8 Personel Satpol PP Kapuas Hulu Dinyatakan Reaktif
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

8 Personel Satpol PP Kapuas Hulu Dinyatakan Reaktif

Published

on

Satuan Polisi  Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu melaksanakan pemeriksaan rapid test Covid-19.

Hasilnya, sebanyak delapan orang anggota dinyatakan reaktif.  Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Rupinus,S.Sos,M.Si  mengatakan, rapid test ini dilakukan bertahap.

Karena seluruh anggota  Satuan Polisi  Pamong Praja Kabupaten Kapuas Hulu  berjumlah 80 orang.

“Beberapa hari lalu sebanyak 20 anggota sudah menjalaninya. Hasilnya, ada delapan orang yang reaktif.

Hasil yang reaktif ini belum dapat dipastikan apakah itu virus corona. Sebab, bisa saja virus lain,soalnya masing masing mempunyai riwayat penyakit lain” ujarnya, (5/5/2020).

Kendati belum dipastikan terpapar  Covid-19 , lanjutnya, delapan personil Satuan Polisi  Pamong Praja kabupaten Kapuas Hulu ini tetap menjalani karantina / isolasi mandiri di rumah selama masa inkubasi dan nanti akan dilaksanakan tes kedua sesuai sop penangangan covid-19.

“Ini untuk mendeteksi kondisi anggota, sekaligus mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja,” imbuh Kasat Rupinus.

Dari ke  20 personel Sat Pol PP  yang mengikuti rapid test kemarin tersebut 12 hasilnya adalah Non Reaktif . Meski begitu, bukan berarti hasil test negatif ini mereka telah bebas.


Tapi kedepannya kita masih punya peluang dan kerawanan-kerawanan lain. Karenanya, semua anggota kita minta untuk tetap berhati-hati dan tetap mengikuti aturan yang ada.

Kita tetap bisa membantu warga dan tim gugus penanganan covid-19, dan memberi pemahaman kepada masyarakat terkait virus ini bukan aib. Karenanya masyarakat harus jujur,” jelasnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Fransiskus Ajak Semua Pihak Untuk Bisa Menjaga Lingkungan

Published

on

By

Bupati Fransiskus Ajak Semua Pihak Untuk Bisa Menjaga Lingkungan

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak semua pihak untuk bisa menjaga lingkungan agar tetap asri. Hal ini karena fenomena banjir yang terus terjadi yang melanda daerah Kapuas Hulu.

Ia menjelaskan bahwa bencana yang terjadi selain faktor alam. Faktor manusia juga menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Peristiwa banjir mengindikasikan bahwa daya dukung lingkungan mulai terganggu. Kita jaga alam, alam jaga kita merupakan motto yang kiranya masih tetap relevan untuk mengingatkan kita agar tetap hidup selaras dengan lingkungan,” kata bupati Fransiskus pada saat memberikan bantuan, pada hari (22/7/2021).

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan selalu bersama rakyat dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan yang ada.

Ia menegaskan kepada para Camat dan Kepala Desa pada wilayah yang terdampak bencana banjir. Ia berharap agar bisa untuk merespon secara cepat serta melaporkan secara akurat data kejadian banjir serta dokumentasi.

“Sampaikan kepada bupati melalui BPBD untuk mengetahui sejauh mana dampak yang terjadi untuk menentukan langkah-langkah cepat yang harus diambil,”ujarnya.

Bupati Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir

Ia juga menyalurkan bantuan kepada korban banjir pada Kecamatan Silat Hulu. Ia menjelaskan bahwa pada kecamatan Silat Hulu sendiri ada 12 desa yang terdampak banjir besar pada kali ini. Total desa pada se kabupaten Kapuas Hulu yang terdampak ada 56 desa.

Bupati fransiskus juga merasakan sedih serta prihatin atas musibah banjir saat ini yang menyebabkan kerugian harta benda yang tidak sedikit. Seperti kerusakan rumah, lahan pertanian, alat transportasi, perabot rumah tangga, fasilitas umum serta fasilitas publik lainnya.

Ia juga berharap agar para korban bisa tabah dalam menghadapi cobaan serta dapat segera bangkit dari keterpurukan ini dengan semangat.

“Kehadiran kami disini merupakan bentuk kepedulian, empati dan dukungan moral pemerintah kabupaten Kapuas Hulu terhadap warga kecamatan Silat Hulu yang terdampak banjir,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya juga membawa bantuan agar bisa sedikit meringankan beban para korban saat menghadapi masa yang sulit saat ini.

Selain itu bantuan tersebut antaranya beras bantuan dari Gubernur Kalimantan Barat melalui Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 10 ton.

Kemudian beras bantuan dari Pemerintah Daerah kapuas Hulu melalui Dinas Sosial sebanyak 8 ton lebih ada juga kopi serta sarden.

“Berikutnya bantuan dari Baznas kabupaten Kapuas Hulu berupa mie instan 160 dus, biskuit 30 dus,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya menyadari bantuan tersebut tidak cukup bila kita bandingkan dengan dengan angka kerugian atau kerusakan akibat banjir. Tetapi inilah yang dapat Pemkab Kapuas Hulu bisa perbuat untuk saat ini.

Bantuan tersebut jangan lihat dari harganya. Tetapi ini adalah merupakan bentuk kepedulian, kepekaan serta niat tulus Pemerintah untuk sedikit meringankan beban korban dalam menghadapi dampak pasca banjir ini,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Idul Adha 2021, Pemda Kapuas Hulu Terbitkan SE Bupati

Published

on

By

Idul Adha Didepan Mata, Pemda Kapuas Hulu Terbitkan SE Bupati

Gencil News- Pada masa pandemi covid-19 Hari Raya Idul Adha kali ini dirayakan dengan menerapkan beberapa aturan yang sudah pemerintah terapkan demi memutus penyebaran virus corona.

Untuk Iduladha tahun ini, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menjelaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu sudah mengeluarkan Surat Edaran Bupati mengenai petunjuk teknis penyelenggaraan malam takbir, shalat Idul Adha serta Pelaksanaan Qurban. Pada hari Kamis (15/7/2021).

Dengan begini masyarakat bisa melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan yang ada .

“Surat edaran itu sudah kita sampaikan ke pihak terkait. Ini sebagai panduan saja,” kata Wahyudi

Ia mengungkapkan bahwa untuk ibadah Idul Adha harus umat Muslim jalankan. Akan tetapi untuk saat ini aspek kesehatan juga tidak bisa kita tinggalkan.

“Ibadah tetap, kesehatan juga. Mari kita jaga imunitas kita agar bisa menjalankan ibadah di Idul Adha nanti dengan baik,” tuturnya.

Wabup Wahyudi juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa terus menerapkan prokes bila beraktifitas. Caranya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas pada daerah yang rawan akan penularan.

“Mari kita saling bekerjasama menjaga diri dan keluarga kita. Kita juga berdoa agar pandemi Covid19 segera berakhir di Kapuas Hulu,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Wabup Wahyudi Sebut Pemda Akan Segera Melakukan Pendataan

Published

on

By

Wabup Wahyudi Sebut Pemda Akan Segera Melakukan Pendataan

Gencil News- Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyebut bahwa Pemda akan segera melakukan pendataan melalui BPBD serta melakukan penanganan pada lokasi yang membutuhkan bantuan bencana.

Hal ini perlu dilakukan agar bisa sigap dalam menangani bencana yang terjadi. Seperti halnya banjir yang membuat daerah kapuas hulu menjadi tergenang, pada hari Rabu (14/7/2021).

Wabup Wahyudi mengingatkan kepada masyarakat Kapuas Hulu agar bisa selalu waspada serta siaga terhadap banjir yang melanda.

Untuk masyarakat pada lokasi rawan harus bisa mempersiapkan diri terhadap cuaca yang saat ini tidak menentu.

“Kami selaku pemerintah daerah menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan siaga,” kata Wahyudi.

Ia juga menyapa kepada warga yang rumahnya terendam banjir serta menyampaikan keprihatinannya.

“Warga yang terdampak banjir harus tetap optimis, ini bencana yang tidak terduga karena hujan yang intensitasnya tinggi,” tuturnya.

Dari informasi yang ada banjir kali ini memutus akses darat dari Kabupaten Kapuas Hulu ke Kabupaten Sintang. Banjir juga ikut menggenangi akses dari kecamatan Pengkadan ke Kecamatan Jongkong.

Ia berharap agar kejadian ini bisa segera selesai dengan waktu dekat.

“Kita berharap banjir ini tidak berangsur lama,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Kapuas Hulu Terendam Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa

Published

on

By

Kapuas Hulu Terendam Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa
Banjir Di empat desa Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar

Gencil News – Hujan deras dan angin kencang melanda beberapa daerah yang ada di Kalimantan Barat. Cuaca ektream ini mulai sejak Selasa 13 Juli 2021 sore hingga 14 Juli 2021 disertai angin kencang.

Sejumlah daerah dengan dataran rendah mengalami banjir, sementara daerah yang memiliki perbukitan sempat terjadi longsor.

Kali ini warga Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat terendam banjir setinggi dada orang dewasa.

Di Kecamatan Hulu Gurung ini setidaknya terdapat empat kecamatan yang terendam banjir. Salah satunya akses jalan nasional yaitu Desa Sejahtera Mandiri yang mengakibatkan sejumlah kendaraan tidak dapat melintas.

Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan air sungai di daerah ini meluap hingga merendam pemukiman warga setinggi 2 meter.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengungkapkan bahwa Wakil Bupati Kapuas Hulu telah meninjau langsung lokasi banjir dan akan segera melakukan evakuasi terhadap korban banjir.

“Tim gabungan sudah menuju lokasi dan akan melakukan monitoring serta evakuasi,” ujar Gunawan Rabu (14/07/2021)

Ia menghimbau agar masyarakat yang terdampak tidak panik dan tetap waspada mengingat curah hujan yang masih melanda desa tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk waspada bencana alam. Karena saat ini curah hujan masih tinggi,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING