Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes

Published

on

Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes
Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes foto/data : Pemkab Kapuas Hulu

Gencil News – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu bersama Satgas Covid-19 Kabupaten secara intensif menggelar razia ke sejumlah warkop, cafe dan tempat tongkrongan yang dihadiri banyak orang.

Upaya tersebut dalam rangka menghambat dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya di Wilayah Putussibau dan Kedamin. 

Razia dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 juga sebagai implementasi Penegakan Peraturan Bupati No 57 Tahun 2020 tentang  Penerapan Disiplin dalam Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Khusus Dinkes Kapuas Hulu Suhardiyanto, SKM.,M.Si mengungkapkan, razia yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut itu menyasar ke sejumlah tempat, baik itu jalan protokol, warkop, dan cafe -cafe yang ada di wilayah Putussibau.

Razia dimulai jam 16.00 WIB – 17.00 WIB, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia Pelanggar Protokol Kesehatan bagi pengguna kendaraan yang tidak menggunakan masker di Jalan Kom Yos Sudarso, Selasa 4/5/2021.

“Dinas Kesehatan melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Khusus bersama Tim Swabber Dikes mengambil peran melakukan Penyuluhan tentang Protokol Kesehatan serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh pelanggar Prokes yang tidak menggunakan masker,” terang Suhardiyanto.

Saat itu kata Suhardiyanto, terjaring 96 orang pelanggar protokol kesehatan, yakni tidak menggunakan masker. Untuk itu petugas melakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermogan. Didapat 1 (satu) orang yang suhu diatas 73,3 0C dan dilakukan rapid test dengan hasil Non Reaktif.

Razia berlanjut mulai jam 22.00 WIB – 24.00 Wiba, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia Pelanggar Protokol Kesehatan di kafe-kafe diwilayah Putussibau Utara dan Putussibau selatan serta terminal antar kota Kedamin. 

“Dari pengukuran suhu tubuh yang dilakukan kepada pengunjung. Tidak didapatkan pengujung dengan suhu tubuh diatas normal, sehingga tidak ada dilakukan rapid test,” kata Yanto.

Satgas Covid-19 melanjutkan razia pada Kamis dinihari,  tanggal 6 Mei 2021 mulai jam 01.00 Wiba – 03.00 WIB, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia di jalan protokol. Saat itu Dinkes mengambil peran melakukan Penyuluhan tentang Protokol Kesehatan serta melakukan pengamanan sebagai Tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi peserta Gerobak Sahur dan petugas Satgas Covid-19.

Suhardiyanto menegaskan, dari beberapa kali dilaksanakan razia, masyarakat diharapkan lebih patuh menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita dukung bersama upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun berada,” pinta Yanto. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

PPDB Di Kapuas Hulu Dilaksanakan Secara Tatap Muka

Published

on

By

PPDB Di Kapuas Hulu Dilaksanakan Secara Tatap Muka

Gencil News- Dinas Pendidikan Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan menggelar PPDB dengan sistem luring atau tatap muka. Mulai 1 Juli 2021

Hal ini karena daerah Kapuas Hulu sendiri masih terkendala akan akses internet yang membuat pendaftaran terpaksa harus dengan tatap muka.

“Daerah kita memang terkendala jaringan internet. Tidak semua daerah punya jaringan internet,” kata Petrus Kusnadi, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kapuas Hulu

Untuk saat ini PPDB memang dikehendaki untuk tatap muka namun untuk pembelajaran tatap muka belum dipastikan.

“Saya pastikan PPDB kali ini meskipun luring akan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Proses PPDB ini akan mulai pada 1 Juli 2021. Sedangkan untuk proses pembelajaran tatap muka hingga kini belum bisa dipastikan,”ujarnya.

Nantinya untuk pembelajaran tatap muka sendiri hingga saat ini menunggu kebijakan dari kepala daerah.

“Untuk proses pembelajaran tatap muka tergantung kebijakan kepala daerah sebagai Ketua Satgas Covid-19,” pungkasnya.

Ia menambahkan bahwa untuk saat ini ada satu sekolah saja yang menggelar PPDB secara online yaitu SMAN 1 Putussibau.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Kapuas Hulu Ajukan Empat Raperda Ke DPRD

Published

on

By

Bupati Kapuas Hulu Ajukan Empat Raperda Ke DPRD

Gencil News- Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan ajukan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pada hari rabu (16/6/2021).

Ia mengatakan dalam pidatonya bawah empat raperda tersebut ada yang berubah dan ada yang dicabut. Raperda itu yakni perubahan Perda Kapuas Hulu nomor 2 tahun 2018 tentang penyertaan modal PD.

Uncak Kapuas, perubahan kedua Perda Kapuas Hulu nomor 7 tahun 2012 tentang pembentukan perusahaan daerah uncak kapuas, mencabut Perda Kapuas Hulu Nomor 13 tahun 2017 tentang penyertaan modal PD. Uncak Kapuas serta terakhir yakni merubah Perda Nomor 4 tahun 2013 tentang pajak dan retribusi daerah.

Lanjutnya ia menjelaskan bahwa pada tahun 2017 terdapat estemasi penyertaan modal sebesar Rp8,2 Miliar sebagai pengadaan lahan 3.740 meter persegi dari PD. UK. Dimana rencana awalnya untuk hotel yang berada pada Jalan Rahadi Usman namun batal.

“Ini terkait Perda Nomor 13 tahun 2017 tentang penyertaan modal PD.UK dan itu dicabut. Lahan akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan Kapuas Hulu,” tuturnya.

Bupati menjelaskan terkait Perda Nomor 4 tahun 2013 tentang pajak dan retribusi daerah. Terkait tuntutan pajak dan retribusi merupakan retribusi jasa usaha yang dapat dipungut saat pelayanan pemakaian kekayaan daerah.

Bupati mengatakan ada bidang uji konstruksi yang pemakaian laboratoriumnya memberi retribusi. PAD dari itu pada tahun 2019 berjumlah Rp 130 jt, tahun 2020 tahun Rp 150 jt, pada tahun 2021 berjumlah Rp150 jt. Kemudian pada dinas ini ada alat berat bisa dimanfaatkan untuk menarik retribusi dalam penggunaannya, belum ada diatur dalam perda lama.

“Peninjauan tarif retribusi minimal 3 tahun sekali, maka kami nilai perlu perubahan Perda Nomor 4 tahun 2013 itu,” tuturnya

Ia berharap adanya masukan dari pihak DPRD Kapuas Hulu mengenai empat Raperda tersebut. Agar Perda yang dihasilkan dapat memberi manfaat bagi daerah serta masyarakat.

“Kami harap masukan terhadap raperda ini dari DPRD Kapuas Hulu. Ada empat Raperda yang kami sampaikan,”pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Kapuas Hulu Rencanakan Festival Danau Sentarum 2021

Published

on

By

Bupati Kapuas Hulu Bahas Festival Danau Sentarum

Gencil News-Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan tegaskan akan memanggil pihak Dinas Pariwisata setempat untuk rapat membahas mengenai festival danau sentarum.

Bupati Fransiskus menilai festival tersebut memiliki potensi peningkatan jumlah penularan Covid-19. Mengingat penularan virus Covid-19 masih tinggi.

“Sekarang ini masih pandemi saya kurang setuju, kemudian anggaran juga kurang mendukung karena sudah minim akibat refokusing,” kata fransiskus

Ia mengatakan bahwa festival ini nantinya akan mengundang kerumunan warga. Sedangkan festival danau sentarum ini sudah masuk agenda pada tanggal 3-5 Desember 2021 di kalender nasional. Nantinya festival danau sentarum ini bersamaan dengan agenda pariwisata dari 43 daerah reguler dan 10 regional.

“Untuk itu kami akan rapat dulu. Karena festival ini akan hadirkan banyak orang. Kalau tidak pandemi, ini pasti kita lakukan karena memang kesempatan yang baik untuk promosikan pariwisata Kapuas Hulu,” tuturnya.

Ia menambahkan terkait akan dukungan dana dari Pemerintah Pusat untuk festival danau sentarum ini belum tau.

“Terkait anggaran belum diketahui berapa anggaran dari sana. Bila nantinya festival ini terselenggara, kegiatan ini butuh dukungan anggaran yang besar,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bang Sis Bupati Kapuas Hulu, Kunjungi Posko Peduli NTT

Published

on

Bang Sis Bupati Kapuas Hulu, Kunjungi Posko Peduli NTT

Gencil News – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengunjungi Posko Bencana NTT yang berada di jalan Lintas Utara, kecamatan Putussibau Utara, Rabu (5/5/2021). Pria akrab disapa Sis tersebut memberikan bantuan dana serta memberi motivasi kepada para pengurus posko.

“Kita tahu ada korban Bencana di NTT yang disebabkan oleh siklon tropis Seroja. Sebagai umat manusia sudah layaknya kita saling gotong royong membantu sesama yang kesusahan, walaupun kita disini tidak merasakan dampak bencana tersebut,” ucapnya.

Sis juga menyampaikan turut berbelasungkawa atas bencana di NTT yang terjadi 4 Minggu yang lalu. Ada beberapa warga yang tergabung di Flobamora Kapuas Hulu, keluarga mereka juga terdampak dengan adanya bencana ini. “Saya menyampaikan turut berbelasungkawa kepada masyarakat NTT yang terdampak bencana, di Kapuas hulu ada juga sanak saudara mereka,” ujarnya.

Ketua Panitia Penggalangan Dana Flobamora KH, Yanuarius Kerong, mengatakan atas nama keluarga besar Flobamora Kapuas Hulu dan keluarga di NTT, ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.

“Ditengah kesibukan tetapi beliau menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke posko kami dan memberikan sumbangan untuk saudara-saudari di NTT. Saya yakin keluarga korban bencana di NTT pasti sangat senang menerima sumbangan ini, kami memastikan segera menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban,” tuntasnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING