Bupati Citra Follow Up Rencana Pembangunan Bandara Kayong Utara
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Follow Up Rencana Pembangunan Bandara Kayong Utara

Published

on

Bupati Citra Follow Up Rencana Pembangunan Bandara Kayong Utara
Musawarah Penetapan Ganti Kerugian Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukadana. Selasa (23/02/2020), Kantor Desa Simpang Tiga, Siduk, Kecamatan Sukadana.

Gencil News – Bupati Kayong Utara, Citra Duani berharap proses pembebasan lahan rencana bandara Kayong Utara berjalan lancar, dan menyatakan segala proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kita melakukan musyawarah penetapan tentang pembebasan lahan Bandara Sukadana kepada pemilik lahan, sesuai dengan prosedur dan tahapan-tahapan. Penetapan nilai tanah ini sebagaimana hasil penetapan oleh Tim Penilai Independen (appraisal).” Kata Citra Duani ketika memberikan pengarahan. Dalam Musawarah Penetapan Ganti Kerugian Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukadana. Selasa (23/02/2020), Kantor Desa Simpang Tiga, Siduk, Kecamatan Sukadana.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pehubungan, Kepala Bappeda-Litbang Kayong Utara, dan Kepala Kantor BPN Kayong Utara mendampingi Bupati Citra.

Ia menegaskan agar Pemerintah Daerah tidak melakukan intervensi terhadap nilai ganti rugi, dan menyerahkan semuanya kepada Tim Appraisal.

“Selaku Bupati saya juga tidak tahu harga masing-masing, dan nilai ganti rugi kita serahkan kepada Tim Appraisal. Allhamdulillah dari laporan hampir seluruhnya menerima.” Tutur Citra.

Citra Optimis proses ini berjalan lancar, sehingga pembangunan Bandara Sukadana cepat terealisasi.

“Saat ini sudah mencapai kesepakatan, dan tahap selanjutnya bisa melakukan validasi oleh BPN dan menunggu proses eksekusi ganti rugi lahan,” Ujarnya

Ia menambahkan, Jika tahapan ini selesai, BPN tinggal memproses pembuatan sertifikat tanah pemerintah daerah . Baru kemudian akan kita hibahkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dan setelah itu, tinggal menunggu pembangunan dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara, Venita mengatakan musyawarah ini untuk menetapkan bentuk dan nilai ganti rugi yang diberikan.

Ganti Rugi Berupa Uang


“Dan seluruh masyarakat sepakat akan menerima ganti rugi dalam bentuk uang. Dari sini kemudian para pemilik tanah akan di panggil satu persatu. Untuk kami sampaikan berapa nilai ganti rugi yang bersangkutan.” Kata Venita

Dari hasil inventarisir Tim Appraisal terdapat 161 bidang tanah yang telah dinilai, dan ada sekitar 20 persennya menggunakan kuasa. Dan untuk kuasa ini kami sudah mempersiapkan teknis tersendiri.

“Lancarnya musyawarah ini tak lepas dari kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah. Bersama Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara. Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati yang telah mau berkomunikasi dengan masyarakat. Dan koordinasi yang baik dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara.” Ucap Venita.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Gaung Siduk -Teluk Batang Sampai Ke Senayan, Lasarus Pastikan Jadi Prioritas

Published

on

Gaung Siduk -Teluk Batang Sampai Ke Senayan, Lasarus Pastikan Jadi Prioritas

Gencil News – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memastikan akan menempatkan peningkatan status jalan Siduk – Teluk Batang menjadi prioritas sebagai pembahasan. Lasarus mengatakan peningkatan Status Jalan Siduk -teluk batang gaungnya sudah sering terdengar sampai ke Senayan.

“Untuk status jalan Siduk-teluk batang, jelas tinggal melanjutkan Jalan raya Ketapang hingga bermuara di pelabuhan Nasional yang berada di teluk batang”jelas Lasarus.

Untuk Jalan Simpang Hilir-Perawas, Lasarus menyarankan kepada Kabupaten Kayong Utara untuk melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi Kalimantan Barat untuk peningkatan statusnya menjadi Jalan Provinsi.

Rabu (30/03/2021) Bupati Kayong Utara Citra Duani, Ketua DPRD KKU Sarnawi dan atlet tinju nasional Daud Yordan datang mengunjungi DPR RI.

Bupati Citra bertemu dengan Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan, dalam kesempatan itu, Citra ditemui oleh Ketua Komisi V, Lasarus.

Kepada Ketua Komisi V Lasarus, Bupati Citra menyampaikan kondisi infrastruktur Kabupaten Kayong Utara yang memerlukan anggaran untuk mengatasi jalan yang berjarak 80km.

Dengan adanya perbaikan jalan tersebut, diharapkan terjadinya peningkatan perekonomina di Kayong Utara.

“Alhamdulillah, Peningkatan status jalan Provinsi Siduk-teluk batang mendapatkan Dukungan dari DPR RI dan ditahun ini masuk dalam pembahasan perubahan status menjadi jalan Negara”terangnya

“Kami bersyukur dan merasa tersanjung, bahwa kunjungan kali ini disambut langsung oleh Bapak Ketua Komisi V Lasarus dan kami mendapatkan masukkan yang sangat berarti dari beliau”pungkas Citra.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Alih Status Jalan Siduk – Teluk Batang Kayong Utara Jadi Jalan Negara

Published

on

By

Alih Status Jalan Siduk - Teluk Batang Kayong Utara Jadi Jalan Negara
Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama Ketua DPRD Sarnawi dan Atlit Tinju Daud Yordan mengunjungi DPR RI

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama Ketua DPRD Sarnawi dan Atlit Tinju Daud Yordan mengunjungi DPR RI. Untuk tindak lanjut Peningkatan Status Jalan Negara untuk Siduk – Teluk Batang. pada Rabu (30/3).

“Alhamdulillah, Peningkatan status jalan Provinsi Siduk-teluk batang mendapatkan dukungan dari DPR RI. Kemudian pada tahun ini masuk dalam pembahasan perubahan status menjadi jalan Negara”terang Bupati Citra

Bupati Citra menyampaikan Aspirasinya langsung kepada Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan.

Dalam pertemuannya Citra berkonsultasi untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kayong Utara yang salah satunya peningkatan Infrastruktur.

Kedatangan Citra disambut baik oleh Komisi V Lasarus dengan gagasan dan masukan untuk Bupati Citra.

Menurutnya kerusakan jalan sepanjang 80 kilometer tersebut membutuhkan sentuhan anggaran negara.

Sementara itu, Ketua Komis V DPR RI fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalbar II, Lasarus mengatakan peningkatan Status Jalan Siduk -teluk batang sudah sering terdengar pada lingkungan Senayan.

Lasarus memastikan perubahan status ini akan masuk dalam pembahasan.

“Untuk status jalan Siduk-teluk batang, jelas tinggal melanjutkan Jalan raya Ketapang. Hingga bermuara di pelabuhan Nasional yang berada di teluk batang”tuturnya.

Untuk Jalan Simpang Hilir-perawas lasarau menyarankan kabupaten Kayong Utara berkoordinasi ke Provinsi Kalimantan Barat untuk peningkatan statusnya menjadi jalan Provinsi.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Upayakan Semua Kapal Di Kayong Utara Miliki Dokumen

Published

on

By

Bupati Citra Upayakan Semua Kapal Di Kayong Utara Miliki Dokumen
Bupati Kayong Utara berharap kapal nelayan miliki surat dokumen

Gencil News – Bupati Kayong Utara berharap semua Kapal yang ada di Kayong Utara memiliki dokumen dan Pas Kapal. Hal ini ia sampaikan ketika melakukan pertemuan. Dengan Hengky kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas II Pontianak Rabu (10/3/2021).

Dalam hal ini, Citra melakukan kunjungan kerja ke Kantor KSOP terkait pengajuan perizinan kapal lebih dari 7 Gros Ton. Untuk dapat memiliki surat ukur, sertifikat Keselamatan, Gros Akta dan Pas Besar.

kepada Bupati, Kepala KSOP menyambut baik dan siap bekerjasama dengan Kayong Utara.

“Bagi nelayan Kayong Utara yang memiliki kapal lebih dari 7 GT dan kurang 7 GT yang ingin mengajukan dokumen kapal. Silakan mempersiapkan persyaratan dan dokumen dapat menghubungi Dinas Kelautan KKU. Biaya gratis,” jelasnya

Keuntungan memiliki dokumen ini agar nelayan memiliki kepastian hukum, mudah memperoleh BBM subsidi dan rasa tenang dalam bekerja.

Sementara itu, untuk mempermudah dokumen kapal bagi nelayan ini. Kayong Utara juga bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat. Dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu berkaitan dengan persetujuan teknis, Tanda Daftar Kapal, SIUP dan SIKPI.

Selain bupati Citra juga melakukan kunjungan kerja ke KSOP Kelas II Pontianak, Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pontianak (PSDKP). Hal ini berkaitan dengan pengajuan bantuan kapal hasil tangkapan yang pernah digunakan oleh nelayan asing.

Bupati berharap kapal hasil tangkapan ini nantinya dapat digunakan sebagai kapal angkutan untuk ke Pulauan Karimata.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Nendar Suheri menuturkan, sudah membuat surat kepada kementrian Kelautan dan akan berkoordinasi Kejaksaan. Untuk meminta hibah kapal tersebut.

“Saya sudah mendapat tugas dari Bupati untuk mengurus proses hibah ini kepada ke Kementrian dan Kejaksaan. Kita berupaya kapal ini dapat dihibahkan ke kayong utara ” kata Nendar Suheri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang mendampingi bupati.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Terima 2000 Al-Qur’an Badan Wakaf Alquran

Published

on

By

Bupati Kayong Utara Terima 2000 Al-Qur'an Badan Wakaf Alquran
Bupati Kayong Utara Citra Duani, menerima 2000 Alquran dari Badan Wakaf Alquran

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani, menerima 2000 Alquran dari Badan Wakaf Alquran. Rencananya ia akan menyalurkannya untuk enam Kecamatan di Kayong Utara. Senin (9/3/2021)

“Insyaallah, Alquran ini akan kita serahkan kepada pondok pesantren. Dan Taman Pendidikan Alquran yang ada di Kayong Utara,” jelas Bupati.

Bupati Citra juga mengucapkan terimakasihnya kepada Tim Wakaf Alquran Kallimantan Barat yang diwakili Ustadz Heru Binawan.

Untuk mendukung program pondok pesantren di Kepulauan Karimata. Tim Badan Wakaf Alquran juga akan memberikan perhatian khusus dan berencana melihat lansung dan datang ke Kecamatan Kepulauan Karimata.

Kepada Tim Badan Wakaf Alquran, Bupati bercerita di Kayong Utara saat ini sudah ada dua pondok Tahfidz Quran. Satu Pondok berada di Kecamatan Sukadana dengan nama Tahfidz Baitul Quran dan Satunya lagi berada di Kecamatan Telok Batang.

“Untuk di Telok Batang Daarul Quran cabang milik Ustadz Yusuf Masnyur,”ceritanya.
Dengan adanya 2000 alquran ini,Bupati berharap akan semakin meningkatkan minat baca alquran di Kayong Utara.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING