Personel Kodim Singkawang Kawal Distribusi Beras Bantuan di Desa Sungkung 3
Connect with us

Kabupaten Bengkayang

Personel Kodim Singkawang Kawal Distribusi Beras Bantuan di Desa Sungkung 3

Published

on

Personel Kodim 1202/Singkawang dibantu Prajurit Kompi Senapan (Kipan) C Yonif 645/Gardatama Yudha mengawal pendistribusian beras bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Desa Sungkung 3, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Dengan menggunakan kendaraan dinas, personel Babinsa Koramil 1202-09/Jagoi Babang dan Prajurit Kipan C Yonif 645/GTY mengawal distribusi beras bantuan bersama dengan Aparat Desa Sungkung 3. Distribusi dilakukan secara door to door ke rumah masyarakat penerima bantuan.

Kasdim 1202/Skw, Mayor Inf Suharmoko yang ikut turun langsung dalam kegiatan menjelaskan, untuk bisa sampai di wilayah Sungkung 3 beras bantuan tersebut sebelumnya diangkut menggunakan helikopter. Hal ini dikarenakan sulitnya akses jalan yang harus ditempuh.

“Hari ini kita melakukan pengawalan sekaligus membantu distribusi beras di Desa Sungkung 3. Sebanyak 340 Kg sudah tersalurkan kepada 17 KK tidak mampu, masing-masing KK menerima 20 Kg beras bantuan,” jelasnya.

Selanjutnya mengatakan, masih terdapat 113 KK masyarakat yang belum mendapat beras bantuan. Masih kurang sebanyak 2.260 Kg beras yang harus disalurkan kepada masyarakat.

“Untuk sisanya masih menunggu droping dari helly, karena untuk saat ini cuaca masih sering berubah-ubah jadi sementara helly belum bisa terbang,” ujar Mayor Inf Suharmoko.

Lanjutnya mengatakan, untuk besok rencananya mereka akan mendistribusikan beras untuk masyarakat Desa Sungkung 1 dan Desa Sungkung 2.

Untuk Desa Sungkung 1 menerima bantuan sebanyak 300 Kg untuk 15 KK/20 Kg dan Desa Sungkung 2 sebanyak 400 Kg untuk 20 KK/20 Kg. “Mudah-mudahan besok untuk Desa Sungkung 1 dan Desa Sungkung 2 dapat kita selesaikan seluruhnya,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Bengkayang

Puskesmas Non Rawat Inap Di bengkayang Resmi Dibuka

Published

on

By

Puskesmas Perbatasan Di bengkayang Resmi Dibuka

Gencil News – Puskesmas Perbatasan resmi dibuka untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat kecamatan Seluas, Bengkayang. Puskesmas ini merupakan Puskesmas non-rawat inap.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Yohaqnes Budiman meresmikan gedung Puskesmas non-rawat inap di Seluas. Hal ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan kualitas hidup terutama dari sisi kesehatan masyarakat di daerah perbatasan.

“Dengan resminya gedung dan sekaligus penyerahan sertifikat akreditasi yang telag melalui survei terlebih dahulu pada tahun 2019 lalu. Pelayanan kesehatan di Kecamatan seluas dapat lebih baik. Sehingga masyarakat dapat tertolong dengan ada nya puskesmas ini,” ujarnya

Yohanes berpesan kepada Kepala Puskesmas Seluas dan jajarannya agar memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada pasien. Ia meminta agar pelayanan Puskesmas harus sesuai dengan visi misi serta komitmen dari Puskesmas itu sendiri. Sehingga tidak terkesan pajangan dan simbolis semata.

“Saya pesankan kepada Kepala Puskesmas Seluas agar bagian depan berikan pelayanan yang terbaik dan ramah. Sehingga pasien yang datang setidaknya senang dengan pelayanan terbaik. Tidak lupa juga memajang visi dan misi Puskesmas serta komitmen. Tidak hanya sebagai simbolis semata bukti penerapan petugas yang bekerja di Puskesmas Seluas ini,” terangnya

Saat resmikan puskesman non rawat inap tersebut Yohanes mengingatkan agar senantiasa menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19, terkhusus di Kabupaten Bengkayang.

“Sudah menjadi tugas dan peran kita bersama mencegah dan mengendalikan serta memutus rantai wabah COVID-19,”ajak dia.

Sementara itu, Plt. Kepala Puskesmas Seluas, Gimin menyatakan dengan diresmikannya gedung Puskesmas non rawat inap tersebut. Nantinya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang berada di wilayah perbatasan.

“Dengan diresmikannya Seluas bisa mewujudkan masyarakat Kecamatan Seluas yang sehat dengan tekad peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat. Menghadirkan pelayanan kesehatan yang profesional, berkualitas, terjangkau, dan berkeadilan,” kata dia.

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

Kepala Sekolah Ikut DIKLAT agar Kuasai Teknologi Pada Era 4.0

Published

on

By

Kepala Sekolah Ikut DIKLAT agar Kuasai Teknologi Pada Era 4.0

Gencil News – Seluruh Kepala Sekolah Kabupaten Bengkayang ikut pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi kepala sekolah. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang mewajibkan kepala sekolah melek teknologi pada era 4.0.

Kepala Sekolah harus kuasai perkembangan teknologi pada era revolusi industri 4.0. Mengingat peran kepala sekolah sebagai penggerak bagi tenaga pengajar maupun siswa memang harus kuasai berbagai bidang.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat Gustian Andiwinata mengatakan bahwa kepala sekolah wajib menguasai teknologi terlebih pada era 4.0.

“Saatnya kepala sekolah saat ini selain harus inovatif juga wajib menguasai teknologi dalam mengisi era revolusi Industri 4.0,” ujar Gustian Sabtu (21/November/2020) Hotel Reppo, Bengkayang.

Selain itu ia menambahkan kepala sekolah juga harus mampu jadi penggerak peserta didik. Dengan merubah karakter, akhlak dan meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah yang ia pimpin.

“Saya berharap kepala sekolah bisa menciptakan sekolah merdeka untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik yang bermuara pada terwujudnya siswa berkarakter baik,” ujarnya

Dengan peran strategis kepala sekolah untuk menciptakan siswa berkarakter. Untuk itu Disdikbud Kabupaten Bengkayang menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi kepala sekolah.

Berdasarkan Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang kepala sekolah maka setiap kepala sekolah wajib memiliki STTPP Diklat calon kepala sekolah.

“Diklat penguatan tersebut terselenggara mengingat masih banyak kepala sekolah belum Diklat calon kepala sekolah. Maka minimal kepala sekolah mengikuti Diklat penguatan kepala sekolah terlebih dahulu,” jelasnya

Dalam Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 kepala sekolah mampu bekerja secara nyata dalam mengembangkan sekolah baik manajerial, kewirausahaan dan supervisi guru.

Continue Reading

Kabupaten Bengkayang

PDAM Bengkayang Menjadi Perumda Utamakan Pelayanan Masyarakat

Published

on

By

PDAM Bengkayang Menjadi Perumda Utamakan Pelayanan Masyarakat
Pj. Bupati Bengkayang menyampaikan Pendapat Akhir terhadap 4 Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkayang pada sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bengkayang

Gencil News – PDAM Bengkayang kini berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yang akan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bengkayang, Kalimantan Barat Wardi berkomitmen akan meningkatkan pelayanan.

Perubahan status badan hukum PDAM menjadi Perumda Tirta Bengkayang merupakan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Yang kemudian menjadi motivasi Direktur PDAM untuk meningkatkan efektivitas kinerja PDAM.

“Perubahan status nantinya juga sebagai langkah untuk meningkatkan efektivitas kinerja PDAM,”kata Wardi

Adanya perubahan status PDAM menjadi Perumda menurut Wardi akan berimplikasi pada sifat pelayanan perusahaan daerah tersebut  aset dan  pengelolaan serta manfaatnya.

Selain itu akan ada perubahan susunan organisasi dan sumber daya manusia. Termasuk juga tata cara pengangkatan pegawainya dan kecenderungan para pihak terhadap kelangsungan perusahaan daerah tersebut.

Ia menerangkan perlunya fokus pemerintah terhadap tujuan BUMD itu sendiri. Untuk memperoleh manfaat ekonomi, sosial dan manfaat lainnya bagi masyarakat daerah.

Menurutnya tujuan sebuah perusahaan daerah adalah berkaitan dengan tendensi perusahaan dalam menjalankan usahanya mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu juga turut serta melaksanakan pembangunan daerah khususnya pembangunan ekonomi nasional dalam menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Perubahan status PDAM Bengkayang menjadi Perumda ini tidak luput dari kerjasama Pemkab Bengkayang, DPRD Kabupaten Bengkayang Dewan Pengawas, Direktur, seluruh karyawan, Tim Raperda Air Minum Tirta Bengkayang, Ekbang, Bagian Hukum Set Bengkayang.

“Saya sebagai pimpinan sangat berterima kasih kepada semua elemen berkat kerja sama dan kerja Keras,” pungkasnya

Perubahan tersebut secara sah berdasarkan Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bengkayang menjadi PERDA bersama tiga Raperda lainnya.

Raperda yang bersamaan yang telah sah menjadi PERDA salah satunya tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah, tentang retribusi pelayanan tera ulang, dan tentang perubahan atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang perangkat desa.

Continue Reading

TRENDING