Connect with us

Kabupaten Bengkayang

Gugus Tugas Bengkayang Ingatkan Warga Tidak Gunakan Masker

Published

on

Gugus Tugas Bengkayang Ingatkan Warga Tidak Gunakan Masker
Gugus Tugas Bengkayang Ingatkan Warga Tidak Gunakan Masker - Pendam XII/Tpr

Gencil News – Upaya pencegahan penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang terus dilakukan Koramil 1202-01/Bengkayang, Polsek Bengkayang dan Satpol PP yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Kecamatan melalui patroli penegakan disiplin protokol kesehatan di sepanjang Jln. Perwira Kabupaten Bengkayang.

Pemerintah daerah setempat secara intensif memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi standar protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah agar angka penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

Pada kegiatan tersebut juga masih ditemukan warga yang saat melintas tidak menggunakan masker, untuk itu petugas langsung mengingatkan dengan memberikan sanksi berupa push up dan mengucapkan Pancasila serta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Danramil Bengkayang, Kapten Inf Aswani Kunto mengatakan kegiatan patroli gabungan dilaksanakan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Bengkayang.

Pihaknya bersama Polsek, Satpol PP dan aparat lainnya akan terus menggelar patroli penegakan disiplin protokol kesehatan di berbagai tempat, ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

“Harapannya dengan sering diadakan patroli seperti ini dapat menyadarkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Dalam kegiatan patroli gabungan ini tampak hadir, Danramil Bengkayang Kapten Inf Aswani Kunto, Kapolsek Bky IPDA Rozehan, Camat Bky Bapak D.Robinson, S.Sos., Sekcam Bky Bapak Thomas Meidyo Putra, S.Sos., M.A.P, Kabid Transit Satpol PP Bapak Usman, S.E., Kasi Trantib Bapak Flugensius. (Pendam XII/Tpr)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Bengkayang

Pj. Bupati Bengkayang Membuka Kegiatan Paparan Rencana Kerja di 2021

Published

on

Pj. Bupati Bengkayang Membuka Kegiatan paparan rencana kerja di 2021

Gencil News-Pj. Bupati Bengkayang membuka kegiatan paparan rencana kerja tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

HUMPRO BengkayangPenjabat Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman, S.IP.,M.Si, Kamis (15/10) membuka kegiatan paparan rencana kerja tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang diiukuti oleh Sekretaris OPD dan Pengurus Barang di Aula V Kantor Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Yohanes Budiman mengaku cukup terkejut karena semenjak Kabupaten Bengkayang berdiri hingga sekarang belum ada diterbitkan Peraturan Bupati sebagai Pedoman Penghapusan Barang.

Bayangkan tahun berapa Bengkayang ini berdiri, nah selama itu terjadi akumulasi barang-barang yang dibeli dalam jangka waktu tertentu yang seharusnya sudah layak dihapus masih banyak tumpukan barang rongsokan yang masih berada ditempat kerja.

“Itu salah satu indikator yang paling kasat mata kalau mau melihat penataan aset di Bengkayang,” ungkapnya. Nah, dari temuan BPK contoh masih ada 1000 sekian persil tanah yang menjadi aset Bengkayang yang belum disertifikatkan. Itu untuk skala besarnya.

Belum lagi kita bicara tentang misalnya penertiban kendaraan dinas. Saya kemarin diberi pinjaman kendaraan dinas yang saya lihat platnya plat B, setelah diselidiki kendaraan tersebut tidak tahu asal usulnya. Itu merupakan salah satu contoh pengelolaan asset yang amburadul.

“Mulai minggu ini Saya mau cek nanti di OPD satu persatu apakah ada kendaraan dinas yang masih berhutang pajak, karena yang Saya tahu setiap OPD memiliki anggaran untuk pemeliharaan kendaraan dinas,”

“Jangan sampai kita menyuruh masyarakat membayar pajak sementara kita sendiri tidak memberi contoh yang baik,” tegas Yohanes.

Belum lagi jika membicarakan kendaraan dinas yang dibawa pulang kemudian BPKB nya juga dibawa pulang. Bayangkan, bisa saja kalau orang punya niat jahat kemudian dilelangnya kendaraan dinas yang notabenenya aset milik Pemda Bengkayang, bisa saja terjadi.

Atau misalnya, cerita disalah satu Kabupaten dimana kendaraan dinas digunakan untuk mengangkut sesuatu yang illegal dan itu ditangkap oleh pihak berwenang. Itu artinya penataan asetnya masih sangat amburadul.

Pj. Bupati juga mempertanyakan, sudah tertibkah para Sekretaris di OPD untuk menertibkan kartu inventaris barang disetiap ruangan atau jangan-jangan nda ada atau tidak pernah diperbarui. Sementara diketahui bersama, itu adalah tanggungjawab Kepala OPD yang secara teknis dilaksanakan oleh Sekretaris yang bertanggungjawab terhadap Pengurus Barang disetiap OPD.

Hal yang paling mendasar adalah kartu inventaris. Idealnya penataan aset itu berawal dari hal yang paling kecil yang harus bapak-ibu lakukan di OPD masing-masing.

Contoh, setiap kali bapak-ibu membeli aset, misalnya laptop atau komputer ketika itu diberikan kepada seseorang untuk digunakan, itu seharusnya ada administrasinya. Sehingga apabila terjadi sesuatu dengan aset tersebut ketika ada pemeriksaan ada yang bertanggungjawab.

Kalau itu tidak dilakukan kemudian akumulasinya menjadi menumpuk akhirnya ketika ada penertiban aset banyak yang tidak dapat terinventarisir dengan baik.

“Jangan-jangan yang pegang kendaraan dinas juga tidak punya surat penunjukkan (administrasi) penanggungjawab barang,” ungkapnya.

Jadi mulai hari ini, Saya minta kepada bapak ibu untuk mengecek kendaraan dinas yang ada di OPD, saya tidak mau dengar masih ada OPD yang tidak membayar pajak kendaraan dinas karena saya tahu setiap tahun pasti ada anggaran untuk pemeliharaan kendaraan.

Jangan pernah mimpi status laporan keuangan Kabupaten Bengkayang akan mendapat status laporan yang baik jika penataan aset tidak dikelola dengan baik. Mulailah dari hal-hal yang kecil. Oleh karena itu untuk tahap awal ini OPD terkait harus membuat pedoman penghapusan barang terlebih dahulu. Bagaimana mau menata aset apabila kita tidak punya pedoman penghapusan.

Jangan-jangan aset yang dibeli tahun 2000 dulu yang sekarang nda tahu kemana bangkainya masih tercatat sebagai aset Pemda karena belum pernah dilakukan penghapusan.

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

Sekda Kalbar Ikuti Misa Requiem Agustinus Naon

Published

on

Sekda Kalbar Ikuti Misa Requiem Agustinus Naon

Gencil News – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), A.L Leysandri mengikuti Misa Requiem Plt Bupati Bengkayang Agustinus Naon di Gereja St. Pius X Bengkayang. Selasa (15/9/2020)

Dalam sambutan Gubernur yang disampaikan Sekda Provinsi Kalbar mengatakan,
sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Agustinus Naon adalah sosok Aparatur Sipil Negara yang memiliki jenjang karir di Pemerintahan Provinsi Kalbar khususnya Kabupaten Bengkayang mulai dari PNS/Staf di Kecamatan, Camat, dan berbagai jabatan strategis sampai menjadi Wakil Bupati Bengkayang dua Periode dan Plt Bupati Kabupaten Bengkayang.

“Atas nama Pemprov Kalbar turut berbela sungkawa yang mendalam atas Kepergian almarhum,” ujarnya

Dengan penuh rasa dukacita yang dalam kita semua yang hadir disini dan masyarakat Kabupaten Bengkayang berkabung. Karena kehilangan putra terbaik Kalbar khususnya Kabupaten Bengkayang, yang semasa hidupnya kita kenal sebagai sosok pekerja keras yang tekun dan gigih serta memiliki dedikasi dan integritas serta komitmen yang kuat dalam membangun dan memajukan Kabupaten Bengkayang.

Kemudian Sekda Provinsi Kalbar A.L Leysandri berharap semoga keteladanan, pemikiran, gagasan, inovasi dan kegigihan almarhum dapat menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan mengabdikan diri untuk kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi Bangsa dan Negara serta Daerah yang kita cintai Provinsi Kalbar khususnya Kabupaten Bengkayang.

Masih kata Sekda Kalbar, kepergian almarhum telah mendatangkan dukacita yang mendalam bagi kita semua, namun sebagai hamba Tuhan tentu kita menyadari bahwa setiap yang bernyawa pasti akan kembali kehadirat-Nya dan kita semua hadir disini untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum, pelepasan ini kita selenggarakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari Pemerintah atas jasa, dharma bakti serta pengabdian almarhum semasa hidupnya kepada Kabupaten Bengkayang.

“Saya mengajak kepada kita semua
yang hadir disini untuk dapat
membukakan pintu maaf atas
kesalahan maupun kekhilafan
almarhum baik yang disengaja
atau tidak disengaja, mari kita iringi kepergian almarhum
Agustinus Naon dengan doa
kiranya Tuhan Yang Maha
Kuasa menganugerahkan
ampunan-Nya dan memberikan
tempat terbaik disisi-Nya,”
ungkap Sekda Kalbar

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

Personel Kodim Singkawang Kawal Distribusi Beras Bantuan di Desa Sungkung 3

Published

on

Personel Kodim 1202/Singkawang dibantu Prajurit Kompi Senapan (Kipan) C Yonif 645/Gardatama Yudha mengawal pendistribusian beras bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Desa Sungkung 3, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Dengan menggunakan kendaraan dinas, personel Babinsa Koramil 1202-09/Jagoi Babang dan Prajurit Kipan C Yonif 645/GTY mengawal distribusi beras bantuan bersama dengan Aparat Desa Sungkung 3. Distribusi dilakukan secara door to door ke rumah masyarakat penerima bantuan.

Kasdim 1202/Skw, Mayor Inf Suharmoko yang ikut turun langsung dalam kegiatan menjelaskan, untuk bisa sampai di wilayah Sungkung 3 beras bantuan tersebut sebelumnya diangkut menggunakan helikopter. Hal ini dikarenakan sulitnya akses jalan yang harus ditempuh.

“Hari ini kita melakukan pengawalan sekaligus membantu distribusi beras di Desa Sungkung 3. Sebanyak 340 Kg sudah tersalurkan kepada 17 KK tidak mampu, masing-masing KK menerima 20 Kg beras bantuan,” jelasnya.

Selanjutnya mengatakan, masih terdapat 113 KK masyarakat yang belum mendapat beras bantuan. Masih kurang sebanyak 2.260 Kg beras yang harus disalurkan kepada masyarakat.

“Untuk sisanya masih menunggu droping dari helly, karena untuk saat ini cuaca masih sering berubah-ubah jadi sementara helly belum bisa terbang,” ujar Mayor Inf Suharmoko.

Lanjutnya mengatakan, untuk besok rencananya mereka akan mendistribusikan beras untuk masyarakat Desa Sungkung 1 dan Desa Sungkung 2.

Untuk Desa Sungkung 1 menerima bantuan sebanyak 300 Kg untuk 15 KK/20 Kg dan Desa Sungkung 2 sebanyak 400 Kg untuk 20 KK/20 Kg. “Mudah-mudahan besok untuk Desa Sungkung 1 dan Desa Sungkung 2 dapat kita selesaikan seluruhnya,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Continue Reading

TRENDING