Pesan Gubernur Kepada Bupati Kapuas Hulu, Siapkan Lahan 2 Hektar
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Pesan Gubernur Kepada Bupati Kapuas Hulu, Siapkan Lahan 2 Hektar

Published

on

Pesan Gubernur Kepada Bupati Kapuas Hulu, Siapkan Lahan 2 Hektar

Gencil News – Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan pesan kepada Bupati Kapuas Hulu yang baru Fransiskus Diaan soal pendidikan di Kalbar. Gubernur Kalbar pun minta kepada Bupati Kapuas Hulu untuk menyiapkan lahan seluas dua hektar, untuk pembangunan sekolah di Kabupaten yang berada ditimur Kalbar itu.

“Kemarin saya sempat berbicara dengan pak Fransiskus, kita akan meningkatkan pendidikan di Kapuas Hulu. Sehingga saya bilang, siapkan saja lahan , kalau ada dua hektar di daerah yang ramai penduduknya dan strategis. Nanti Pemprov akan bangun SMA atau SMK yang bagus dan daya tampung yang besar.” jelas Sutarmidji.

Menurut Gubernur dengan daya tampung yang besar, tentunya ini nantinya akan berpengaruh pada IPM.

“Dari segi IPM kita ini yang paling rendah Se-Kalimantan. Tapi dari sisi PDRB kita unggul, dulu kita paling bawah, tapi sekarang PDRB nomor dua di Kalimantan” jelas Midji.

“Kalau ekonomi sudah bisa kita tingkat di nomor dua Kalimantan, maka untuk urusan pendidikan kita bisa, kesehatan kita bisa”

“Kalau angka kesehatan itu baik, makan IPM kita akan baik.” pungkas Gubernur

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

Warga Kapuas Hulu Tak Dapat Bantuan Bedah Rumah Tahun 2021

Published

on

By

Warga Kapuas Hulu Tak Dapat Bantuan Bedah Rumah Tahun 2021

Gencil News – Warga Kabupaten Kapuas Hulu dipastikan tidak mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementrian Perumahan Rakyat RI untuk tahun 2021.

Kepala Dinas  Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kapuas Hulu, Nusantara Gawat tidak mengatahui kenapa tahun ini Kabupaten Kapuas Hulu tidak mendapatkan bantuan program pemerintah ini.

“Saya juga kurang tahu kenapa tahun ini, kita tidak mendapatkan kembali bantuan bedah rumah dari Kemenpera RI,” kata Gawat.

Padahal pada tahun 2020 Pemkab Kapuas hulu mengajukan 6 ribu rumah tidak layah huni agar mendapatkan bantuan bedah rumah.

“Mungkin program bedah rumah ini kita giliran dengan daerah lain,” tambahnya

Kendati demikian, atas peristiwa kebakaran di Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan sebanyak 50 rumah. Pemkab Kapuas Hulu telah mendapatkan mendapatkan bantuan dana dari APBN sebesar 1 miliar.

“Selain itu kita juga mendapatkan DAK sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan rumah di 3 desa yang ada di Kecamatan Boyan Tanjung,” ujarnya.

Sementara itu, masih banyak rumah warga Kapuas Hulu yang tidak layak huni yang memerlukan bantuan bedah rumah tersebut.

“Untuk masyarakat Kapuas Hulu harap bersabar saja. Mudah-mudahan tahun depan kita dapat lagi program bedah rumah,” tutupnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran

Published

on

PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran
PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran - Foto/Data Humas Kapuas Hulu

Gencil News – Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Dan UKM Dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kasianus Kintoi, mengatakan bahwa pemindahan para pelaku usaha atau Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di jalan Dipenegoro depan pasar pagi, akan dilaksanakan selepas hari raya Idul Fitri.

Hal kemauan dari PKL itu sendiri, pihak dinas tentunya memenuhi sesuai dengan permintaan nya.

“Memang pasar dogom permai, tempat untuk memindahkan para pelaku usaha atau PKL sudah siap, baik itu untuk lapak atau kios – kios yang ada,” katanya saat di temui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (14/4/2021).

Kintoi juga menyampaikan bahwa pasar dogom permai fasilitasnya sudah lengkap, baik itu wc, air leding, pos, untuk anak menyusui serta fasilitas lainnya. Dengan begitu para pelaku usaha yang ada akan merasa nyaman dalam berjualan.

“Selain itu juga para pembeli akan merasa aman saat berbelanja,” ucapnya.

Kintoi mengharapkan, setelah PKL dipindahkan, kondisi jalan yang tempat mareka berjualan sebelumnya dapat kosong. Dengan begitu arus lalu lintas akan lancar, masyarakat juga dapat leluasa dan merasa nyaman melalui jalan tersebut.

“Karena kalau kita lihat sekarang ini, para pelaku usaha berjualan hampir separuh jalan, jadi kadang – kadang orang yang lalu lintas di jalur tersebut terganggu,” ucapnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Deklarasi 3 Desa Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

Published

on

Deklarasi 3 Desa Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

Gencil News – Edukasi tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang digencarkan tenaga kesehatan Puskesmas Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu selama ini telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat.


Masyarakat pada tiga desa wilayah Kecamatan Boyan Tanjung akhirnya berkomitmen untuk menjadikan desa mereka menjadi desa ODF (open defecation free) atau stop buang air besar di sembarang tempat.

Ketiga desa di Kecamatan Boyan Tanjung yang mendeklarasikan diri sebagai desa ODF itu diantaranya, Desa Nanga Betung, Desa Mujan, dan Desa Delintas Karya.

Deklarasi ODF ketiga desa tersebut pada Senin (12/4/2021) dihadiri langsung Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso beserta OPD lainnya, Camat dan Forkopimcam Boyan Tanjung dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu menyampaikan deklarasi stop buang air besar disembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa, yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju perilaku hidup yang lebih bersih dan sehat.

“Dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat. Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan,”

Untuk itu Bupati mengucapkan selamat serta menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada kepala desa dan seluruh masyarakat desa Nanga Betung, desa Mujan desa Delintas Karya Kecamatan Boyan Tanjung yang telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

Bupati berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan berkelanjutan agar seluruh masyarakat di desa ini tetap sehat dengan lingkungan dan kebersihannya yang selalu terjaga.

Oleh karenanya, Bupati meminta agar seluruh kepala desa yang ada di kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu kiranya dapat mencontoh prestasi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Nanga Betung, Desa Mujan dan Desa Delintas Karya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

ASN Kapuas Hulu Berbondong-Bondong Ajukan Mutasi Ke BKPSDM

Published

on

By

ASN Kapuas Hulu Berbondong-Bondong Ajukan Mutasi Ke BKPSDM
Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kapuas Hulu, Erwin

Gencil News – Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kapuas Hulu, Erwin ungkap banyaknya ASN mengajukan mutasi pindah tugas dari Kapuas Hulu.

Menurutnya tercatat ada 32 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemkab Kapuas Hulu berbondong-bondong mengajukan mutasi pindah tugas. Jumlah tersebut tercatat 2020 hingga Maret 2021.

Erwin menerangkan sudah ada 17 ASN yang sudah selesai pengajuan mutasinya.

“Dari 32 orang ASN yang mengajukan mutasi pindah tugas itu, 15 ASN masih dalam proses dan 17 ASN sudah selesai,” katanya

Selain banyaknya ASN lingkungan pemerintahan Kapuas Hulu yang mengajukan mutasi, Namun juga ada ASN dari luar yang masuk.

“Ada 26 orang ASN yang masuk dari luar Kapuas Hulu. 21 orang masih dalam proses dan 5 orang sudah selesai,” ujarnya.

Menurutnya, Selain dengan berbagai macam alasan ASN yang memilih untuk mutasi. Tapi juga karena rata-rata ASN yang mengajukan mutasi telah berada pada lingkuangan pemerintahan Kapuas Hulu selama 10 tahun.

“Alasan kebanyakan mereka mengajukan mutasi adalah penyegaran suasana, menambah pengalaman, orang tua sakit, ada ikut tugas suami dan lainnya,” ujarnya.

Erwin memastikan peristiwa ini tidak ada kaitannya dengan pilkada 2020 atau masalah lain. Murni atas keinginan sendiri dan sudah hak setiap ASN.

“Karena setiap ASN itu berhak mengajukan pindah dengan catatan yang bersangkutan harus mengabdi selama 10 tahun. Dan ASN juga tidak boleh menuntut mutasi, karena tidak semua permohonan mereka ajukan mutasi itu dikabulkan karena kita lihat juga apa pertimbangan mereka ajukan mutasi,” jelasnya.

Untuk pengajuan mutasi sendiri, kata Erwin, sejak 2019 harus melalui persetujuan dari Bupati langsung.

“Untuk tahun ini saja ada 100 lebih ASN di Kapuas Hulu yang pensiun,” pungkasnya

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING