Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Hildi Hamid Jadi Dubes Azerbaijan, Ini Kata Bupati Kayong Utara

Published

on

Hildi Hamid

Gencil News – Hildi Hamid dilantik menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Azerbaijan.

Hildi Hamid adalah putra asli Kalbar yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 19 Agustus 1954. Ia sempat menjabat sebagai Bupati Kayong Utara selama dua periode yakni 2008-2013 dan 2013-2018.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani memberikan apresiasi kepada Hildi Hamid, mantan Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid menjadi Duta Besar Republik Azerbaijan.

“Saya selaku Kepala Daerah Kayong Utara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan selamat kepada Hildi Hamid,” kata Citra Duani di Sukadana.

Menurutnya, hal ini menoreh sejarah baru di Kalbar bahkan mungkin di Indonesia, dimana mantan Bupati KKU yang pernah menjabat selama dua periode dipercaya oleh Pemerintah Pusat menjadi duta besar.

Jejak karier dan prestasi Hildi Hamid, dikatakan Citra, sebagai pejuang yang ikut merintis Kabupaten Kayong Utara dan berhasil menghantarkan Kayong Utara maju dan berkembang dengan berbagai hasil pembangunan, khususnya dengan Program Pendidikan dan Kesehatan Gratis.

Perjuangan dan pengabdian Hildi Hamid patut dijadikan panutan sebagai inspirasi bagi dirinya untuk terus melanjutkan program-program yang telah berhasil dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga beliau diberikan kesehatan dan keselamatan, serta selamat dan sukses menempati tugas yang baru,” tukas Citra Duani.

Presiden Jokowi Lantik 20 Duta Besar LBBP, Salah Satunya Putra Kalbar

Presiden Jokowi melantik melantik 20 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta

 Upacara pelantikan dimulai hari Senin (14/9/2020) pukul 10.00 WIB. Para dubes yang dilantik mengenakan masker merah, face shield, dan menjaga jarak satu dengan lainnya.

Pelantikan 20 Dubes LBBP RI berdasarkan keputusan presiden nomor 91/P/2020, 92/P/2020, dan 93/P/2020 tentang pengangkatan Dubes LBBP RI.

Berikut nama Dubes LBBP RI yang dilantik Presiden RI Joko Widodo

1. Laurentius Amrih Jinangkung. Dubes LBBP RI untuk Tahta Suci Vatican, berkedudukan di Vatican


2. Hildi Hamid. Dubes LBBP RI untuk Republik Azerbaijan, berkedudukan di Baku

3. Mayjen TNI (Purn) Imam Edy Mulyono. Dubes LBBP RI untuk Republik Bolavarian Venezuela, merangkap Republik Trinidad & Tobago, Grenada, St. Lucia, Dominica (Commonwealth) dan St. Vincent & The Grenadies, berkedudukan di Caracas


4. Mayerfas. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Belanda merangkap OPCW, berkedudukan di Den Haag

5. Ridwan Hassan. Dubes LBBP RI untuk Qatar, berkedudukan di Doha

6. Ratu Silvy Gayatri. Dubes LBBP RI untuk Republik Finlandia merangkap Estonia, berkedudukan di Helsinki


7. Sukmo Harsono. Dubes LBBP RI untuk Republik Panama merangkap Republik Honduras, Republik Costa Rika, dan Republik Nikaragua, berkedudukan di Panama City

8. Agung Kurniadi. Dubes LBBP RI untuk Ekuador, berkedudukan di Quito


9. Suryopratomo. Dubes LBBP RI untuk Republik Singapura, berkedudukan di Singapura


10. Kamapradipta Isnomo. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia, berkedudukan di Stockholm

11. Ronny Prasetyo Yuliantoro. Dubes LBBP RI untuk Republik Islam Iran merangkap Turkmenistan, berkedudukan di Tehran


12. Andri Hadi. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Belgia merangkap Keharyapatihan Luksemburg dan Uni Eropa, berkedudukan di Brussel

13. Wisnu Edi Pratignyo. Dubes LBBP RI untuk Republik Namibia merangkap Republik Angola, berkedudukan di Windhoek


14. Muhammad Lutfi. Dubes LBBP RI untuk Amerika Serikat, berkedudukan di Washington DC

15. Hermono. Dubes LBBP RI untuk Malaysia, berkedudukan di Kuala Lumpur

16. Adam Mulawarman Tugio. Dubes LBBP RI untuk Republik Islam Pakistan berkedudukan di Islamabad


17. Mohamad Hery Saripudin. Dubes LBBP RI untuk Republik Kenya merangkap Republik Demokratik Kongo Republik Mauritius, Republik Seychelles, Republik Federal Somalia, Republik Uganda dan Perwakilan Tetap untuk UNEP, berkedudukan di Nairobi


18. Herry Sudrajat. Dubes LBBP RI untuk Republik Mozambique merangkap Republik Malawi, berkedudukan di Maputo


19. Denny Abdi. Dubes LBBP RI untuk Republik Sosialis Vietnam, berkedudukan di Hanoi


20. Mohamad Irzan Djohan. Dubes LBBP RI untuk Kesultanan Oman, berkedudukan di Muscat

Dari ke 20 nama  Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia, terdapat nama Hildi Hamid yang akan bertugas sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Azerbaijan yang berkedudukan di Baku.

Hildi Hamid adalah putra asli Kalbar yang lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 19 Agustus 1954. Ia sempat menjabat sebagai Bupati Kayong Utara selama dua periode yakni 2008-2013 dan 2013-2018.

 Hildi Hamid ini merupakan orang pertama asal Kalimantan Barat yang dipercaya oleh pemerintah menjadi duta besar.

Jejak karier dan prestasi Hildi Hamid adalah turut ikut merintis Kabupaten Kayong Utara dan berhasil menghantarkan Kayong Utara maju dan berkembang dengan berbagai hasil pembangunan, khususnya dengan Program Pendidikan dan Kesehatan Gratis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kabupaten Kayong Utara

Tinjau Proyek Irigasi, Citra Duani Tekankan PUPR Tuntaskan Dengan Baik

Published

on

Tinjau Proyek Irigasi, Citra Duani Tekankan PUPR Tuntaskan Dengan Baik

Gencil News – Bupati Citra Duani pada hari rabu (23/9), melakukan inspeksi atau pemeriksaan pada proyek strategis dan menjadi prioritas daerah yang ditargetkan rampung bulan Desember tahun ini.

Salah satu proyek yang dikunjungi Kepala Daerah Kabupaten Kayong Utara (KKU) itu adalah proyek irigasi saluran pertanian yang berada di desa Matan Jaya kecamatan Simpang Hilir.

Inspeksi yang dilakukan kepala Daerah Kabupaten Betuah (julukan Kayong Utara) untuk memastikan berjalanya tiap program yang menjadi komitmenya ketika terpilih menjadi kepala daerah bersama pasanganya Effendi Achmad.

Sebelumnya, dihari senin (21/9) lalu, Citra Duani juga melakukan kegiatan serupa di dusun Tanjung Belimbing desa Pangkalan Buton Kecamatan Sukadana.

Kehadiran Bupati di desa Matan Jaya bersama pejabat dinas PUPR, seperti, Ir. Suratmin, Kasi Pengairan, Syarif M Riduansyah, ketua Kadin KKU, Baharuddin dan Jumadi dari bagian Humpro serta sejumlah ASN dilingkungan Pemkab KKU di sambut camat Simpang Hilir, Kamaruddin, Pejabat Kades, Syarif Mulyana, Sekdes Iwan Gunawan, tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Dihadapan mereka, Citra Duani menjelaskan, proyek yang didatanginya ini diharapkan dapat berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

“Kami hadir kesini untuk memastikan agar kegiatan ini dapat dikerjakan sesuai dengan perencanaan dan bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa ini utamanya dan berguna bagi usaha masyarakat yang bekerja sebagai petani” kata Bupati.

Momentum itu juga digunakan Bupati untuk memberi sejumlah pesan pada masyarakat setempat agar membantu pelaksanaan pengerjaan proyek irigasi tersebut.

Selanjutnya, dia juga menekankan pentingnya usaha pertanian bagi kehidupan manusia. Katanya, tanpa warga yang berprofesi sebagai petani, maka manusia akan sulit memenuhi kebutuhan dasarnya.

“Karena sektor pertanian saye anggap sangat penting. Jangan anggap sepele petani, karena kalo dak ade petani kita mau makan ape. Banggelah jadi petani, anak dan menantu petani. Dan semoga saye harap kedepan ade anak dari desa ini yang jadi petani sukses dan sejahtera” harap Bupati.

Untuk diketahui, tahun anggaran 2020 Dinas PUPR Kayong Utara melalui APBD murni mendapat alokasi sekitar 80 Milyar sebagai belanja modal untuk pembiayaan proyek air bersih, proyek irigasi pertanian dan beberapa proyek infrasruktur jalan yang menjadi kewenangan kabupaten dan sudah dianggarkan dalam APBD.

Terungkap pula, kesengajaan Citra Duani melakukan aktivitas gotong royong bersama masyarakat dan forkopimda sebagai bentuk tanggung jawab daerah dan menarik perhatian pemerintah provinsi dan pusat agar memberi porsi lebih untuk membangun infrastruktur KKU.

“Atas itulah agar masyarakat memahami dan jangan membuat gaduh yang merugikan proses pembangunan daerah” pungkas Bupati.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Pemkab Kayong Utara Terima Dokumen Pendukung Pemekaran KKU

Published

on

Pemkab Kayong Utara Terima Dokumen Pendukung Pemekaran KKU
Wabup Effendi Terima Dokumen Pendukung Pemekaran KKU - foto/data Pemkab KKu

Gencil News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara menerima penyerahan Dokumen Pendukung Pembentukan Kabupaten Kayong Utara dari Mantan Anggota DPRD Kabupaten Ketapang Dapil Ketapang 2 (Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir, Teluk Batang dan Pulau Maya Karimata)
Abdul Karim, SH.

Dokumen Pendukung Perjuangan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Kayong Utara H. Effendi Ahmad, S.Pd.I yang juga sebagai salah satu anggota Panitia Pemekaran serta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Dra. Hj. Hilaria Yusnani di Kantor Bupati Kayong Utara, pada Selasa (22/9/2020).

Pada kesempatan ini, Wabup Effendi mengucapkan terimakasih kepada Mantan Ketua Sementara DPRD KKU yg pertama (Abdul Karim) yang telah menyerahkan Dokumen Pendukung dalam memperjuangkan pemekaran Kabupaten Kayong Utara berupa Dokumen Pemekaran Kecamatan Seponti dan sebuah Sepeda Motor tua yg digunakan Abdul Karim mengurusi Pemekaran Kecamatan Seponti.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kayong Utara mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Panitia Persiapan Pemekaran Kabupaten Kayong Utara dan Pelaku sejarah dalam hal ini Mantan Anggota DPRD Kabupaten Ketapang yang telah menghimpun Dokumen pendukung sejarah perjuangan pemekaran Kabupaten Kayong Utara dan pada hari ini diserahkan ke Pemerintah Daerah Kayong Utara,” ucap Wabup yang juga mantan Wakil Ketua Sementara DPRD KKU yang pertama.

Wabup Effendi juga mengapresiasi atas perjuangan para P3KKU dalam menuntaskan pemekaran Kabupaten Kayong Utara yang pada masa itu sempat terhenti karena ada beberapa kendala, dari mulai tidak memenuhi syarat hingga banyaknya kritikan dari berbagai pihak, namun dengan semangat, kegigihan dan kerja keras para P3KKU akhirnya berhasil memekarkan Kayong Utara menjadi Kabupaten dengan didukung oleh Bapak Oesman Sapta Odang (OSO).

Kemudian Wabup Effendi menjelaskan Dokumen yang diterimanya tersebut juga merupakan sebagai bentuk mengenang perjuangan anggota DPRD Kabupaten Ketapang Dapil Ketapang 2 15 tahun silam.

“Kenapa Dokumen ini disampaikan pada tanggal 22 September sekarang, karena PANSUS DPRD Kabupaten Ketapang terhadap pemekaran Kecamatan Seponti dilaporkan pada tanggal 22 September tahun 2005 sehingga ini juga dijadikan mementum untuk mengenang 15 tahun yang lalu perjuangan kawan-kawan anggota DPRD Kabupaten Ketapang Dapil Ketapang 2,” ujar Effendi.

Dengan terbentuknya Kecamatan Seponti maka syarat 5 kecamatan untuk sebuah Kabupaten terpenuhi ungkap mantan anggota DPRD KKU 2 periode tesebut.

Selanjutnya, Salah satu mantan anggota DPRD Kabupaten Ketapang Dapil Ketapang 2 Abdul Karim berharap Dokumen yang diserahkannya ke Pemerintah Daerah Kayong Utara tersebut dapat dijadikan motivasi para generasi yang akan datang agar mereka tidak melupakan sejarah.

“Tujuan kami menyusun dan menyerahkan Dokumen Pendukung Pemekaran Kabupaten Kayong Utara ke Pemda ini adalah untuk memberikan motivasi kepada generasi selanjutnya agar mereka tidak melupakan sejarah perjuangan para pendahulunya,” ungkap Abdul Karim.

Kemudian Abdul Karim menceritakan sejarah singkat tentang perjuangannya bersama dengan enam orang rekannya di Anggota DPRD Kabupaten Ketapang Dapil Ketapang 2 yaitu Hasan, SH, MBA, Nazadolah, SH, Ruslan Hamzah, H. Firdaus, Hasilah, S.Pd dan Alhusaini Akbar.

Pada saat pemekaran Kayong Utara mendapatkan banyak hambatan yaitu salah satunya undang-undang sebelumnya mengatakan bahwa untuk membentuk sebuah Kabupaten itu cukup dengan tiga Kecamatan saja, namun dengan undang-undang yang baru setelah Pemilu 2004 maka untuk membentuk Kabupaten itu minimal lima Kecamatan.

Sedangkan Kayong Utara pada saat itu hanya ada Empat Kecamatan saja yaitu Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir, Teluk Batang dan Pulau Maya Karimata, untuk melengkapkan syarat itu mereka yang berada di DPRD Kabupaten Ketapang.

Bersepakat untuk menginisiasi pemekaran Kecamatan yang berada di Dapil Ketapang 2 tersebut dan pada saat itu yang memungkinkan untuk dimekarkan adalah Kecamatan Teluk Batang yang akhirnya dibagi menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Teluk Batang dan Seponti, Tuturnya.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Wakil Bupati Kayong Utara Ingatkan Protokol Covid-19 Ke Kafilah KKU

Published

on

Wakil Bupati Kayong Utara Ingatkan Protokol Covid-19 Ke Kafilah KKU

Gencil News – Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, S.Pd.I menghadiri Acara Pembukaan MTQ XXVIII (28) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sekadau, pada Rabu (16/9/2020) malam.

MTQ di Bumi Lawang Kuari tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan dan turut dihadiri para Kepala Daerah se Kalimantan Barat.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Effendi yang dalam hal ini juga menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kayong Utara berharap agar pelaksanaan MTQ di Sekadau tersebut berjalan dengan lancar dan sukses serta peserta asal Kayong Utara bisa menunjukan kemampuannya secara maksimal.

“Semoga pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat ke XXVIII di Kabupaten Sekadau ini berjalan dengan lancar dan sukses dan para peserta kita bisa menunjukan kemampuannya dengan maksimal sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang baik bahkan bisa juara,” harap Wabup.

Selain itu, Wabup Effendi juga memberikan motivasi kepada para peserta asal Kayong Utara untuk tampil dengan percaya diri dan maksimal sehingga mereka bisa menampilkan yang terbaik dan bisa jadi juara pada ajang MTQ XXVIII tingkat Provinsi Kalimantan Barat serta bisa mengikuti MTQ tingkat Nasional di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat untuk mewakili Provinsi Kalimantan Barat.

Kemudian Wabup Effendi menghimbau supaya peserta tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Mengingat pelaksanaan MTQ kali ini ditengah mewabahnya pandemi Covid-19, untuk itu saya menghimbau kepada Kafilah Kayong Utara agar tetap menjalankan protokol kesehatan, pakai masker dan selalu menjaga kebersihan serta tetap berdo’a supaya kita selalu dalam lindungan Allah SWT,” tutur Wabup.

Continue Reading

TRENDING