Kabupaten Kapuas Hulu

Atap Rumah Betang di Kapuas Hulu Melayang Akibat Angin Puting Beliung

BPBD Kapuas Hulu menyerahkan bantuan kepada pemilik rumah betang yang terkena angin puting beliung (Dok. Prokopim)

Gencil News – Angin puting beliung yang terjadi pada Jumat 18 November 2022 lalu merusak salah satu rumah bentang di Desa Sibau Hilir kabupaten Kapuas Hulu. Rumah Betang tersebut adalah betang Baliang Emas di RT 08 Desa Sibau Hilir.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan menerangkan ada 4 bilik di rumah betang itu yang atapnya terlepas dan melayang.

“Informasi dari warga, kejadian itu sekitar Pukul 19.00 wib. Ada 4 bilik di rumah betang itu yang atapnya terlepas dan melayang oleh kuatnya angin puting beliung,” papar Gunawan.

Gunawan menuturkan tidak ada korban jiwa dari bencana puting beliung ini. Pihaknya juga langsung menyerahkan bantuan kepada pemilik rumah Betang yang terdampak angin puting beliung.

Baca juga   Sebanyak 2.984 Unit Rumah Terdampak Banjir di Kapuas Hulu

“Setelah tahu kejadian itu, esok harinya kami dari BPBD meninjau langsung lokasi kejadian sekaligus menyerahkan sejumlah uang dan logistik pada korban. Bantuan diterima oleh Kades Desa Sibau Hilir,” ujar Gunawan

Gunawan menjelaskan bahwa bantuan dari Pemda memang tidak seberapa dibanding dengan kerugian yang dialami oleh warga Sibau Hilir. Namun pemerintah daerah melalui BPBD tetap hadir disaat warga mengalami musibah.

Baca juga   Edi Kamtono Imbangi Percepatan Vaksinasi dan Pemulihan Ekonomi

“Semoga bantuan bisa sedikit meringankan beban warga yang mengalami musibah tersebut,” ucapnya.

Gunawan menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan siaga dalam menghadapi situasi sekarang ini. Apalagi ada bencana banjir di beberapa kecamatan.

“Kami juga menghimbau agar masyarakat waspada dan menjauhi daerah-daerah yang rawan banjir, puting beliung dan tanah longsor. Segera menyampaikan informasi kepada BPBD bilamana terjadi musibah atau bencana,” tuntas Gunawan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top