Kabupaten Kapuas Hulu

Banjir di Kapuas Hulu Merendam Bangunan Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Sudarso meninjau Puskesmas Selimbau yang terendam banjir (dok. prokopim)

Gencil News – Debit air sungai Kapuas di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu naik. Hal ini karena sekitar sebulan terakhir, intensitas curah hujan hampir merata di sebagian besar wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Hal tersebut kemudian menyebabkan banjir di Kecamatan pesisir, salah satunya Kecamatan Selimbau.

Banjir merendam pemukiman warga, jalan dan fasilitas umum yang ada di Kecamatan Selimbau, termasuk Puskesmas Selimbau juga masih terdampak banjir hingga saat ini.

Atas dampak bencana banjir yang melanda tersebut, menyebabkan aktivitas pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Selimbau sedikit terganggu.

Untuk memastikan kondisi terkini banjir yang merendam bangunan Puskesmas Selimbau, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu Sudarso turun langsung meninjau ke lapangan, Rabu (23/11/2022) kemarin.

Baca juga   BPBD Kapuas Hulu Himbau Warga Waspada Bencana

“Hari ini saya turun langsung meninjau banjir yang merendam bangunan Puskesmas Selimbau, kondisi genangan air cukup tinggi di lantai bangunan Puskesmas tersebut, sehingga menyebabkan pelayanan terhenti sementara waktu ini,” kata Kadinkes PP dan KB Kapuas Hulu ini.

Untuk itu kata Sudarso, solusi agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Selimbau tetap berjalan, maka dilakukan pemindahan lokasi pelayanan kesehatan sementara ke daerah aman dari banjir.

“Pelayanan kesehatan Puskesmas Selimbau yang terdampak banjir saat ini dilaksanakan ke pos kesehatan Mungguk Batu, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari tenaga kesehatan,” pungkas Sudarso.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top