Bupati Kayong Utara Pimpin Apel Operasi Yustisi, Pejabat Eselon Wajib Tes Usap
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Pimpin Apel Operasi Yustisi, Pejabat Eselon Wajib Tes Usap

Published

on

Bupati Kayong Utara Pimpin Apel Operasi Yustisi, Pejabat Eselon Wajib Tes Usap

Gencil News -Bupati Kayong Utara Citra Duani menghimbau kepada semua pihak untuk menaati peraturan dan menegakan disiplinn protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Kayong Utara.

Hal ini disampaikan Bupati ketika memimpin Apel dalam rangka Operasi Yustisi Mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan covid-19 di Halaman Kantor Bupati Kayong Utara, Senin (28/9/2020).

Apel yang dihadiri jajaran pejabat di Kabupaten Kayong Utara, ASN, dan Tim Gabungan Pengendalian, Pengawasan Pendisiplinan, Penegakan Hukum Pelanggaran Protokol Kesehatan. Apel ini juga dilakukan serentak di seluruh Kecamatan.

Menurut Citra Tujuan dilaksanakan apel ini, untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Peraturan Bupati Kayong Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (covid-19) yang akan dilakukan Tim Gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan demi menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Kayong Utara menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Semenjak merebaknya pandemi covid-19 di dunia, telah memaksa kita untuk senantiasa waspada dan terus berupaya mencegah penularan Covid-19.” Kata Citra.

Citra melanjutkan, Penyebaran virus corona yang sangat cepat, telah mengubah aktivitas kehidupan di masyarakat.

“Perubahan tersebut memberikan dampak yang sangat besar bagi tatanan kehidupan di berbagai sektor. Pemerintah pusat maupun daerah sudah bekerja keras dalam menangani pandemi ini.” Lanjutnya.

Menurut Bupati Citra, kondisi ini memaksa kita untuk menerapkan konsep adaptasi kebiasan baru yang secara bertahap harus kita implementasikan.

Dalam hal ini ASN juga sudah bekerja seperti biasa, namun tetap menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, juga menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi.

“Saya selaku pimpinan daerah berharap agar tatanan baru atau new normal di Kayong Utara dapat berjalan secara bertahap dan akan di evaluasi lahi secara dinamis, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi yang berkembang.” Katanya.

Bupati Citra juga menginstuksikan kepada Puskesmas yang tersebar untuk melakukan swab kepada pasien yang dicurigai terpapar covid-19 untuk dilakukan tes usap (swab).

“Khusus kepada ASN eselon II, III, dan IV wajib di tes usap, sehingga satu minggu kita harapkan bisa mencapai 100 sample tes usap.” Katanya.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga memantau pelaksanaan Operasi Yustisi yang dilaksanakan di beberapa titik di Kota Sukadana.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Pemda Kayong Utara Jalin MoU Dengan Kemenkes

Published

on

pemkab-kayong
"Sangat luar biasa adanya dokter spesialis ini. Karena selama inikan sedikit-sedikit kita dirujuk ke Ketapang, mudah - mudahan dengan adanya bantuan dokter spesialis ini kita bisa jalani perawatan disini saja" Effendi Ahmad (Wakil Bupati Kayong Utara) - foto/data: pemkab Kayong utara

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melaksanakan Penandatangan Nota Kesepakatan (MoU) secara daring melalui konferensi video dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terkait pendayagunaan dokter spesialis.

Melalui prorgam Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) ini, Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad berharap RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I Sukadana dapat menambah peningaktan pelayanan kepada masyarakat.

“Sangat luar biasa adanya dokter spesialis ini. Karena selama inikan sedikit-sedikit kita dirujuk ke Ketapang, mudah – mudahan dengan adanya bantuan dokter spesialis ini kita bisa jalani perawatan disini saja, ” ungkap Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, Rabu (18/11/2020) yang ditemui usai melaksanakan penandatanganan MoU.

Sedangkan menurut dr Maria Fransisca Antonelly, Direktur RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I, mengatakan, program Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) ini salah satu program dalam pemerataan tenaga medis, khususnya dokter spesialis.

“Karena kurang meratanya penempatan dokter – dokter spesialis, terutama di daerah – daerah terpencil, seperti kepulauan,” ungkapnya.

Lanjut dr Maria Fransisca Antonelly, untuk mendapatkan tenaga dokter spesialis pihaknya mengaku kesulitan, sehingga melalui program ini akan ada beberapa dokter spesialis yang akan masuk ke Kayong Utara, walaupun dengan batas waktu tertentu.

“Periodenya hampir setiap dua bulan, nanti kita mengusulkan, saat ini kita usulkan dokter kandungan, kalau dokter penyakit dalam, dan spesialis anak yang ada di rumah sakit sekarang itu juga dari PGDS tapi dia masa baktinya belum selesai,” tambahnya.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Pemkab Kayong Utara Prioritaskan Program Air Bersih Untuk Masyarakat

Published

on

By

Pemkab Kayong Utara Prioritaskan Program Air Bersih Untuk Masyarakat

Gencil News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara prioritaskan program air bersih dan pembenahan sumber mata air untuk masyarakat Kayong Utara. Program ini cocok dengan kondisi pandemi seperti ini agar masyarakat hidup sehat.

Pemkab Kayong Utara memaksimalkan anggaran yang ada meski terjadi pemangkasan anggaran sebelumnya karena pandemi. Dengan tetap berupaya memperhatikan pembangunan kebutuhan dasar masyarakat.

Sementara untuk pembangunan yang bersumber dana APBD pada tahun 2021 dinas PUPR bidang cipta karya beserta UPT pelayanan air bersih. Akan tetap fokus dan serius menangani rehab jaringan perpipaan dan bangunan broncep untuk semua sumber air yang sudah terpasang setiap desa kecamatan Sukadana.

” Salah satu desa yang itu seperti Nek otong, Lubuk tapah mentubang, Gunung topeng, Mandi bintang dan Gunung sembilan,” ujar Bupati Kayong Utara Citra Duani.

Bupati Kayong Utara menerangkan pembangunan yang bersumber dana APBN melalui BWSK 1 dan di support TNGP. Pemkab berusaha serius terealisasinya pembagunan sumber air baku balaban pada wilayah melano.

Yaitu dengan menyediakan aggaran untuk pembelian tanah untuk bangunan reservoar di jalan Gusti Room, Amdal dan mengurus izin pemanfaatan air.

“Melalui dana alokasi khusus (DAK), tahun depan fokus merehab jaringan pipa sumber air sungai buloh yg melayani jaringan air bersih di siduk,” katanya

Bupati Citra mengatakan peningkatan kondisi dalam 1 tahun ini baru mencapai 7 persen karena menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sementara Pemkab Kayong Utara juga menyiapkan program prioritas lainnya. Pemkab Kayong Utara memperogramkan bantuan bedah rumah sebanyak 90 unit dengan nilai 1,5 Miliar yang akan terealisasi tahun 2021.

“Fokus lain yang dilakukan adalah pembangunan bandara Kayong Utara,” tambahnya

Pria yang pernah menjabat sebagai Kabag Humas Provinsi Kalimantan Barat ini juga menjelaskan bahwa pada tahun 2021 kepulauan karimata juga akan dapat SPBU 3T. Dalam hal ini Pekab Kayong Utara sudah mendorongnya melalui BPH Migas.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Citra Duani Tegaskan Akan Ganti Kepala Desa Yang Bandel Salurkan BLT

Published

on

Citra Duani Tegaskan Akan Ganti Kepala Desa Yang Bandel Salurkan BLT

Gencil News – Bupati Kayong Utara (KKU) Citra Duani tegaskan akan ganti Kepala Desa yang “bandel” dalam menyalurkan BLT. Menurut Citra Duani masih ada Kepala Desa yang bandel, dan Citra Duani memastikan akan mengganti Kepala Desa itu.

Saat hadir dalam dan memberikan sambutan pada acara Musrenbang Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kayong Utara Tahun 2019-2023. Bupat KKU menyentil para Kepala Desa yang menurutnya tidak amanah dalam menyampaikan bantuan sosial kepada masyarakat.

Kata Citra Duani, bantuan sosial itu adalah haknya masyarakat dan sudah semestinya masyarakat yang harus menerima. Jangan sampai ada oknum pemerintahan yang mempersulit masyarakat untuk mendapatkan hak bantuan sosial.

“Kalau saja ada penjabat yang bertindak laku seperti itu. Maka penjabat tersebut harus cepat diganti, dak boleh seperti itu” tegas Citra Duani.

Dalam acara Musrenbang Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kayong Utara Tahun 2019-2023. Bupati KKU juga minta kepada para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk lebih sering berkunjung ke masyarakat.

Tentunya bermaksud agar masyarakat lebih bisa mengenal para penjabat-penjabat tersebut. CItra Duani juga menegaskan dalam berkarir sebagai aparat pemerintah memang harus bisa berinteraksi kepada masyarakat. Sebab, masyarakat akan menilai sejauh mana keberadaan penjabat dalam melayani masyarakat.

“Masyarakat sekarang sudah dapat menilai, sejauh mana kinerja dan kedekatan penjabat kepada masyarakat” pungkas Bupati KKU Citra Duani.

Continue Reading

TRENDING