Keren! Emak- Emak di Sungai Duri Sukarela "Jahit" Masker
Connect with us

Headline

Keren! Emak- Emak di Sungai Duri Sukarela “Jahit” Masker

Published

on

https://kalbar.antaranews.com/berita/410182/desa-sungai-duri-hasilkan-masker-libatkan-warga-sebagai-relawan

Berbuat baik tidak harus dimulai dari langkah yang besar. Langkah kecil namun bermanfaat untuk banyak orang jauh lebih berguna, terutama di situasi saat ini di tengah pandemi virus corona.

Dilansir dari antarakalbar – Gugus Tugas COVID- 19 Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat berinisiatif penuhi kebutuhan masker warganya dengan memproduksi sendiri masker dari bahan kain  dengan melibatkan sejumlah penjahit secara sukarela.

“Bersyukur terdapat sekelompok relawan dari divisi logistik Gugus Tugas COVID-19 Sungai Duri, Kecamatan Sungai Raya yang dimotori oleh Ibu Nurhayati mengambil peran dalam mengurangi beban pemerintah dan masyarakat, yaitu dengan memproduksi secara manual masker dari bahan kain,” ujar Kepala Desa Sungai Duri Rezza Herlambang saat dihubungi di Sungai Raya, Rabu.

Rezza menjelaskan bahwa relawan yang ada menargetkan produksi masker tersebut sekitar 5.000-10.000 lembar.

“Jumlah relawan penjahit masker darurat ini sementara berjumlah lima orang dan berasal dari ibu-ibu rumah tangga yang memiliki mesin jahit di rumahnya,” kata dia.

Menurut dia, setelah diumumkan kepada masyarakat terkait pembuatan masker, sejumlah bantuan pun mulai berdatangan, mulai dari bahan kain, benang dan uang tunai dari donatur dalam maupun luar daerah.

“Masker kain yang nantinya akan dibagikan kepada petugas yang berjuang di lapangan dan kepada masyarakat,” kata dia.

Rezza juga menjelaskan stok mulai banyak hanya pihaknya kekurangan tenaga atau relawan penjahit.

“Kami juga kekurangan relawan penjahit. Stok bahan kain mulai banyak berdatangan. Kita bersyukur masyarakat banyak yg menyumbangkan bahan kain,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau bagi yang ingin bergabung menjadi relawan penjahit masker dapat mendaftar diri ke divisi logistik.

“Semua pihak berperan dan sama pentingnya baik relawan maupun masyarakat umum. Dengan disiplin diri dan keluarga kita sudah ikut berperan,” tambahnya.

Selain itu, Desa sungai Duri dalam mencegah dan menangani COVID-19 ini telah membentuk gugus tugas ditingkat desa, yang terdiri dari beberapa divisi.

“Divisi sosialisasi tugas nya membuat konten atau mencetak selebaran untuk disebarkan. Kita tugaskan lembaga lembaga yang ada di desa seperti BPD LPM Paus kader posyandu dan lain-lain. Lalu divisi pencegahan dan kesiapsiagaan yang terdiri dari brigade Desa Tangguh Bencana (Destana) yang kegiatannya berupa penyemprotan disinfektan diberbagai lokasi. Lalu mereka juga membuat tempat cuci tangan umum di pasar dan di kantor desa,” jelas Rezza.

Kemudian, divisi logistik isinya Bidan Desa dan PKK mereka menyiapkan alat dan perlengkapan logistik yang diperlukan termasuk membuat masker .

“Karena beli di pasar harganya tinggi. Kalau ada operasi mereka menyiapkan logistik. Ada juga divisi operasional pengendalian dipegang oleh tujuh kepala dusun dan 28 ketua RT. Mereka bertanggung jawab memberikan informasi kepada petugas Puskesmas tentang kedatangan warga dari luar daerah atau ada informasi lain yang penting seperti titik-titik keramaian masyarakat,” tambahnya.

Terakhir kata Rezza ada seksi penertiban dan pengawasan. Di seksi ini akan bekerja sama dengan gugus tugas Penertiban kecamatan untuk menertibkan yang melanggar edaran atau aturan pemerintah terkait COVID-19. (antara)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gaya Hidup

Sensasi Bagi Penyelam dan Ilmuwan, Kuda Laut Yunani

Published

on

Penyelam lokal terpesona oleh makhluk laut yang anggun itu dan akan berusaha keras mendokumentasikan keberadaan mereka dan menghimbau perlindungan bagi kuda laut itu.

Pada 2007, penyelam komersial Vasilis Mentogiannis sedang mengerjakan proyek bawah air di teluk terpencil di Semenanjung Chalkidiki di Yunani Timur Laut ketika ia melihat kuda laut.

“Saya berkata sendiri, ‘Wow, kuda laut, luar biasa’. Tidak lama kemudian lewat yang lainnya, lalu yang lainnya, dan saya melihat banyak sekali , dan saya heran ‘ada apa disini? Saya kira ini sangat luar biasa,” kata Vasilis.

Penyelam berpengalaman itu mengatakan sangat langka melihat sekelompok kuda laut berkumpul bersama seperti itu. Didorong oleh rasa ingin tahu, ia memutuskan membentuk tim penyelam untuk melakukan survei dan mengumpulkan data mengenai kuda laut itu.

Para penyelam terpesona oleh kuda laut, kata anggota tim, Kostas Katsioulis.

“Ini adalah fenomena yang unik. Mereka yang menyelam bersama kami menjadi sangat antusias setelah melihat kuda laut, karena tidak ada perasaan lain seperti itu ketika Anda menyelam,” kata Kostas.

“Kami telah menghabiskan berjam-jam dengan kuda laut. Kuda Laut adalah makhluk pemalu, selalu membelakangi kamera,” kata Vasilis menyambung pernyataan Kostas.

Atas saran para ilmuwan, Mentogiannis yang punya latar belakang teknik mesin dan ahli dalam survei geofisika dan bawah laut menciptakan habitat buatan untuk kuda laut pada 2015.

“Kuda laut menyesuaikan diri dengan baik. Habitat buatan itu sangat berguna bagi kuda laut karena bisa mengaitkan ekornya, berbaring dan menyamarkan diri pada tali,” papar Vasilis.

Meskipun kuda laut hidup di perairan di sekitar Yunani, para ilmuwan mengatakan tidak lazim menyaksikan keberadaannya yang stabil dan berkelanjutan di daerah ini. [my]

Continue Reading

Headline

KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo

Published

on

KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo
Sumber Foto : Web KKP -100 Hari Jabat Menteri KKP, Ini Sederet Gebrakan Edhy Prabowo

KPK Tangkap Menteri KKP (Kelautan dan Perikanan) Edhy Prabowo pada Rabu, 25 November 2020.  sepulangnya dari lawatan ke Amerika Serikat

Pada 19 November lalu, situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan Menteri Edhy Prabowo bertolak ke Amerika Serikat untuk memperkuat kerja sama bidang kelautan dan perikanan dengan salah satu lembaga riset di AS.

Selanjutnya Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron mengatakan penangkapan Edhy tersebut terkait dugaan korupsi dalam ekspor benur atau benih lobster.

Penangkapan terjadi pada malam dini hari tadi di Bandara Soekarno-Hatta. KPK juga menangkap sejumlah orang dari KKP.

Saat ini para pihak yang tertangkap masih berstatus terperiksa. KPK memiliki waktu 1X24 jam untuk menentukan status para pihak yang tertangkap.

Artikel ini akan terus diperbarui

Continue Reading

Headline

Jurusan Kuliah Yang Populer Di Kalangan Milenial

Published

on

Jurusan Kuliah Yang Populer Di Kalangan Milenial

Gencil News– Jurusan Kuliah Yang Populer Di Kalangan Milenial. Di era kekinian kebanyakan mahasiswa cenderung bersikap apolitis, suka traveling, dan tidak tertarik untuk bekerja di perusahaan besar yang mengharuskan mereka rutin berkantor. Mahasiswa milenial adalah sosok baru anak muda yang bercita-cita terlibat dalam berbagai pekerjaan yang anti-mainstream, yang tidak mengharuskan mereka rutin dan rigid bekerja berdasar jam kantor.

Jurusan Kuliah Yang Populer Di Kalangan Milenial. Berdasarkan data yang diolah dari berbagai perguruan tinggi di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, jurusan yang terkait dengan ilmu-ilmu terapan, seperti teknik dan bisnis, selalu lebih populer di kalangan generasi milenial dibandingkan ilmu-ilmu murni, seperti fisika atau sosiologi. Hampir 87 persen mahasiswa yang terdaftar sejak 2009 hingga 2016 mengambil jurusan yang termasuk dalam ilmu terapan. Sedangkan, jurusan ilmu-limu murni hanya diambil oleh 12 persen mahasiswa generasi milenial.

Mahasiswa masa kini adalah anak muda yang bercita-cita masuk dan dapat berkecimpung di dunia start-up atau kerja-kerja yang fleksibel, bisa dikerjakan dari mana pun, entah di rumah, kafe, atau kantor yang mobile. Generasi Milenial sangat mahir dalam teknologi, karena lahir pada saat TV berwarna, handphone dan internet sudah ada, dan tentu mempunyai beberapa kebiasaan dan karakter tersendiri dari generasi sebelumnya.

Perkembangan teknologi sudah banyak mengubah wajah perkuliahan menjadi kuliah yang menyenangkan sehingga  alih alih lebih mengutamakan kreativitas tanpa batas, berikut Jurusan Kuliah di tahun 2020 yang sangat diminati dikalangan generasi milenial.

1. Ilmu Komunikasi

Ilkom menjadi pilihan pertama, karena era saat ini memang serba digital. Yaaaa, memang rata-rata lulusan jurusan ini bekerja di media. ditambah saat ini, lagi marak-maraknya industri kreatif, sangat membutuhkan lulusan jurusan Ilmu Komunikasi.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Industri kreatif sangat berkembang, lulusan DKV sangat dibutuhkan di seluruh aspek perusahaan. Karena memang jurusan ini adalah “otak” dari segala ide maupun konsep komunikasi.

3. Teknik Informatika

industri maupun manufaktur besar pasti perlu orang-orang ahli pada bidangnya. Mulai dari teknik sipil, elektronika, informatika, teknologi juga perlu dalam industri. Tau gak? Di tahun 2020 ini digadang – gadang akan menjadi tahun dimana semua serba Artificial intelligence, yang dimana semua serba otomatis.

4. Desain Produk Industri / Desain Grafis

Tanpa pekerjaan tetap pun lulusan jurusan Desain Grafis bisa bertahan hidup dengan pekerjaan freelance. Desain grafis adalah perancang logo, font hingga bentuk tulisan sekalipun. Semakin berkembang nya jaman, banyak sekali kita lihat UKM (Usaha Kecil Menengah) yang semakin banyak. Peran desain grafis disini adalah membranding produk kepada usaha tersebut sehingga dapat dikenal dikalangan masyarakat.

5. Arsitektur

Arsitekur memang jurusan yang sangat dibutuhkan kapan saja, mereka yang berkuliah disini adalah harapan dari seluruh aspek manusia dalam membangun rumah. Peluang kerja juga sangat tinggi pada jurusan ini

Continue Reading

TRENDING