calon ini, yaitu proses pemeriksaan kesehatan dilakukan selama 2 hari meliputi pemeriksaan yang lengkap dengan melibatkan puluhan dokter bahkan bisa mencapai ratusan tenaga medis.

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan fisik oleh tim dokter termasuk kesehatan jiwa oleh psikiater, pemeriksan psikis oleh tim psikologi dan pemeriksaan narkoba oleh tim Badan Narkotika Nasional.

Penyakit-penyakit yang bisa dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium dalam proses seleksi kesehatan  antara lain penyakit kencing manis (DM), kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, kadar asam urat yang tinggi, hipertensi dan kelainan darah. Berbagai gangguan kesehatan lain juga dapat terdeteksi melalui pemeriksaan kesehatan yang lengkap ini. Gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, gangguan jantung dan paru juga  akan terdeteksi dengan pemeriksaan kesehatan yang super lengkap.

Baca juga   Tak Lagi Ketua DPRD, Sataruddin Pamit

“Tentu pemimpin daerah harus sehat jadi cek kesehatannya melalui tahapan-tahapan yang dilakukan dokter-dokter dibidangnya. Tentu kita berharap apapun hasilnya yang kemungkinan kita umumkan tanggal 15-16 Januari 2018 ini bisa diterima,” ujarnya.

Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 akan digelar serentak di 171 daerah di Indonesia. Pilkada ini diikuti 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota, termasuk Kota Pontianak. (all)

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.