Bupati Kayong Utara Wujudkan Program Bedah Rumah Untuk Masyarakat
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Wujudkan Program Bedah Rumah Untuk Masyarakat

Published

on

Bupati Kayong Utara Wujudkan Program Bedah Rumah Untuk Masyarakat
Bupati Citra menempelkan stiker peresmian bedah rumah

Gencil News – Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani melaksanakan penempelan stiker bedah rumah swadaya layak huni di Desa Pelapis Kecamatan Kepulauan Karimata, pada Kamis (21/1/2021).

Bupati Citra mengatakan penempelan stiker tersebut merupakan sebagai peresmian bedah rumah yang telah selesai dan siap untuk dihuni.

“Penempelan stiker bedah rumah yang kita laksanakan ini sebagai tanda bahwa rumah tersebut telah resmi dan selesai pengerjaannya. Serta sudah dapat dihuni dan dinikmati oleh pemiliknya dengan layak,” kata Bupati.

Kemudian Bupati menerangkan bahwa untuk tahun 2020 di Desa Pelapis mendapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 25 unit. Dengan adanya program bedah rumah tidak layak huni tersebut, maka masyarakat sangat terbantu. Karena mayarakat memang sangat menginginkan rumah yang layak untuk ditempati.

Lebih lanjut Bupati Citra mengungkapkan bahwa program bedah rumah tidak layak huni ini akan berlanjut sehingga bantuan tersebut akan merata.

“Bantuan bedah rumah ini akan terus berlanjut namun dengan adanya revocussing anggaran akibat pandemi covid-19. Maka bantuan tersebut akan berkurang tetapi untuk tahun ini kita akan prioritaskan bagi daerah-daerah yang belum dapat. Sehingga bantuan ini bisa merata,” ungkap Bupati.

Sekretaris Komisi II DPRD Kayong Utara Apresiasi Program Bedah Rumah

Selanjutnya Sekretaris Komisi II DPRD Kayong Utara Bung Tomo memberikan apresiasi atas terlaksananya program bedah rumah. Yang telah terselesaikan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkim LH Kabupaten Kayong Utara. Karena menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat dan membantu bagi masyarakat Kepulauan Karimata.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap pemerintah daerah yang telah memprogramkan dan telah menyelesaikan bedah rumah. Karena dengan adanya program ini maka masyarakat bisa menempati rumah yang layak huni. Yang tadinya mereka tinggal di rumah reok dan bangunannya tidak permanen. Kini mereka sudah bisa menempati rumah yang layak huni,” ungkap Bung Tomo.

Kemudian Politisi dari Partai Golkar tersebut mengatakan bahwa untuk infrastruktur di Kecamatan Kepulauan Karimata telah banyak kemajuan. Yang sebelumnya ada beberapa infrastruktur belum ada sekarang sudah ada seperti pembangunan beberapa pelabuhan dan ruas-ruas jalan. Serta Puskesmas yang cukup megeh di Desa Padang.

Namun ia juga mengharapkan agar infrastruktur tersebut dapat terus meningkat dan Puskesmas tersebut mendapat dukungan dengan operasional serta para medis yang memadai.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Serius Tangani Karhutla Bupati Citra Keluarkan Surat Keputusan Siaga

Published

on

By

Serius Tangani Karhutla Bupati Citra Keluarkan Surat Keputusan Siaga
Rakor penanggulangan Karhutla di Pontianak, Kamis (25/2).

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani mengajak seluruh stakeholder serta masyarakat untuk monitoring mendeteksi dini hotspots dan firespots Karhutla. Serta tidak menciptakan api di lahan yang kering. d;kalam upaya menanggulani kebakaran hutan dan ladang.

“Agar tidak berdampak luas dan tidak mengalami kerugian besar, kita harus bersatu, bergerak cepat, melakukan monitoring rutin. Meningkatkan frekuensi patroli dan pemeriksaan di lapangan” ucap Citra saat acara Rakor penanggulangan Karhutla di Pontianak, Kamis (25/2).

Dengan begitu, bupati Citra telah menerbitkan surat keputusan status siaga bencana Karhutla di Kayong Utara tahun 2021. Yang kemudian dapat menjadi dasar pengambilan tindakan bagi pemerintah dan BPBD.

Bupati citra berpesan agar pihak terkait tidak menunggu api semakin meluas.

“Jangan menunggu api meluas baru bertindak, akan semakin sulit memadamkannya. Kita mengambil langkah antisipasi dan pencegahan untuk itu 19 Februari lalu kita sudah menetapkan status siaga” tegasnya.

Mengingat pengalaman penanganan karhutla tahun sebelumnya, menjadi dasar bagi citra untuk lebih baik dan sistematis melakukan inovasi-inovasi.

Yang kemudian dapat mengambil langkah-langkah kebijakan untuk mempercepat atau mempermudah upaya pencegahan karhutla.

Bupati Citra juga telah melakukan pemetaan ke daerah rawan terjadi Karhutla. Dengan terus melakukan monitoring membuat kanal, parit, dan menjaga ketersediaan air dan pompa air dilokasi terdekat.

Selanjutnya, Polda Kalbar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Antar Lembaga sebagai langkah evaluasi penanganan karhutla dari berbagai kondisi di lapangan, serta langkah persiapan ke depan menghadapi Karhutla tahun 2021.

“Adapun pokok-pokok arahannya yaitu  penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi. Pengendalian dan pemadaman segera setiap titik api dan penegakan hukum secara tegas bagi pembakar hutan agar memberikan efek jera” tambahnya.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Follow Up Rencana Pembangunan Bandara Kayong Utara

Published

on

By

Bupati Citra Follow Up Rencana Pembangunan Bandara Kayong Utara
Musawarah Penetapan Ganti Kerugian Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukadana. Selasa (23/02/2020), Kantor Desa Simpang Tiga, Siduk, Kecamatan Sukadana.

Gencil News – Bupati Kayong Utara, Citra Duani berharap proses pembebasan lahan rencana bandara Kayong Utara berjalan lancar, dan menyatakan segala proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kita melakukan musyawarah penetapan tentang pembebasan lahan Bandara Sukadana kepada pemilik lahan, sesuai dengan prosedur dan tahapan-tahapan. Penetapan nilai tanah ini sebagaimana hasil penetapan oleh Tim Penilai Independen (appraisal).” Kata Citra Duani ketika memberikan pengarahan. Dalam Musawarah Penetapan Ganti Kerugian Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Sukadana. Selasa (23/02/2020), Kantor Desa Simpang Tiga, Siduk, Kecamatan Sukadana.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pehubungan, Kepala Bappeda-Litbang Kayong Utara, dan Kepala Kantor BPN Kayong Utara mendampingi Bupati Citra.

Ia menegaskan agar Pemerintah Daerah tidak melakukan intervensi terhadap nilai ganti rugi, dan menyerahkan semuanya kepada Tim Appraisal.

“Selaku Bupati saya juga tidak tahu harga masing-masing, dan nilai ganti rugi kita serahkan kepada Tim Appraisal. Allhamdulillah dari laporan hampir seluruhnya menerima.” Tutur Citra.

Citra Optimis proses ini berjalan lancar, sehingga pembangunan Bandara Sukadana cepat terealisasi.

“Saat ini sudah mencapai kesepakatan, dan tahap selanjutnya bisa melakukan validasi oleh BPN dan menunggu proses eksekusi ganti rugi lahan,” Ujarnya

Ia menambahkan, Jika tahapan ini selesai, BPN tinggal memproses pembuatan sertifikat tanah pemerintah daerah . Baru kemudian akan kita hibahkan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dan setelah itu, tinggal menunggu pembangunan dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara, Venita mengatakan musyawarah ini untuk menetapkan bentuk dan nilai ganti rugi yang diberikan.

Ganti Rugi Berupa Uang


“Dan seluruh masyarakat sepakat akan menerima ganti rugi dalam bentuk uang. Dari sini kemudian para pemilik tanah akan di panggil satu persatu. Untuk kami sampaikan berapa nilai ganti rugi yang bersangkutan.” Kata Venita

Dari hasil inventarisir Tim Appraisal terdapat 161 bidang tanah yang telah dinilai, dan ada sekitar 20 persennya menggunakan kuasa. Dan untuk kuasa ini kami sudah mempersiapkan teknis tersendiri.

“Lancarnya musyawarah ini tak lepas dari kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah. Bersama Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara. Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati yang telah mau berkomunikasi dengan masyarakat. Dan koordinasi yang baik dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara.” Ucap Venita.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Pemkab Kayong Utara Wadahi Pemuda Berkreasi Berbagai Sektor

Published

on

By

Dialog Strategis Pemuda dan Pembangunan. Yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kabupaten Kayong Utara (Himakatra) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dan Komite Nasional Pemuda (KNPI) Kayong Utara, Kamis (18/02/2020) Pontianak.

Gencil News – Para pemuda harus dapat menemukan bakat dan keahliannya sesuai dengan potensi diri dan disiplin ilmu masing-masing. Sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Pemerintah Kayong Utara memberikan ruang yang besar kepada pemuda untuk berkereasi dalam berbabagai sektor. Agar pemuda dapat menggelutinya, seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan. Kemudian pariwisata, dan sektor-sektor lainnya.” Kata Effendi Ahmad dalam Dialog Strategis Pemuda dan Pembangunan. Yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kabupaten Kayong Utara (Himakatra) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dan Komite Nasional Pemuda (KNPI) Kayong Utara, Kamis (18/02/2020) Pontianak.

Menurut Effendi, para pemuda harus kita didik sedini mungkin agar mereka siap ketika praktek ke lapangan.

“Pemuda harus sedini mungkin kita didik, kita ajari. Karena hari ini mereka dalam pendidikan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, dan setelah melalui dunia pendidikan, mereka bisa langsung praktek di lapangan, dan daerah membutuhkan itu,” katanya dalam diskusi yang bertemakan mempertegas kepeloporan peran pemuda dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di Kabupaten Kayong Utara.

Ketua KNPI Kayong Utara, Bung Tomo menyatakan, saat ini peran pemuda sangat penting. Dan merupakan harapan masa depan dan tumpuan pembangunan daerah.

“Harapannya agar pemuda memiliki kualitas, integritas, untuk dapat bersaing dalam berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, pertanian, dan perkebunan. Dan kita berharap para pemuda ini dapat menjadi pelopor perubahan, penggerak pembangunan. Mereka harus mampu membaca peluang-peluang baru di berbagai bidang” Ujar Bung Tomo yang juga legislator di Kabupaten Kayong Utara.

Sementara itu, Akademisi Universitas Tanjungpura, M. Sabran menyatakan, di era disrupsi ini, pemuda harus siap menghadapi tantangan, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan.

“Pemuda ini adalah kekuatan, merupakan agen of change, dan saat ini menjadi ujung tombak Kabupaten Kayong Utara dalam menghadapi revolusi 4.0.” Ungkap Sabran.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING