Bupati Fransiskus Buka Kegiatan Pelatihan Perkoperasian
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Fransiskus Buka Kegiatan Pelatihan Perkoperasian

Published

on

Bupati Fransiskus Buka Kegiatan Pelatihan Perkoperasian

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka kegiatan pelatihan perkoperasian. Dalam menyusun pelaporan keuangan yang dinas koperasi, UKM serta Perdagangan Kapuas Hulu selanggarakan. Pada hari Senin (6/9/2021).

“Saya menyambut baik program pelatihan yang diselenggarakan dinas koperasi, usaha kecil menengah dan perdagangan kabupaten kapuas hulu ini. Karena sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu periode 2021-2024,” kata Fransiskus

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berupaya dengan semaksimal mungkin untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Adanya dana alokasi khusus non fisik dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia tahun anggaran 2021 sangat membantu. Dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas serta fungsi pembinaan koperasi serta usaha mikro yang ada pada Kapuas Hulu.

Ia juga menegaskan bahwa laporan keuangan koperasi sangat berkaitan dengan akuntansi. Sehingga para pengurus koperasi. Khususnya bendahara yang memang harus bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasannya mengenai keuangan koperasi serta akuntansi koperasi.

Apalagi dengan kemajuan teknologi, Ia menjelaskan bahwa saat ini penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan laporan keuangan tidak bisa untuk kita hindarkan lagi.

“Kita harus memutuskan, untuk maju, ataukah tetap dengan kondisi stagnan yang membuat kita akan semakin tertinggal dari kemajuan jaman,” ujarnya.

Sebab ia menjelaskan bahwa usaha yang berjalan oleh koperasi dengan baik dan tertib perlu menerapkan prinsip transparansi serta akuntabilitas dalam penyajian laporan keuangan serta bisa untuk dipertanggungjawabkan.

Dengan begitu maka penyusunan laporan keuangan kopeasi harys bisa berpedoman pada prisip-prinsip koperasi serta perkembangan standar akuntansi keuangan yang berlaku.

Bupati Fransiskus memaparkan bahwa saat ini ada 297 koperasi pada kabupaten Kapuas Hulu baru ada 96 koperasi yang berstatus aktif. Sedangkan untuk 161 koperasi berstatus tidak aktif.

“Saya berharap melalui pelatihan penyusunan laporan keuangan koperasi ini, akan semakin menambah jumlah koperasi aktif di kabupaten Kapuas Hulu. Koperasi aktif membantu perekonomian masyarakat,” paparnya.

Pesan Bupati

Tutupnya, Ia berpesan kepada para peserta pelatihan untuk bisa mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.

“Peserta harus menggali sebanyak mungkin ilmu dan pengetahuan dari para narasumber, serta dapat mengimplementasi hasil pelatihan ini di koperasinya masing-masing,” pungkasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Fransiskus Sampaikan Nota Pengantar Raperda Perubahan APBD

Published

on

By

Bupati Fransiskus Sampaikan Nota Pengantar Raperda Perubahan APBD

Gencil News- Bupati Kapuas Hulua, Fransiskus Diaan menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD Kapuas Hulu. Tahun anggaran 2021 ke DPRD Kapuas Hulu. Pada hari Selasa (21/9/2021).

Terkait perubahan APBD Kapuas Hulu tahun 2021 ini. Pada anggaran pendapatan bertambah sebesar Rp45 miliar lebih. Yang mana sebelumnya berjumlah Rp1.707 miliar (APBD murni) jadi Rp1.752 miliar (APBD perubahan).

Sedangkan, untuk Anggaran Belaja bertambah Rp53 miliar lebih yang sebelumnya Rp1.727 (APBD Murni) jadi Rp1.800 miliar (APBD Perubahan).

“Peningkatan Anggaran Pendapatan sebesar Rp45 miliar ini karena adanya Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran), Bantuan dari Pemprov Kalbar. Serta bagi hasil pajak dan beberapa sektor pendapatan lain,”kata Fransiskus

Kemudian, Ia memaparkan bahwa terkait penambahan Anggaran Belanja Rp 53 Miliar itu diantaranya digunakan untuk pembayaran insentif tenaga medis. Serta pembangunan lanjutan gedung RSUD dr.Achmad Diponegoro Putussibau.

“Hal yang utama dalam perubahan APBD ini, dari sisi Anggaran Belanja, kami ikut arahan dari Pemerintah Pusat yakni terkait insentif tenaga medis yang menangani Covid-19,”ujarnya

Mengenai anggaran belanja yang cukup besar, Ia mengungkapkan bahwa selain untuk insentif tenaga medis anggaran belanja tersebut digunakan untuk pembangunan RSUD yang tahun depan sudah bisa untuk beroperasi.

“Seperti PLN-nya harus kita selesaikan tahun ini, jadi tahun depan bisa digunakan,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Wahyudi Jelaskan Pengaruh Globalisasi Terhadap Moral Generasi Muda

Published

on

By

Wahyudi Jelaskan Pengaruh Globalisasi Terhadap Moral Generasi Muda

Gencil News- Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menjelaskan mengenai pengaruh globalisasi yang berdampak pada kemerosotan moral bagi generasi muda Islam.

“Jadi tak kalah pentingnya lagi dalam membentengi anak-anak kita dari arus globalisasi dan kemerosotan moral saat ini adalah antarkan mereka ke sekolah-sekolah agama, sekolah pesantren dan pondok-pondok tahfidz pada wilayah kita,”kata Wahyudi. Pada hari Senin (20/9/2021)

Maka dari itu, Ia mengajak kepada seluruh umat muslim di Kapuas Hulu. Agar dapat menghidupkan kembali tradisi budaya maghrib mengaji pada masjid-masjid serta surau-surau.

“Mengapa harus hidup lagi. Agar orangtua dan anak-anak bersama-sama untuk membaca Al-Qur’an setiap hari, minimal satu hari satu halaman Al-Qur’an,”ujarnya

Salah satunya juga dengan mengadakan Khataman Al-Qur’an. Dengan begitu pastinya minat baca Al-Qur’an pada masyarakat dan anak lebih bertumbuh kembang

“Pastinya pemerintah daerah Kapuas Hulu, menyambut baik dengan diselenggarakannya Khataman Alquran ini,” tuturnya

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca Al-Qur’an pada kalangan masyarakat terutama anak-anak. Sehingga program pemerintah untuk membumikan Al-Qur’an bisa terwujud.

“Kami sangat mengapresiasi kepada para Guru Pendidik , Ustadz dan Ustadzah yang secara serius dan konsisten dalam membina para santri pembaca Alquran,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Fransiskus Himbau Kepala Desa Untuk Mengelola Keuangan Desa

Published

on

By

Bupati Fransiskus Himbau Kepala Desa Untuk Mengelola Keuangan Desa

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Kades, Aparatur desa serta BPD. Pada hari Selasa (14/9/2021).

Bupati Fransiskus meminta agar peserta yang mengikuti bimtek bisa mendengarkan secara baik atas apa yang menjadi arahan dari para narasumber.

“Karena ini berkaitan dengan pengelolaan dana – dana desa,” kata Fransiskus

Ia menjelaskan bahwa belakangan ini sering terjadi kesalahan atau masalah administasi. Maka dari itu ia berharap dengan adanya bimtek ini bisa bermanfaat dalam membantu para perangkat desa.

“Khususnya dalam mengelola keuangan desa itu sendiri,” ujarnya.

Ia menghimbau agar Kepala Desa bisa mengedepankan pembangunan sesuai dengan visi misi daerah Kapuas Hulu saat ini.

“Kita wujudkan bersama Kapuas Hulu yang harmonis enerjik berdaya saing amanah dan terampil,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Fransiskus Lakukan Kunjungan Kerja Ke Benua Martinus

Published

on

By

Bupati Fransiskus Lakukan Kunjungan Kerja Ke Benua Martinus

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melakukan kunjungan kerja ke Benua Martinus Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu. Pada hari Rabu (8/9/2021).

Ia meninjau langsung pembangunan ruas jalan Apan-Ulak Pauk. Yang mana pekerjaannya kini sudah selesai 100 persen.

“Pekerjaannya saat ini sudah selesai tinggal nanti kita lakukan peningkatan yang lebih lanjut,” kata Fransiskus

Pada perencanaan mengenai peningkatan infrastruktur jalan pada Kapuas Hulu dari Bina marga sudah melakukan pemetaan serta sudah merencanakan. Dengan berapa kebutuhan anggaran yang digunakan dallam membangun ruas jalan yang berada pada Kapuas Hulu

“Jadi kita tinggal menyesuaikan dengan angaran,”ujarnya

Tutupnya, Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah inginkan satu tahu selesai untuk semua pembangunan jalan yang berada pada Kapuas Hulu.

Namun keterbatasan anggaran membuat pemerintah harus memilih mana yang betul-betul menjadi prioritas yang masyarakat gunakan.

“Kita bersyukur di kecamatan Embaloh Hulu ini, setiap tahun mendapat perhatian dari pemerintah ada pembangunan – pembangunan jalan walaupun tidak panjang tetapi itu sudah cukup membantu masyarakat,” pungkasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING