Anggaran Penanganan Sampah Di Kapuas Hulu Sebesar Rp100 Juta
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Anggaran Penanganan Sampah Di Kapuas Hulu Sebesar Rp100 Juta

Published

on

Anggaran Penanganan Sampah Di Kapuas Hulu Sebesar Rp100 Juta

Gencil News- Keluhan masyarakat mengenai tumpukan sampah yang berada disamping jalan Raya Lintas utara sudah mendekati jalan dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Hal ini langsung ditanggapi oleh Kabid Persampahan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, M. Sudirman yang mengatakan bahwa mengenai pengelolaan sampah. Sementara ini pihaknya harus menjalankan seperti pola sebelumnya. Yakni mendorong sampah-sampah tersebut ke belakang.

“Untuk penanganan sampah di TPA sementara ini kita dorong ke belakang, alhamdulillah pada tahun ini di APBD perubahan, ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, kurang lebih sekitar Rp 100an juta,”kata Sudirman. Pada Kamis (04/11/2021).

Ia mengungkapkan bahwa semoga pada pertengahan bulan ini sampah-sampah yang berada di TPA akan pihaknya dorong ke belakang.

Baca juga   Bupati Fransiskus Himbau Kepala Desa Untuk Mengelola Keuangan Desa

Yang mana nantinya pekerjaan ini akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Ia mengharapkan pada pertengahan Desember 2-21 nanti sudah tertib dan tertata semuanya pada TPA Sibau Hulu.

“Sambil kita menunggu TPA yang merupakan bantuan dari pusat, insyaallah akan dibangun tahun 2022, di kecamatan Kalis,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa sampah yang beada pada TPA di Desa Sibau hilir Kecamatan Putussibau Utara akan didorong ke belakang. Sebab tidak punya lokasi lain selain yang ada di situ.

“Kalau memang ada lokasi lain selain di situ mungkin akan kita alokasikan ke tempat lain,” pungkasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

Banjir Masih Ada, Pemerintah Kapuas Hulu Maksimalkan Data Korban

Published

on

By

Banjir Masih Ada, Pemerintah Kapuas Hulu Maksimalkan Data Korban
Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini (Foto: Humas Kapuas Hulu)

Gencil News- Kini pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sedang berusaha untuk memperoleh data yang akurat mengenai korban banjir.

Ini dilaksanakan agar memastikan bantuan bisa diberikan kepada seluruh korban banjir. Yang mana hal ini juga terkait dengan ketersediaan layanan atau posko kesehatan.

Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini menjelaskan bahwa pihaknya sudah meminta pemerintah kecamatan dan desa agar bisa mengupdate data-data penerima bantuan.

Ini dilakukan agar semua yang terdampak banjir dapat terdata, sehingga dapat dilaksanakan langkah-langkah yang tepat dalam penyaluran bantuan.

“Jangan sampai ada permasalahan kemudian hari, misalkan ada yang doble menerimanya sementara ada yang terdampak tapi tidak dapat. Ini yang tidak kita inginkan,” jelas Zaini.

Baca juga   Wujudkan Desa Mandiri di Kalbar, Kodam XII/Tpr Siap Bersinergi

Ia mengungkapkan bahwa ketegasan ini dilaksanakan agar pemerintah kecamatan aktif dalam membantu penanganan korban banjir pada masing-masing kecamatan.

Yang mana kemudian nantinya pasca banjir tentu ada dampak bagi kesehatan masyarakat.

“Maka dari pimpinan juga sudah mengarahkan agar Dinas Kesehatan bergerak membantu masyarakat yang sakit pasca banjir,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa dalam upaya antisipasi kejadian banjir, tentu pihak OPD teknis yang terkait khususnya BPBD membutuhkan dukungan sarana serta pra sarana.

“Sebab kalau dari daerah anggaran sangat terbatas terutama untuk penanganan Covid-19. Maka dari itu dukungan dari Pusat dan Provinsi sangat diharapkan. Maka kemaren sudah diarahkan untuk membuat usulan kesana,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Serahkan Bantuan, GOW Kapuas Hulu Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan

Published

on

By

Serahkan Bantuan, GOW Kapuas Hulu Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan

Gencil News- Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kapuas Hulu, Via Octaria Wahyudi menyerahkan bantuan kepada beberapa sekolah di Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan

Bantuan ini merupakan aksi nyata untuk menyadarkan generasi muda agar bisa mencintai lingkungan. Ini selaras dengan Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan Kabupaten konservas

“Bantuan ini merupakan program bidang lingkungan hidup dan pariwisata di GOW Kapuas Hulu,”kata Via. Pada hari Kamis (28/10/2021))

Ia memaparkan bahwa bantuan kali ini berupa tempat sampah, tanaman hias serta tanaman produktif. Bantuan ini diserahkan kepada tiga sekolah yakni SD 24 Sungai Uluk, Kecamatan Putussibau Selatan juga SD 009, Sibau Hulu dan SD 005 Mupa di Kecamatan Putussibau Utara.

Baca juga   Menuju Pengesahan RUU Ciptaker 8 oktober diparipurna

“Kami berharap dengan bantuan ini dapat mengajarkan kepada para pelajar untuk lebih mencintai lingkungan, lingkungan yang bersih juga memberikan suasana belajar yang baik bagi anak-anak,” paparnya

Tutupnya, Ja mengajak kepada masyarakat Kapuas Hulu untuk bisa ikut serta dalam melestarikan lingkungan hidup. Sebab pelestarian ini sangat penting bagi generasi selanjutnya. Agar mereka bisa menikmati kehidupan yang asri di Kapuas Hulu

“Kelestarian lingkungan hidup akan memberi kita tempat yang nyaman,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Wahyudi: Penghulu Dan Penyuluh Agama Bisa Sejalan Dengan Pemda

Published

on

By

Wahyudi: Penghulu Dan Penyuluh Agama Bisa Sejalan Dengan Pemda

Gencil News- Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengharapkan agar penghulu dan penyuluh agama bisa dapat sejalan dengan Pemda Kapuas Hulu

Hal ini terkhusus dalam membina masyarakat mengenai program pemerintah. Baik itu dari sisi keagamaan maupun sisi lainnya

“Saya berharap dan minta tolong dengan bapak penghulu dan penyuluh agama agar kedepan terus bangun koordinasi dengan semua pihak untuk sukseskan program dan kegiatan. Mereka adalah panutan, ucapannya didengar masyarakat,” kata Wahyu. Saat menghadiri acara pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) dan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kapuas Hulu masa bhakti 2021-2025 di gedung MABM Kapuas Hulu. Pada hari Senin (25/10/2021).

Baca juga   Pandemi Belum Juga Berakhir, Wahyudi Intruksikan Seluruh Kepala Desa

Ia menerangkan bahwa peran penghulu serta penyuluh agama sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

“Sebab itu saya minta bantu agar melayani dengan baik dan ikhlas masyarakat kita di Kapuas Hulu ini,” ujarnya.

Ia mengajak kepada penyulu agama untuk bisa melakukan pembinaan keagamaan sesuai dengan perkembangan zaman. Seperti dengan memanfaatkan plat form digital yang ada

“Kegiatan penyuluh agama perlu dilakukan dengan baik sesuai perkembangan teknologi. Penyuluhan dapat kedepankan aspek keagamaan dalam membina kaum milenial,” tuturnya

Baca juga   Puskemas Suhaid Kapuas Hulu Perketat Pengawasan Bagi Pendatang

Ketua Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Yusuf mengungkapkan bahwa penghulu kedepannya harus mengedepankan wawasan serta profesionalitas dalam berkerja. Yang mana APRI merupakan wadah penghulu dalam memperjuangkan aspirasinya.

“Semoga penghulu bisa berkarya mewujudkan citra dan membawa marwah yang baik bagi Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu,” ungkap Yusuf

Prinsip APRI

Yang mana, Ia menjelaskan bahwa APRI Kapuas Hulu punya prinsip sendiri. Pertama bersinergi dengan seluruh organisasi termasuk pemerintahan, kedua bersatu dalam paham pendapat dan kebijakan dalam pelayanan, ketiga bersemangat apapun kondisi dan tantangan dilapangan, keempat hebat dalam artian mendukung visi misi Kepala Daerah Kapuas Hulu. Serta yang terakhir APRI tetap mengedepankan kata ‘SAH’ artinya menolak pernikahan ilegal harus sesuai perundang-undangan berlaku.

Baca juga   BKPSDM Kabupaten Kapuas Sosialiasikan Pembinaan Disiplin ke ASN

“Ini prinsip APRI Kapuas Hulu,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Kunker Ke Kapuas Hulu, Bupati Perdie: Banyak Potensi DI Perbatasan

Published

on

By

Kunker Ke Kapuas Hulu, Bupati Perdie: Banyak Potensi DI Perbatasan
Kunker Ke Kapuas Hulu, Bupati Perdie: Banyak Potensi DI Perbatasan/Humas Kapuas Hulu

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyambut rombongan Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph beserta rombongan. Kedatang pemerintah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalteng ini untuk melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Hairudin beserta jajaran Pemda Kapuas Hulu. Dalam pertemuan ini penerapan protokol kesehatan juga sangat ketat

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa Murung Raya sendiri berbatasan dengan Kapuas Hulu. Yang mana akses terdekat untuk kesana adalah Kecamatan kalis.

“Akses ke Murung Raya yang mudah itu dari Rantau Bumbun, ini masih ada 40 km yang perlu dibangun agar dari Kapuas Hulu bisa ke Murung Raya,” kata Fransiskus. Di Gedung DPRD Kapuas Hulu. pada hari Rabu (20/10/2021).

Baca juga   Garuda Energi Logistik Komersial Menuju Persiapan Likuidasi

Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat, Rabu (20/10/2021).

Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph menjelaskan bahwa pihaknya berkunjung ke Kapuas Hulu sebab dekatnya lokasi dengan Murung Raya

Ini merupakan hasil kerinduannya sejak tujuh tahun lalu. Barulah setelah ia menjadi Bupati pada dua periode baru ini ia bisa ke Kapuas Hulu kembali

“Puas hati saya ke sini. Kami berharap ada kunjungan balasan dari Bupati Kapuas Hulu,” ujar Perdie

Baca juga   Leave and Goodbye Hasil Kontemplasi Lewat Musik dari Titi Radjo Padma

Ia mengungkapkan bahwa ia menargetkan tapal batas antara daerah tetangga sudah selesai pada masa jabatannya sebagai bupati.

Sebagai informasi, bahwa Murung Raya merupakan pemekaran dari Barito Utara

“Kecamatan Seribu Rial di Murung Raya berbatasan dengan Kecamatan Kalis, Kapuas Hulu. Jadi saya mengajak, mari sama-sama kita anggarkan untuk tim khusus memasang patok sebanyak 24 pilar pada perbatasan Murung Raya dan Kapuas Hulu,” ungkapnya

Tutupnya, Ia mengajak Kapuas Hulu dan Murung Raya bisa sama-sama mengembangkan potensi daerah

“Potensi di batas kabupaten kita itu banyak, mari kita kembangkan. Kami juga sangat mengapresiasi kerjasama yang baik dengan Kapuas Hulu,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING