Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Ibu Hamil Enggan Melahirkan di Faskes, Puskesmas Bunut Hilir Lakukan Penjemputan

Published

on

Puskesmas Bunut Hilir terpaksa harus menjemput seorang ibu hamil di Desa Empangau Kecamatan Bunut Hilir yang hendak melahirkan dalam waktu dekat ini, kegiatan pejemputan dilaksankan, Senin ,(30/3/2020), lantaran yang bersangkutan enggan melahirkan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Bunut Hilir. 

Selain menjemput ibu hamil tersebut, Kepala Puskesmas beserta unsur pimpinan Kecamatan setempat juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar mau melahirkan di Faskes.

“Kita terus memaksimalkan upaya agar seluruh persalinan harus dilaksanakan di faskes dan menghindari persalinan dukun,” ungkap Kepala Puskesmas Bunut Hilir.

Dilaksanakannya upaya itu kata dia, karena berdasarkan informasi dari bidan desa, bahwa ada seorang ibu hamil tidak mau melakukan persalinan di faskes. 

“Harapan kami kedepannya memohon kerjasama dengan seluruh perangkat desa agar persalinan bisa dilaksanakan di faskes,” tegas Kapus Bunut Hilir ini.

Karenanya ia mengingatkan, terutama Ibu hamil yang sudah cukup bulan, agar semua dapat melakukan persalinan di faskes. 

Ditambahkan Bidan koordinator Puskemas menjelakan, standar persalinan memang harus dilakukan di puskesmas, mengingat ibu hamil ini mempunyai resiko. 

“Berdasarkan laporan hasil USG tanggal 28 Maret 2020, bahwa pasien ini harus di observasi di RTK Puskesmas Bunut Hilir sejak tanggal 29 Maret 2020 dan apabila pasien ini belum melahirkan sampai tanggal 04 April 2020 maka pasien ini harus di rujuk ke Putussibau,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Bunut Hilir memohon agar ibu hamil ini bersalin ke Puskesmas, karena pihak kecamatan siap memfasilitasi kendaraan untuk membawa ibu hamil itu.

“Hari ini karena kami sudah menyiapkan speed untuk membawa ibu hamil ini ke puskesmas. Hal ini kami lakukan karena di takutkan ada masalah jika di laksanakan persalinan di rumah,” ungkap Camat Bunut Hilir.

Camat berupaya memberikan pemahaman bahwa, terkait dengan persalinan ini bukan hanya masalah di keluarga, tetapi akan menjadi masalah pada pemerintah daerah, kecamatan sampai ke desa.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Bunut Hilir mengatakan, kehadiran unsur pimpinan kecamatan ke desa sebagai wujud kepedulian terhadap ibu hamil yang hendak bersalin itu.

“Kami datang kesini karena kami peduli terhadap keselamatan ibu hamil dan bayi. Hal ini akan terus kami lakukan untuk menghindari persalinan dukun,” ucap Kapolsek.

Turut hadir Danramil Bunut Hilir, Sekcam, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Bunut Hilir, Kepala Desa Empangau Hulu, Kepala Desa Empangau Hilir dan Bidan koordinator Puskesmas, petugas kesehatan setempat serta masyarakat dan keluarga pasien. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk

Published

on

Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk
Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk - Foto : Pemkab Kapuas Hulu

GENCIL NEWS – PEMKAB KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, A.M. Nasir, S.H secara langsung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kepada Masyarakat Desa Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu, Rabu (1/7/2020) siang.

Bantuan yang diberikan pada tahap ini disalurkan kepada 88 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah Rp 600.000/KK.

BLT DD yang disalurkan merupakan bantuan yang diberikan kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19, serta berdasarkan hasil pemantauan dan perhitungan serta musyawarah oleh Pemerintah Desa.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan bahwa penyaluran BLT DD harus sesuai dengan standar dan data yang berasal dari Pemerintah Pusat.

Data tersebut hendaknya dapat sejalan dengan data di desa yang lebih mengetahui kondisi masyarakat di desanya sendiri, sehingga tepat sasaran pada yang membutuhkan.

“Bantuan yang paling valid adalah bantuan yang berasal dari desa karena mereka yang benar-benar mengetahui keadaan desa,” tegas Bupati.

Bupati berharap BLT DD di desa Temunyuk tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat. Disamping itu bantuan yang diberikan juga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang mendapatkan. “Kami berharap BLT DD ini benar-benar diberikan kepada yang membutuhkan,” tuturnya.

Selain terkait BLT DD, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat di kecamatan Bunut Hulu agar menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan masker, hand sanitizer, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan upayakan menghindari kerumunan.

Hal tersebut harus terus dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19.”Pada masa new normal sekarang ini masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas,” tuntasnya.

Dalam kegiatan penyaluran BLT DD di desa Temuyuk kecamatan Bunut Hulu hadir Anggota DPD RI, Erlinawati, Wakil Ketua DPRD KH Razali, para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Camat serta Forkopimcam Bunut Hulu. (yohanes/Humpro Setda-KH).

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

DinKes Kapuas Hulu Tingkatkan Pertolongan Persalinan Normal

Published

on

Pelayanan pada ibu hamil, bersalin beserta bayi menjadi salah satu prioritas utama petugas kesehatan.

Terlebih disaat ini ditengah pandemi Covid-19, sehingga upaya meminimalisir penularan Covid-19 maupun penyakit lainnya terus dilakukan dalam menolong persalinan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan kewaspadaan dengan memperlengkapi sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) yang bisa menangani pertolongan persalinan.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melengkapi puskesmas-puskesmas yang menjadi sarana Fasilitas kesehatan untuk pertolongan Persalinan normal dengan memberikan  sarana Pelindung dalam persalinan berupa Delivery Chamber,” terang Ade Hermanto, S.KM Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kapuas Hulu, Rabu (20/5/2020).

Dikatakan Ade, sampai saat ini beberapa puskesmas sudah distribusikan perlengkapan tersebut (Delivery Chamber).

“Dan sebagian lagi akan kita distribusikan. Hal ini kita lakukan untuk meminimalisir penularan penyakit, baik kepada ibu hamil atau ibu bersalin dan bayi ataupun kepada tim petugas kesehatan.

Ade memastikan, nantinya semua puskesmas yang menjadi fasilitas kesehatan untuk pertolongan persalinan akan mendapat perlengkapan Delivery Chamber. (pemkab kapuas hulu)

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Puskemas Suhaid Kapuas Hulu Perketat Pengawasan Bagi Pendatang

Published

on

Puskemas Suhaid Kapuas Hulu Perketat Pengawasan Bagi Pendatang-Puskemas Suhaid bersama Satgas pencegahan penyebaran Covid-19 memperketat pengawasan terhadap warga yang datang dari daerah luar, maupun transmisi lokal.

“Kita lakukan pemeriksaan pelaku perjalanan dalam rangka pencegahan penularan covid-19,” ungkap Kepala Puskesmas Suhaid, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, melakukan pemeriksaan pelaku perjalanan dari daerah terpapar untuk memantau kondisi kesehatan itu sangat sangat penting, dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. 

“Sasaran utama kita pelaku perjalanan dari daerah terpapar. Pemeriksaan kita lakukan di posko gugus Covid-19 Kecamatan Suhaid,” kata di.

Untuk pelaksana kegiatan Hadiyanto 

Edi wahyudi, dengan kegiatannya, malakukan anamnesis kondisi kesehatan terkait Covid-19 dan pemeriksaan suhu tubuh. 

“Dalam pemeriksaan tersebut, jumlah pelaku  perjalanan yang terjaring 6 orang, sedangkan ODP terjaring 0,” pungkasnya. (pemkab Kapuas hulu)

Continue Reading

TRENDING