Bupati Citra Perintahkan OPD Segera Manfaatkan Data Kependudukan
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Perintahkan OPD Segera Manfaatkan Data Kependudukan

Published

on

Bupati Citra Perintahkan OPD Segera Manfaatkan Data Kependudukan
Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan se-Kalimantan Barat. Senin (8/3/2021), Hotel Mahkota Sukadana.

Gencil News – Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. Untuk segera memanfaatkan data kependudukan.

“Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 telah mengamanatkan bahwa data kependudukan digunakan untuk semua keperluan. Namun dalam pelaksanaannya di OPD masih ada keraguan. Untuk memanfaatkan data kependudukan milik Dukcapil,” kata Citra ketika membuka Rapat Koordinasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan se-Kalimantan Barat. Senin (8/3/2021), Hotel Mahkota Sukadana.

Hal ini, ungkap Citra bahwa dirinya telah beberapa kali mengeluarkan surat perintah. Agar Para OPD melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dan memanfaatkan data kependudukan melalui DWH Terpusat dengan memasang jaringan tertutup (VPN-IP).

“Tapi hingga saat ini pemanfaatan data kependudukan masih belum juga dimanfaatkan oleh OPD bersangkutan. Pada hal dari Laporan Kadis Dukcapil yang melaksanakan Perjanjian kerja Sama sudah lumayan banyak.” Tuturnya.

Karenanya, Citra sekali lagi mengimbau kepada seluruh OPD Kabupaten Kayong Utara. Agar dapat memanfaatkan Data dan Dokumen Kependudukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara. Baik dengan akses web portal maupun dengan penggunaaan Card Reader dalam segala keperluan di OPD Masing-masing.

“Kesadaran akan pentingnya data kependudukan, data perseorangan maupun agregat penduduk. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibersihkan setiap semester, dua kali dalam setahun berasal dari data harian. Bersifat dinamis dari laporan peristiwa penting seperti kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pindah datang penduduk,” jelasnya

Kemudian Bupati Citra juga membuat laporan peristiwa yang berhubungan dengan kependudukan dan pencatatan sipil, sangat penting di galakan. Agar mendapatkan data yang valid demi kelancaran pelayanan di tingkat OPD sampai ke tingkat Desa. Sehingga data yang akan disajikan berdampak positif untuk pembangunan di Kabupaten Kayong Utara.

Optimalisasi Kinerja

Citra juga berterima kasih kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang telah optimal. Dalam pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan dengan Lembaga Pengguna di tingkat Kabupaten Kayong Utara. Sehingga Dukcapil Kabupaten Kayong Utara masuk ke dalam peringkat 10 (Sepuluh) besar Perjanjian Kerja Sama se-Indonesia.

“Saya berharap kepada para lembaga pengguna yang sudah melaksanakan PKS (termasuk OPD, RSUD dan Asri). Dapat segera mengakses ke DWH Terpusat. Dan untuk OPD untuk segera melakukan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan. Dengan akses DWH Terpusat dan menganggarkan card reader (Alat Baca KTP Elektronik) untuk dijadikan sebagai Absensi Buku Tamu Elektronik. Tak lupa juga kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara. Selaku pengamanan jaringan dari penyadapan dan hacker untuk dapat memfasilitasi Para OPD. Dalam penggunaan jaringan Internet tertutup (bukan jaringan publik) untuk mengakses DWH Terpusat, sehingga data tetap aman.” Ucapnya.

Bupati Citra juga memberikan penghargaan kepada Camat Teluk Batang atas partisipasi dan kerjasamanya. Dalam memanfaatkan akses Data Kependudukan berbasis NIK melalui DWH Terpusat secara aktif.

“Saya berharap Kecamatan Teluk Batang juga dapat menjadi contoh Kecamatan dan OPD lain. Agar memaksimalkan akses data kependudukan sesuai Permendagri Nomor 102 Tahun 2019.” Katanya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Gaung Siduk -Teluk Batang Sampai Ke Senayan, Lasarus Pastikan Jadi Prioritas

Published

on

Gaung Siduk -Teluk Batang Sampai Ke Senayan, Lasarus Pastikan Jadi Prioritas

Gencil News – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memastikan akan menempatkan peningkatan status jalan Siduk – Teluk Batang menjadi prioritas sebagai pembahasan. Lasarus mengatakan peningkatan Status Jalan Siduk -teluk batang gaungnya sudah sering terdengar sampai ke Senayan.

“Untuk status jalan Siduk-teluk batang, jelas tinggal melanjutkan Jalan raya Ketapang hingga bermuara di pelabuhan Nasional yang berada di teluk batang”jelas Lasarus.

Untuk Jalan Simpang Hilir-Perawas, Lasarus menyarankan kepada Kabupaten Kayong Utara untuk melakukan koordinasi dengan pihak Provinsi Kalimantan Barat untuk peningkatan statusnya menjadi Jalan Provinsi.

Rabu (30/03/2021) Bupati Kayong Utara Citra Duani, Ketua DPRD KKU Sarnawi dan atlet tinju nasional Daud Yordan datang mengunjungi DPR RI.

Bupati Citra bertemu dengan Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan, dalam kesempatan itu, Citra ditemui oleh Ketua Komisi V, Lasarus.

Kepada Ketua Komisi V Lasarus, Bupati Citra menyampaikan kondisi infrastruktur Kabupaten Kayong Utara yang memerlukan anggaran untuk mengatasi jalan yang berjarak 80km.

Dengan adanya perbaikan jalan tersebut, diharapkan terjadinya peningkatan perekonomina di Kayong Utara.

“Alhamdulillah, Peningkatan status jalan Provinsi Siduk-teluk batang mendapatkan Dukungan dari DPR RI dan ditahun ini masuk dalam pembahasan perubahan status menjadi jalan Negara”terangnya

“Kami bersyukur dan merasa tersanjung, bahwa kunjungan kali ini disambut langsung oleh Bapak Ketua Komisi V Lasarus dan kami mendapatkan masukkan yang sangat berarti dari beliau”pungkas Citra.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Alih Status Jalan Siduk – Teluk Batang Kayong Utara Jadi Jalan Negara

Published

on

By

Alih Status Jalan Siduk - Teluk Batang Kayong Utara Jadi Jalan Negara
Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama Ketua DPRD Sarnawi dan Atlit Tinju Daud Yordan mengunjungi DPR RI

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani bersama Ketua DPRD Sarnawi dan Atlit Tinju Daud Yordan mengunjungi DPR RI. Untuk tindak lanjut Peningkatan Status Jalan Negara untuk Siduk – Teluk Batang. pada Rabu (30/3).

“Alhamdulillah, Peningkatan status jalan Provinsi Siduk-teluk batang mendapatkan dukungan dari DPR RI. Kemudian pada tahun ini masuk dalam pembahasan perubahan status menjadi jalan Negara”terang Bupati Citra

Bupati Citra menyampaikan Aspirasinya langsung kepada Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan.

Dalam pertemuannya Citra berkonsultasi untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kayong Utara yang salah satunya peningkatan Infrastruktur.

Kedatangan Citra disambut baik oleh Komisi V Lasarus dengan gagasan dan masukan untuk Bupati Citra.

Menurutnya kerusakan jalan sepanjang 80 kilometer tersebut membutuhkan sentuhan anggaran negara.

Sementara itu, Ketua Komis V DPR RI fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalbar II, Lasarus mengatakan peningkatan Status Jalan Siduk -teluk batang sudah sering terdengar pada lingkungan Senayan.

Lasarus memastikan perubahan status ini akan masuk dalam pembahasan.

“Untuk status jalan Siduk-teluk batang, jelas tinggal melanjutkan Jalan raya Ketapang. Hingga bermuara di pelabuhan Nasional yang berada di teluk batang”tuturnya.

