Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Satgas Pamtas Yonif 641 Bantu Evakuasi Korban Banjir

Published

on

Hujan deras yang mengguyur wilayah Entikong menyebabkan banjir melanda dua dusun di Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang turun langsung membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Banjir pada Minggu malam pukul 19.20 WIB menyebabkan sedikitnya 54 rumah warga di Dusun Entikong dan Dusun Benuan terendam banjir lebih kurang setinggi 1 meter.

Setelah hujan lebat yang turun sejak sore hari di wilayah Entikong dan sekitarnya.

Dansatgas Pamtas Yonif R 641/Bru Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menjelaskan, berita banjir di terima dari salah seorang warga a.n Bobby Riyanto (27) yang melapor ke Pos Kotis.

Selanjutnya Dankima Satgas Yonif R-641, Kapten Inf Agus Arifin, beserta 14 anggota dengan perlengkapan pelampung dan tali berangkat ke lokasi untuk membantu warga yang terkena banjir.

Letkol Inf Kukuh menambahkan, hanya dalam waktu 2 jam curah hujan dapat membuat debit air di Sungai Sekayam melimpah sehingga puluhan rumah di wilayah dua dusun tersebut terendam banjir.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materiil warga berupa perabot rumah tangga dan peralatan elektronik yang tidak sempat diselamatkan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” katanya.

Lanjutnya menyampaikan, personel Satgas bersama warga lainnya bahu membahu mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

Sebagian lagi membantu rumah warga yang diterjang kayu dan sampah yang dibawa derasnya air. “Hari ini kita sedang membantu membersihkan rumah warga yang terdampak banjir bersama warga setempat,” katanya.

Letkol inf Kukuh juga meminta warga Entikong lebih waspada terhadap kondisi curah hujan yang tinggi dan tidak mengenal waktu akhir-akhir ini, terutama pada malam hari. Kami siap dan selalu siaga membantu kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dusun Entikong Sardini mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas, yang telah sigap membantu warga yang terkena banjir. Ia juga menyampaikan banjir terjadi sangat cepat sehingga warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang perabot dan elektronik.

“Banjir terjadi dalam waktu yang cepat karena Sungai Sekayam tidak mampu menampung debit air hujan. Sehingga air meluap dan berbalik menuju perkampungan warga. Untung saja anggota Satgas Pamtas cepat datang untuk membantu mengevakuasi warga dusun kami,” ujarnya. (Pendam XII/Tpr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Kabupaten Kapuas Hulu

Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk

Published

on

Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk
Bupati Nasir Salurkan BLT DD di Desa Temuyuk - Foto : Pemkab Kapuas Hulu

GENCIL NEWS – PEMKAB KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, A.M. Nasir, S.H secara langsung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kepada Masyarakat Desa Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu, Rabu (1/7/2020) siang.

Bantuan yang diberikan pada tahap ini disalurkan kepada 88 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah Rp 600.000/KK.

BLT DD yang disalurkan merupakan bantuan yang diberikan kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19, serta berdasarkan hasil pemantauan dan perhitungan serta musyawarah oleh Pemerintah Desa.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir mengatakan bahwa penyaluran BLT DD harus sesuai dengan standar dan data yang berasal dari Pemerintah Pusat.

Data tersebut hendaknya dapat sejalan dengan data di desa yang lebih mengetahui kondisi masyarakat di desanya sendiri, sehingga tepat sasaran pada yang membutuhkan.

“Bantuan yang paling valid adalah bantuan yang berasal dari desa karena mereka yang benar-benar mengetahui keadaan desa,” tegas Bupati.

Bupati berharap BLT DD di desa Temunyuk tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat. Disamping itu bantuan yang diberikan juga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang mendapatkan. “Kami berharap BLT DD ini benar-benar diberikan kepada yang membutuhkan,” tuturnya.

Selain terkait BLT DD, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat di kecamatan Bunut Hulu agar menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan masker, hand sanitizer, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan upayakan menghindari kerumunan.

Hal tersebut harus terus dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19.”Pada masa new normal sekarang ini masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas,” tuntasnya.

Dalam kegiatan penyaluran BLT DD di desa Temuyuk kecamatan Bunut Hulu hadir Anggota DPD RI, Erlinawati, Wakil Ketua DPRD KH Razali, para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Camat serta Forkopimcam Bunut Hulu. (yohanes/Humpro Setda-KH).

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

DinKes Kapuas Hulu Tingkatkan Pertolongan Persalinan Normal

Published

on

Pelayanan pada ibu hamil, bersalin beserta bayi menjadi salah satu prioritas utama petugas kesehatan.

Terlebih disaat ini ditengah pandemi Covid-19, sehingga upaya meminimalisir penularan Covid-19 maupun penyakit lainnya terus dilakukan dalam menolong persalinan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan kewaspadaan dengan memperlengkapi sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) yang bisa menangani pertolongan persalinan.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melengkapi puskesmas-puskesmas yang menjadi sarana Fasilitas kesehatan untuk pertolongan Persalinan normal dengan memberikan  sarana Pelindung dalam persalinan berupa Delivery Chamber,” terang Ade Hermanto, S.KM Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kapuas Hulu, Rabu (20/5/2020).

Dikatakan Ade, sampai saat ini beberapa puskesmas sudah distribusikan perlengkapan tersebut (Delivery Chamber).

“Dan sebagian lagi akan kita distribusikan. Hal ini kita lakukan untuk meminimalisir penularan penyakit, baik kepada ibu hamil atau ibu bersalin dan bayi ataupun kepada tim petugas kesehatan.

Ade memastikan, nantinya semua puskesmas yang menjadi fasilitas kesehatan untuk pertolongan persalinan akan mendapat perlengkapan Delivery Chamber. (pemkab kapuas hulu)

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Puskemas Suhaid Kapuas Hulu Perketat Pengawasan Bagi Pendatang

Published

on

Puskemas Suhaid Kapuas Hulu Perketat Pengawasan Bagi Pendatang-Puskemas Suhaid bersama Satgas pencegahan penyebaran Covid-19 memperketat pengawasan terhadap warga yang datang dari daerah luar, maupun transmisi lokal.

“Kita lakukan pemeriksaan pelaku perjalanan dalam rangka pencegahan penularan covid-19,” ungkap Kepala Puskesmas Suhaid, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, melakukan pemeriksaan pelaku perjalanan dari daerah terpapar untuk memantau kondisi kesehatan itu sangat sangat penting, dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. 

“Sasaran utama kita pelaku perjalanan dari daerah terpapar. Pemeriksaan kita lakukan di posko gugus Covid-19 Kecamatan Suhaid,” kata di.

Untuk pelaksana kegiatan Hadiyanto 

Edi wahyudi, dengan kegiatannya, malakukan anamnesis kondisi kesehatan terkait Covid-19 dan pemeriksaan suhu tubuh. 

“Dalam pemeriksaan tersebut, jumlah pelaku  perjalanan yang terjaring 6 orang, sedangkan ODP terjaring 0,” pungkasnya. (pemkab Kapuas hulu)

Continue Reading

TRENDING

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x