Ingatkan Masyarakat Agar Menikah di Usia Cukup

GENCILNEWS – Sekretaris Komisi V DPRD Kalbar, Yohanes A Dopong, menuturkan kasus pernikahan dini memang menjadi satu persoalan penting yang harus menjadi perhatian serius semua pihak.Ia pun menilai pemerintah pusat sangat konsen dalam memperhatikan hal ini.

“Kita melihat selama ini memang pemerintah itu begitu konsen untuk mengarahkan agar  bagaimana masyarakat bisa melaksanakan kegiatan berumah tangga itu tidak seperti cara-cara lama,” katanya, belum lama ini.

Kata dia, yang dimaksud dengan cara lama, adalah cara tradisional yang acap masih dipakai oleh masyarakat di nusantara, seperti menikahkan anak pada usia yang masih dini atau jika menilik dari UU, bisa dikatakan pernikahan semacam itu disebut cukup umur.

Dengan adanya wacana untuk kembali menaikkan syarat umur menikah oleh pemerintah melalui Kementerian terkait, ia menilai bahwa pemerintah punya maksud agar nantinya setiap suami istri benar-benar adalah pasangan yang siap dalam berumah tangga

Baca juga   Dukung Sambas Pesisir

“Tentu pemerintah punya maksud agar calon istri maupun calon suami itu benar-benar siap untuk berumah tangga terutama dari sisi calon istri. Calon istri itu kan ada usia reproduksi juga,” ujarnya.

Meurutnya, dalam membuat aturan pemerintah tentunya sudah melakukan pengkajian terlebih dahulu. Artinya ide itu bukan ide mentah tanpa dasarnya dan pemerintah tentu merujuk pada permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi.

“Merancang aturan itu ada pertimbangan, pertimbangan yang sudah di pikirkan dan dianalisa secara matang sehingga keluarga yang terbentuk nantinya adalah keluarga yang betul-betul siap untuk membentuk sebuah rumah tangga yang baik, yang bahagia, yang dapat mendidik anak-anaknya,” terang dia.

Ia mengatakan, Orang tua yang menikah pada umur yang cukup tentunya memiliki pengaruh bagi calon anak-anak mereka nanti. Dimana anak diharapkan lahir dalam keadaan sehat.

Baca juga   Terus Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

“orang tuanya juga siap untuk memberikan pemeliharaan, memberikan nafkah dan sebagainya. Pastinya pemerintah akan mengkaji dengan sangat panjang dan jauh berkaitan dengan rencana tersebut,” jelasnya. (all)

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.