Untuk Jalan Simpang Hilir-perawas lasarau menyarankan kabupaten Kayong Utara berkoordinasi ke Provinsi Kalimantan Barat untuk peningkatan statusnya menjadi jalan Provinsi.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Upayakan Semua Kapal Di Kayong Utara Miliki Dokumen

Published

on

By

Bupati Citra Upayakan Semua Kapal Di Kayong Utara Miliki Dokumen
Bupati Kayong Utara berharap kapal nelayan miliki surat dokumen

Gencil News – Bupati Kayong Utara berharap semua Kapal yang ada di Kayong Utara memiliki dokumen dan Pas Kapal. Hal ini ia sampaikan ketika melakukan pertemuan. Dengan Hengky kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas II Pontianak Rabu (10/3/2021).

Dalam hal ini, Citra melakukan kunjungan kerja ke Kantor KSOP terkait pengajuan perizinan kapal lebih dari 7 Gros Ton. Untuk dapat memiliki surat ukur, sertifikat Keselamatan, Gros Akta dan Pas Besar.

kepada Bupati, Kepala KSOP menyambut baik dan siap bekerjasama dengan Kayong Utara.

“Bagi nelayan Kayong Utara yang memiliki kapal lebih dari 7 GT dan kurang 7 GT yang ingin mengajukan dokumen kapal. Silakan mempersiapkan persyaratan dan dokumen dapat menghubungi Dinas Kelautan KKU. Biaya gratis,” jelasnya

Keuntungan memiliki dokumen ini agar nelayan memiliki kepastian hukum, mudah memperoleh BBM subsidi dan rasa tenang dalam bekerja.

Sementara itu, untuk mempermudah dokumen kapal bagi nelayan ini. Kayong Utara juga bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat. Dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu berkaitan dengan persetujuan teknis, Tanda Daftar Kapal, SIUP dan SIKPI.

Selain bupati Citra juga melakukan kunjungan kerja ke KSOP Kelas II Pontianak, Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pontianak (PSDKP). Hal ini berkaitan dengan pengajuan bantuan kapal hasil tangkapan yang pernah digunakan oleh nelayan asing.

Bupati berharap kapal hasil tangkapan ini nantinya dapat digunakan sebagai kapal angkutan untuk ke Pulauan Karimata.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Nendar Suheri menuturkan, sudah membuat surat kepada kementrian Kelautan dan akan berkoordinasi Kejaksaan. Untuk meminta hibah kapal tersebut.

“Saya sudah mendapat tugas dari Bupati untuk mengurus proses hibah ini kepada ke Kementrian dan Kejaksaan. Kita berupaya kapal ini dapat dihibahkan ke kayong utara ” kata Nendar Suheri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang mendampingi bupati.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Terima 2000 Al-Qur’an Badan Wakaf Alquran

Published

on

By

Bupati Kayong Utara Terima 2000 Al-Qur'an Badan Wakaf Alquran
Bupati Kayong Utara Citra Duani, menerima 2000 Alquran dari Badan Wakaf Alquran

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani, menerima 2000 Alquran dari Badan Wakaf Alquran. Rencananya ia akan menyalurkannya untuk enam Kecamatan di Kayong Utara. Senin (9/3/2021)

“Insyaallah, Alquran ini akan kita serahkan kepada pondok pesantren. Dan Taman Pendidikan Alquran yang ada di Kayong Utara,” jelas Bupati.

Bupati Citra juga mengucapkan terimakasihnya kepada Tim Wakaf Alquran Kallimantan Barat yang diwakili Ustadz Heru Binawan.

Untuk mendukung program pondok pesantren di Kepulauan Karimata. Tim Badan Wakaf Alquran juga akan memberikan perhatian khusus dan berencana melihat lansung dan datang ke Kecamatan Kepulauan Karimata.

Kepada Tim Badan Wakaf Alquran, Bupati bercerita di Kayong Utara saat ini sudah ada dua pondok Tahfidz Quran. Satu Pondok berada di Kecamatan Sukadana dengan nama Tahfidz Baitul Quran dan Satunya lagi berada di Kecamatan Telok Batang.

“Untuk di Telok Batang Daarul Quran cabang milik Ustadz Yusuf Masnyur,”ceritanya.
Dengan adanya 2000 alquran ini,Bupati berharap akan semakin meningkatkan minat baca alquran di Kayong Utara.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING