Warga Kapuas Hulu Tak Dapat Bantuan Bedah Rumah Tahun 2021
Connect with us

Kabupaten Kapuas Hulu

Warga Kapuas Hulu Tak Dapat Bantuan Bedah Rumah Tahun 2021

Published

on

Warga Kapuas Hulu Tak Dapat Bantuan Bedah Rumah Tahun 2021

Gencil News – Warga Kabupaten Kapuas Hulu dipastikan tidak mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementrian Perumahan Rakyat RI untuk tahun 2021.

Kepala Dinas  Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kapuas Hulu, Nusantara Gawat tidak mengatahui kenapa tahun ini Kabupaten Kapuas Hulu tidak mendapatkan bantuan program pemerintah ini.

“Saya juga kurang tahu kenapa tahun ini, kita tidak mendapatkan kembali bantuan bedah rumah dari Kemenpera RI,” kata Gawat.

Padahal pada tahun 2020 Pemkab Kapuas hulu mengajukan 6 ribu rumah tidak layah huni agar mendapatkan bantuan bedah rumah.

“Mungkin program bedah rumah ini kita giliran dengan daerah lain,” tambahnya

Kendati demikian, atas peristiwa kebakaran di Desa Sayut Kecamatan Putussibau Selatan sebanyak 50 rumah. Pemkab Kapuas Hulu telah mendapatkan mendapatkan bantuan dana dari APBN sebesar 1 miliar.

“Selain itu kita juga mendapatkan DAK sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan rumah di 3 desa yang ada di Kecamatan Boyan Tanjung,” ujarnya.

Sementara itu, masih banyak rumah warga Kapuas Hulu yang tidak layak huni yang memerlukan bantuan bedah rumah tersebut.

“Untuk masyarakat Kapuas Hulu harap bersabar saja. Mudah-mudahan tahun depan kita dapat lagi program bedah rumah,” tutupnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kapuas Hulu

Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes

Published

on

Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes
Satgas Covid-19 Kapuas Hulu Giatkan Razia Pelanggaran Prokes foto/data : Pemkab Kapuas Hulu

Gencil News – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu bersama Satgas Covid-19 Kabupaten secara intensif menggelar razia ke sejumlah warkop, cafe dan tempat tongkrongan yang dihadiri banyak orang.

Upaya tersebut dalam rangka menghambat dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya di Wilayah Putussibau dan Kedamin. 

Razia dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 juga sebagai implementasi Penegakan Peraturan Bupati No 57 Tahun 2020 tentang  Penerapan Disiplin dalam Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Khusus Dinkes Kapuas Hulu Suhardiyanto, SKM.,M.Si mengungkapkan, razia yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut itu menyasar ke sejumlah tempat, baik itu jalan protokol, warkop, dan cafe -cafe yang ada di wilayah Putussibau.

Razia dimulai jam 16.00 WIB – 17.00 WIB, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia Pelanggar Protokol Kesehatan bagi pengguna kendaraan yang tidak menggunakan masker di Jalan Kom Yos Sudarso, Selasa 4/5/2021.

“Dinas Kesehatan melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Khusus bersama Tim Swabber Dikes mengambil peran melakukan Penyuluhan tentang Protokol Kesehatan serta melakukan pemeriksaan suhu tubuh pelanggar Prokes yang tidak menggunakan masker,” terang Suhardiyanto.

Saat itu kata Suhardiyanto, terjaring 96 orang pelanggar protokol kesehatan, yakni tidak menggunakan masker. Untuk itu petugas melakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermogan. Didapat 1 (satu) orang yang suhu diatas 73,3 0C dan dilakukan rapid test dengan hasil Non Reaktif.

Razia berlanjut mulai jam 22.00 WIB – 24.00 Wiba, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia Pelanggar Protokol Kesehatan di kafe-kafe diwilayah Putussibau Utara dan Putussibau selatan serta terminal antar kota Kedamin. 

“Dari pengukuran suhu tubuh yang dilakukan kepada pengunjung. Tidak didapatkan pengujung dengan suhu tubuh diatas normal, sehingga tidak ada dilakukan rapid test,” kata Yanto.

Satgas Covid-19 melanjutkan razia pada Kamis dinihari,  tanggal 6 Mei 2021 mulai jam 01.00 Wiba – 03.00 WIB, Satgas Covid-19 melaksanakan kegiatan Razia di jalan protokol. Saat itu Dinkes mengambil peran melakukan Penyuluhan tentang Protokol Kesehatan serta melakukan pengamanan sebagai Tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bagi peserta Gerobak Sahur dan petugas Satgas Covid-19.

Suhardiyanto menegaskan, dari beberapa kali dilaksanakan razia, masyarakat diharapkan lebih patuh menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita dukung bersama upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun berada,” pinta Yanto. 

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Bang Sis Bupati Kapuas Hulu, Kunjungi Posko Peduli NTT

Published

on

Bang Sis Bupati Kapuas Hulu, Kunjungi Posko Peduli NTT

Gencil News – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengunjungi Posko Bencana NTT yang berada di jalan Lintas Utara, kecamatan Putussibau Utara, Rabu (5/5/2021). Pria akrab disapa Sis tersebut memberikan bantuan dana serta memberi motivasi kepada para pengurus posko.

“Kita tahu ada korban Bencana di NTT yang disebabkan oleh siklon tropis Seroja. Sebagai umat manusia sudah layaknya kita saling gotong royong membantu sesama yang kesusahan, walaupun kita disini tidak merasakan dampak bencana tersebut,” ucapnya.

Sis juga menyampaikan turut berbelasungkawa atas bencana di NTT yang terjadi 4 Minggu yang lalu. Ada beberapa warga yang tergabung di Flobamora Kapuas Hulu, keluarga mereka juga terdampak dengan adanya bencana ini. “Saya menyampaikan turut berbelasungkawa kepada masyarakat NTT yang terdampak bencana, di Kapuas hulu ada juga sanak saudara mereka,” ujarnya.

Ketua Panitia Penggalangan Dana Flobamora KH, Yanuarius Kerong, mengatakan atas nama keluarga besar Flobamora Kapuas Hulu dan keluarga di NTT, ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan.

“Ditengah kesibukan tetapi beliau menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke posko kami dan memberikan sumbangan untuk saudara-saudari di NTT. Saya yakin keluarga korban bencana di NTT pasti sangat senang menerima sumbangan ini, kami memastikan segera menyalurkan bantuan tersebut kepada para korban,” tuntasnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran

Published

on

PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran
PKL Depan Pasar Pagi Pindah ke Dogom Permai Setelah Lebaran - Foto/Data Humas Kapuas Hulu

Gencil News – Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Dan UKM Dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kasianus Kintoi, mengatakan bahwa pemindahan para pelaku usaha atau Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di jalan Dipenegoro depan pasar pagi, akan dilaksanakan selepas hari raya Idul Fitri.

Hal kemauan dari PKL itu sendiri, pihak dinas tentunya memenuhi sesuai dengan permintaan nya.

“Memang pasar dogom permai, tempat untuk memindahkan para pelaku usaha atau PKL sudah siap, baik itu untuk lapak atau kios – kios yang ada,” katanya saat di temui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (14/4/2021).

Kintoi juga menyampaikan bahwa pasar dogom permai fasilitasnya sudah lengkap, baik itu wc, air leding, pos, untuk anak menyusui serta fasilitas lainnya. Dengan begitu para pelaku usaha yang ada akan merasa nyaman dalam berjualan.

“Selain itu juga para pembeli akan merasa aman saat berbelanja,” ucapnya.

Kintoi mengharapkan, setelah PKL dipindahkan, kondisi jalan yang tempat mareka berjualan sebelumnya dapat kosong. Dengan begitu arus lalu lintas akan lancar, masyarakat juga dapat leluasa dan merasa nyaman melalui jalan tersebut.

“Karena kalau kita lihat sekarang ini, para pelaku usaha berjualan hampir separuh jalan, jadi kadang – kadang orang yang lalu lintas di jalur tersebut terganggu,” ucapnya.

Continue Reading

Kabupaten Kapuas Hulu

Deklarasi 3 Desa Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

Published

on

Deklarasi 3 Desa Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat

Gencil News – Edukasi tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang digencarkan tenaga kesehatan Puskesmas Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu selama ini telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat.


Masyarakat pada tiga desa wilayah Kecamatan Boyan Tanjung akhirnya berkomitmen untuk menjadikan desa mereka menjadi desa ODF (open defecation free) atau stop buang air besar di sembarang tempat.

Ketiga desa di Kecamatan Boyan Tanjung yang mendeklarasikan diri sebagai desa ODF itu diantaranya, Desa Nanga Betung, Desa Mujan, dan Desa Delintas Karya.

Deklarasi ODF ketiga desa tersebut pada Senin (12/4/2021) dihadiri langsung Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu H. Sudarso beserta OPD lainnya, Camat dan Forkopimcam Boyan Tanjung dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu menyampaikan deklarasi stop buang air besar disembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa, yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju perilaku hidup yang lebih bersih dan sehat.

“Dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat. Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan,”

Untuk itu Bupati mengucapkan selamat serta menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada kepala desa dan seluruh masyarakat desa Nanga Betung, desa Mujan desa Delintas Karya Kecamatan Boyan Tanjung yang telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

Bupati berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan berkelanjutan agar seluruh masyarakat di desa ini tetap sehat dengan lingkungan dan kebersihannya yang selalu terjaga.

Oleh karenanya, Bupati meminta agar seluruh kepala desa yang ada di kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu kiranya dapat mencontoh prestasi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Nanga Betung, Desa Mujan dan Desa Delintas Karya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING