Masih Zona Orange, Bengkayang Tunda Belajar Tatap Muka
Connect with us

Kabupaten Bengkayang

Masih Zona Orange, Bengkayang Tunda Belajar Tatap Muka

Published

on

Masih Zona Orange, Bengkayang Tunda Belajar Tatap Muka

Gencil News – Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson memaparkan bahwa Kabupaten Bengkayang masuk dalam kategori zona orange.

Sebagaimana yang disampaikan Gubernur Kalimantan Barat bahwa wilayah yang masih berstatus zona orange. Belum mendapat ijin melakukan kegiatan belajar tatap muka.

Keputusan Kabupaten Bengkayang menunda pembelajaran tatap muka pada 15 Februari 2021. Sebagaimana pernyataan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata.

“Pemerintah daerah telah memutuskan untuk mendunda kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka,” Ujar Gustian Andiwinata

Sementara terkait teknis Gubernur bersama organisasi perangkat daerah (OPD)  meminta agar Disdikbud. Setiap daerah mengkaji inovasi-inovasi baru dalam rangka menjaga serta mengedepankan mutu pendidikan di Kalimantan Barat selama masa pandemi berlangsung.

“Dalam hal ini kita dituntut untuk melakukan inovasi di masa COVID-19. Tentunya bergantung pada situasi dan kondisi di masing-masing daerah. Khususnya dalam penanganan di tiap-tiap zona oranye untuk tidak melakukan sekolah tatap muka. Terutama dalam menjalankan SKB 4 Menteri yang sampai saat ini tidak bisa kita laksanakan,” katanya.

Ia berharap kepada Bupati terpilih yang rencananya akan menjalani pelantikan pada 17 Februari 2021 untuk berani mengambil langkah. Pada dasarnya dalam aturan yang berlaku bahwa Bupati/Wali Kota boleh mengambil langkah. Asal tidak membuat situsi dan kondisi di tiap-tiap daerah menjadi zona orange.

Kemudian ia menambahkan bahwa untuk saat ini di Kabupaten Bengkayang, KBM tatap muka merupakan suatu kewajiban. Yang seharusnya terlaksana, khususnya untuk daerah-daerah terpencil.

Mengingat di beberapa daerah terpencil di Kabupaten Bengkayang masih banyak yang minim akan fasilitas. Untuk melakukan daring seperti sarana internet, alat-alat elektronik penunjang daring (laptop/handphone), dan listrik.

Kendala Belajar Daring Di Bengkayang

“Jadi itu jadi kendala sendiri karena kita keterbatasan internet, sarana handphone atau komputer. Bahkan di beberapa wilayah masih ada yang kesulitan listrik. Untuk itu kita berharap KBM tatap muka dapat segera terlaksana di Bengkayang. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak-anak yang di tempat tinggalnya tak memiliki fasilitas penunjang untuk belajar daring,” katanya.

Tentunya dalam KBM tatap muka harus terlaksana dengan mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku.

“Di mana kita harus menjamin agar wilayah kita tak masuk ke zona orange. Karena apabila hal itu terjadi tentu berbahaya bagi murid, tenaga pengajar, dan pihak-pihak lainnya,” demikian Gustian Andiwinata.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Bengkayang

Polres Bengkayang Tingkatkan Patroli di Wilayah Perairan Kalbar

Published

on

By

Polres Bengkayang Tingkatkan Patroli di Wilayah Perairan Kalbar

Gencil News- Kasat Polairud Polres Bengkayang Polda Kalbar, Ipda Ratnam mengatakan polres Bengkayang akan meningkatkan patroli dan memperketat wilayah perairan. Pada hari minggu (13/6/2021).

Hal ini dilaksanakan mengingat maraknya teror bajak laut yang terjadi pada Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara.

“Setiap hari anggota kami melakukan patroli di kawasan perairan yang menjadi wilayah hukum Polres Bengkayang,” tuturnya.

Langkah patroli ini juga sebagai pengoptimalan peran Polairud sebagai pengamanan kepada masyarakat yang berada di perairan sekitarnya.

“peningkatan patroli ini untuk mengoptimalkan peran Polairud dalam memelihara kamtibmas di perairan. Selain patroli ke wilayah perairan, tim Polairud juga mendatangi nelayan dan masyarakat yang sedang berada di perairan atau di laut,” ujarnya.

Sebelumnya kawanan bajak laut meneror nelayan yang berada pada Kepulauan Karimata, Kayong Utara. Bajak laut ini merampas hasil tangkapan ikan dan logistik perbekalan nelayan.

“Sampai saat ini selama dilakukan peningkatan patroli di perairan Bengkayang situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” pungkasnya.

Ia menambahkan bahwa peningkatan patroli juga dilaksanakan oleh personel untuk menyambangi masyarakat dan nelayan yang sedang berada di Perairan maupun yang berada di Pulau.

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

Polres Bengkayang, Polres Perbatasan Dengan Predikat Terbaik

Published

on

Polres Bengkayang, Polres Perbatasan Dengan Predikat Terbaik

Gencil News – Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma menerima penghargaan dari Kapolri sebagai Polres perbatasan dengan predikat terbaik pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri 2021, Selasa (8/6).

Kegiatan ini dibuka oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama Mabes Polri, yang dilakukan secara offline maupun online atau virtual dengan total peserta 1.136 orang.

Hal itu disampaikan Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto melalui Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go, Selasa (8/6).

Dikatakan Kabid Humas, Musrenbang Polri 2021 menjadi momentum yang tepat bagi Polri untuk melakukan konsolidasi guna memantapkan arah pembangunan Polri serta mendukung program pembangunan nasional dalam upaya pemulihan Ekonomi dan Reformasi struktual.

“Dengan pengharagaan ini jajaran Polres Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Malaysia dapat lebih siap lagi dalam memantapkan pembangunan Polri dan mendukung program Nasional dalam upaya pemulihan Ekonomi dan Reformasi struktual,” ungkap Donny.

Mantan Kapolres Sanggau ini pun berharap, dengan diterimanya Penghargaan sebagai Polres Perbatasan dengan predikat terbaik ITK (Indeks Tata Kelola), agar bisa memotivasi satker lain untuk berprestasi.

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

Wakil Bupati Bengkayang Menerima Dengan Baik Tiga Raperda

Published

on

By

Wakil Bengkayang Menerima Dengan Baik Tiga Raperda

Gencil News-Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal menerima dengan baik tiga perda inisiatif DPRD terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Pada hari Senin (7/6/2021).

Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik atas rancangan peraturan daerah yang sudah disetujui secara bersama-sama dari segala pihak. Baik dari Pemda Bengkayang ataupun DPRD Kabupaten Bengkayang.

“Kami menyambut baik atas inisiatif rancangan peraturan daerah ini. Karena apa yang dilakukan ini berdasarkan pengamatan DPRD sangat diperlukan dalam penertiban nama jalan serta produk-produk Bengkayang,” tuturnya

Wabup Syamsul menerangkan bahwa nama jalan ini penting dalam Raperda. Hal ini tidak semata-mata memberi nama jalan sesuai keinginan. Namun nama jalan ini sesuai akan prosedur serta aturan daerah.

“Demikian juga dengan nama-nama jalan ini. Sangat diperlukan nama yang jelas. Tidak diberi nama semau-maunya, Namun sesuai aturan yang telah ditetapkan,”ungkapnya.

Ia juga berterima kasih kepada DPRD dalam melakukan inisiatif ini. Ia berharap mampu diterapkan bersama agar Bengkayang bisa lebih lagi kedepannya.

“Apa yang dilakukan ini berdasarkan pengamatan DPRD yang sangat diperlukan. Terima kasih kepada DPRD atas inisiatif Perda. Kita semua  berharap agar bisa dilaksanakan dan diterapkan bersama sehingga Bengkayang jauh lebih baik ke depannya ” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

DPRD Bengkayang Sahkan Perda Bela dan Beli Produk Lokal

Published

on

By

DPRD Bengkayang Sahkan Perda Bela dan Beli Produk Lokal
Istimewa :DPRD Bengkayang Sahkan Perda Bela dan Beli Produk Lokal

Gencil News- DPRD Bengkayang sahkan raperda bela dan beli produk Bengkayang dalam upaya pemerintah untuk mendorong serta melindungi produk daerah.

Dengan adanya raperda ini diharapkan mampu membuat produk daerah agar bisa bersaing serta menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada produk lokal.

“Anggota DPRD Bengkayang melalui hak inisiatif atau hak untuk mengajukan usulan Raperda dan sudah dibahas serta disetujui dalam paripurna.  Saat ini ada tiga satu di antara Perda Bela dan Beli Produk Bengkayang,” tutur Nikolas, Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Bengkayang

Ketua Bapemperda DRPRD Kabupaten Bengkayang, Nikolas mengungkapkan Kabupaten Bengkayang menyimpan berbagai macam potensi sumber daya yang beragam. Maka ini dapat menjadi peluang agar bisa tersebut berkembang serta daya guna sebagai rangka mendorong kemajuan perekonomian daerah.

“Dengan hal itu gerakan bangga produk Bengkayang perlu terus digelorakan agar ke depan produk-produk lokal Bengkayang dapat menjadi kebutuhan yang strategis oleh berbagai kalangan masyarakat,” ujarnya

Melihat kondisi yang saat ini bela beli produk lokal perlu mendapat perhatian. Mengingat Kabupaten Bengkayang memiliki sumber daya alam dengan tanah yang subur serta kultur yang beragam.

“Sektor pertanian untuk saat ini memiliki peranan penting dalam perekonomian daerah. Ditambah dengan relief yang beragam. Mulai dari pegunungan hingga daerah pesisir pantai yang menjadikan kabupaten Begkayang kaya akan keanekaragaman sumber daya alam,”pungkasya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING