Bayar Berobat Pakai Bibit Pohon, Klinik Di Sukadana Bantu Beban Pasien
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Bayar Berobat Pakai Bibit Pohon, Klinik Di Sukadana Bantu Beban Pasien

Published

on

Bayar Berobat Pakai Bibit Pohon, Klinik Di Sukadana Bantu Beban Pasien
Klinik Asri Sukadana Kayong Utara Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat

Gencil News – Sebuah Klinik di Sukadana Kayong Utara Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya. Pasien yang berobat ke Klinik Asri ini dapat membayar biaya berobat pakai bibit pohon.

Klinik ini berada di kaki bukit kawasan Taman Nasional Gunung Palung sangat meringankan beban pasien yang terkendala bayar biaya berobat.

Mengutip dari Pontianak Post, seorang pasien cukup membayar biaya berobat menggunakan bibit pohon dan kompos yang ia miliki.

“Sepeser pun saya tak pernah mengeluarkan uang. Ada bibit saya pakai bibit, ada kompos saya pakai kompos,” kata warga Desa Sedahan Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara itu.

Tak hanya itu, Klinik ini juga menerima pembayaran berobat pasien dengan hasil kerajinan tangan atau jasa pasien untuk bekerja di klinik.

“Inilah sebetulnya yang bisa membantu masyarakat kita. Sekalipun tidak dengan uang, masyarakat berobat bisa dengan barang. Misalnya jika punya kerajinan, seperti tikar kita bisa antar ke sana. Bisa dengan atap, bambu, atau barang lain. Alhamdulillah, ini sangat membantu,” ujar Prasetyo, warga Sukadana.

Sementara untuk jenis bibit pohon yang biasa masyarakat gunakan untuk bayar biaya berobat adalah bibit pohon cempedak, mentawak hingga bibit pohon durian.

Kebenaran ini diungkapkan juga oleh Direktur Eksekutif  Yayasan Klinik Asri, Nur Febriani Wardi. Ia menerangkan setidaknya pihak klinik Asri sejak berdiri pada 2007 telah menerima lebih dari 90 ribu bibit pohon dari pasien.

“Di tahun 2020 saja terdapat 28.625 bibit pohon yang diserahkan pasien sebagai biaya berobat. Kebanyakan merupakan spesies pohon asli Kalimantan, seperti ulin, nyatoh, bengkirai, ubah, durian, dan lain-lain,” ujarnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Upayakan Bantuan Hukum Untuk TR Peretas Mola TV

Published

on

By

Bupati kayong utara cutra duani

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani mengaku prihatin terhadap kasus salah satu warga Kayong Utara berinisial TR (22). Karena meretas situs milik PT. Global Media Visual alias Mola TV.

Bupati Citra mengakui pada usia TR yang masih tergolong muda, tentu banyak hal positif yang dapat TR lakukan. Sehingga ia sebagai Kepala Daerah Kabupaten Kayong Utara akan berupaya untuk membantu proses pendampingan terhadap kasus TR yang sedang ditangani Polda Metro Jaya tersebut.

“Pemda Kayong Utara siap melakukan pendampingan untuk membantu proses hukum yang sedang TR jalani. Ia juga berupaya untuk melakukan mediasi dengan pihak Mola tv. Bahwa yang bersangkutan melakukan hal tersebut bukan atas kesengajaan meretas di usia masih muda, baru tamat SMA,”terang Citra Duani, Selasa (15/6/2021).

Citra mengatakan, pihak keluarga dalam hal ini orang tua TR juga sudah bertemu dengannya, menyampaikan persoalan yang menimpa anaknya. Citra berjanji akan melakukan pendampingan dan memberikan bantuan hukum semampunya kepada TR.

“Tadi malam bapaknya datang ke saya, Alhamdulillah putranya sehat walafiat dan komunikasi dengan penyidik Polda Metro Jaya cukup baik, ” tururnya

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Syarif Damiri mengatakan bahwa pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu persoalan tersebut.

“Menyikapi hal ini, kita akan pelajari kasusnya seperti apa. Karena ini terindikasi adanya persoalan hukum maka selanjutnya kita tentukan langkah langkah atau upaya upaya hukum lebih lanjut,” terang Damiri.

Sebelumnya warga Kabupaten Kayong berinisial TR Utara ditangkap oleh Tim dari Kapolda Metro Jaya atas dugaan peretasan Mola TV. TR sendiri merupakan lulusan salah satu SMA di Sukadana.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Berhasil Retas Situs Mola TV, Pemuda Asal Kayong Utara Diamankan

Published

on

Berhasil Retas Situs Mola TV, Pemuda Asal Kayong Utara Diamankan

Gencil News – Seorang pemuda asal Kabupaten Kayon Utara berhasil retas situs Mola TV. tentunya ini bukan prestasi yang membanggakan, karena ulah dari pemuda yang mereatas situs dapat dikenakan Undang-undang ITE.

RT (22) tahun pada selasa (08/06/2021) diamankan langsung oleh tim siber Polda Metro Jaya. Petugas berpakaian sipil berjumlah 5 orang, membawa RT ke Mapolsek Sukadana, untuk menjalani pemeriksaan.

Dari tangan pelaku peretasan, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, 1 laptop, 2 Hape, 1 hardisk dan Kartu ATM.

Setelah dari Mapolsek Sukadana, pelaku kemudian dibawa ke Mapolres Ketapang.

Orang tua dari pelaku RT sudah diberitahu oleh pihak Kepolisian soal kasus yang tengah dihadapi anaknya.

Dari keterangan orang tua dari pelaku, masih menunggu keterangan resmi dari pihak Kepolisian, dan mengharapkan adanya pedampingan dari pihak Pemerintah Daerah.

“Saya berharap pihak Polda Metro Jaya bisa memberikan keterangan resmi mengenai keadaan anak kami. Selain itu kami juga berharap kepada Pemerintah Daerah bisa mendampingi atau paling tidak berkomunikasi dengan pihak Polda Metro Jaya,” pungkasnya.

Mola (sebelumnya bernama Mola TV) adalah layanan multiplatform yang memiliki saluran televisi kabeltelevisi protokol Internet (Internet Protocol television) dan video sesuai permintaan (video-on-demand) dengan layanan over-the-top di Indonesia

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Aksi Bajak Laut Resahkan Nelayan Pulau Karimata Kayong Utara

Published

on

By

Aksi Bajak Laut Resahkan Nelayan Pulau Karimata Kayong Utara
Pulau Karimata Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat

Gencil News – Nelayan pulau karimata resah dengan adanya penjarahan oleh oknum bajak laut yang meresahkan. Kepolisian Resort Kayong Utara Kalbar terus melakukan pengejaran karena banyak warga yang merasa resah dan terancam akibat kejadian ini.

Aksi perampokan kepada nelayan oleh bajak laut ini beraksi pada malam hari. Perampasan barang-barang milik nelayan mulai dari beras, ikan hasil tangkapan nelayan hingga solar yang mencapai kerugian sebesa Rp16 juta rupiah.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang Sukmo Wibowo bersama stakholder melakukan pengejaran. Ia menduga bajak laut di pulau Karimata ini menggunakan senjata api.

“Tidak hanya harta namun nyawa mereka pun bisa  terancam  saat sedang menangkap ikan akibat ulah bajak laut,” terang Bambang Sukmo Wibowo.

Sebelumnya, petugas kecamatan setempat menyebut bahwa sudah menerima laporan dari 3 pemilik kapal nelayan yang menjadi korban pembajakan.

“Kapal dari KM Batara 2, KM PO Saedon dan KM Anugerah melaporkan kepada kami bahwa kejadian ini sudah terjadi sejak pertengahan Ramadhan hingga sekarang,” kata petugas kecamatan.

Korban mengatakan bahwa anggota bajak laut tersebut berjumlah 6-7 orang lengkap dengan senjata api. Bahkan menurut keterangannya bajak laut tersebut tidak segan menyakiti korban jika melakukan perlawanan atau melarikan diri.

“Bajak laut itu menggunakan mesin kapal 4 silinder, hasil tangkapan dan bahan bakar kapal yang mereka gunakan juga menjadi incaran bajak laut,” terangnya

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Aksi Tanggap Wabup Kayong Utara Perbaiki Dermaga Yang Ambruk

Published

on

By

Aksi Tanggap Wabup Kayong Utara Perbaiki Dermaga Yang Ambruk
Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad mengecek dermaga yang rusak

Gencil News – Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad memerintahkan perusahaan untuk perbaiki dermaga yang rusak akibat di tabrak ponton, Selasa malam (8/6/2021).

“Ketika mendapatkan laporan ambruknya pelabuhan, saya di dampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Kayong Utara, Tomo. Sekretaris Dinas Perhubungan dan Sekretaris Kecamatan Simpang Hilir, langsung menuju lokasi dermaga.” Ujar Wabup Effendi.

Untuk mengalihkan aktivitas bongkar muat sementara, Wabup Effendi mengarahkan untuk dipindahkan di pelabuhan DKP.

“terkait dengan buruh-buruh yang tidak bisa bekerja akibat perbaikan dermaga tersebut. Maka aktivitas bongkar muat, sementara kita pindahkan ke Pelabuhan DKP. Dan akan mulai pengerjaan 10 juni,” kata Effendi.

Untuk perbaikan dermaga tersebut, tambah Wabup Effendi, pihak perusahaan sudah menyanggupi.

“Dalam kesempatan tersebut saya perintahkan Dinas Perhubungan untuk segera mempersiapkan data dan perencanaan seperti desain dan RABnya untuk dibangun secara permanen, dan dari pihak perusahaan siap untuk bertanggungjawab sepenuhnya.” tuturnya

Menyikapi permasalahan ini, Wabup Effendi menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang.

“Saya meminta masyarakat untuk tetap tenang, karena Pemerintah Kabupaten dan Perusahaan berkomitmen untuk bertanggungjawab.” Imbau Wabup Effendi.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING