Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok Di KKU, Dipastikan Aman

Published

on

Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok Di KKU, Dipastikan Aman

Gencil News – Ketersediaan sembilan bahan pokok atau bahan pangan di Kayong Utara dipastikan cukup hingga akhir tahun. hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara, Citra Duani ketika memimpin rapat koordinasi Satgas Pangan, Selasa (29/9/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Untuk ketersediaan beras di Kayong Utara dipastikan cukup. ” Berdasarkan data dari Dinas Pertanian, Ketersediaan beras di Kayong Utara ada sekitar 45 ton.

Artinya cukup hingga akhir tahun,” terang Bupati. Selain beras yang ada di Kabupaten, Kayong Utara juga punya cadangan beras 25 ton di gudang Bulog yang berada di Ketapang.

Meski kebutuhan pangan cukup, Bupati menghimbau masyarakat untuk tetap produktif dengan menanam di pekarangan rumah. Terutama tanaman untuk kebutuhan sehari-hari seperti cabe, serai dan tanaman obat keluarga.


“Masyarakat juga harus waspada karena sekarang sudah ada beberapa lahan pertanian yang terkena banjir,” himbau bupati.

Hal ini juga dibenarkan, Wahono Kepala Dinas Pertanian yang juga hadir mengikuti rapat. Menurutnya, Kayong Utara masih surplus beras. Kebutuhan beras saat ini15 ribu ton pertahun, sedangkan hasil panen dari petani mencapai 38 ribu ton pertahun.

” Untuk di Sukadana, panen petani sudah tembus hingga 6 ton satu hektar, Begitu juga dengan kebutuhan daging dan telur juga mencukupi.” jelas Wahono.

Untuk kebutuhan menjelang hari raya natal dan tahun baru, harga barang diyakini juga stabil. Kalaupun terjadi kenaikan harga, Dinas Perdagangan telah siap melakukan operasi pasar.

” Kita punya anggaran untuk operasi pasar, mudah-mudahan harga tetap stabil,” jelas Erwin Sudrajat Kepala Dinas Perdagangan.

Kapolres Kayong Utara, AKBP Bambang WS mengatakan, siap mendukung kebijakan Pemkab Kayong Utara dan Satgas Pangan dalam peran peningkatan ketahanan pangan.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Jalan Tanah Merah sukadana, juga dihadiri Hiliari Yusnani Sekretaris Daerah, Mayor Budi Periwara Penghubung KODIM 1203 Ketapang.

Gunawan Kepala Dinas Perhubungan, Nendar Soeheri Kepala Dinas Keluatan, Perwakilan Kepala Bulog Ketapang dan Pejabat di Sekretariat Daerah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Kayong Utara Raih Penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK

Published

on

Kayong Utara Raih Penghargaan Program Kampung Iklim dari KLHK
Bupati Kayong Utara, Citra Duani ketika menerima penghargaan secara virtual di ruang Vidcon Pendopo bupati.

Gencil News – Kabupaten Kayong Utara menerima penghargaan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2020, dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kayong Utara menjadi satu-satunya Kabupaten yang mewakili Kalimantan Barat untuk kategori pembinaan.

Selain kategori ini, Kayong Utara juga menerima penghargaan untuk kategori Kampung Iklim yang diterima Desa Sedahan Jaya. Penyerahan penghargaan ini dihadiri Bupati Kayong Utara, Citra Duani dengan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tomi Djunaidi, Camat Sukadana Syahrial Solihin, Kepala Bagian Protokol dan Kepala Desa Sedahan Jaya secara virtual melalui zoom metting, Jumat (23/10) pukul 08.30 WIB.

Kayong Utara menerima penghargaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup nomor 401/Men LHK/PPI.O/10/20 tanggal 19 Oktober 2020.

Ditemui usai menerima penghargaan, Bupati menjelaskan bahwa program Proklim merupakan program yang mengakui partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitagisi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim.

“Penghargaan yang diterima Kayong Utara ini merupakan hasil dari tahapan dari penilaian Proklim 2020,” jelas Bupati.

Setelah memenuhi indikator penilaian, terutama tentang adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, penilaian lainya, dari kelembagaan di masyarakat, usaha  di tengah masyarakat dalam meningkatkan dan mempertahankan adaptasi perubahan iklim. “Saya berharap desa lain dapat mencontoh desa Sedahan dalam program ini,” timpal Citra.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Pemkab Kayong Utara Komitmen Terhadap Pembangunan Berkelanjutan

Published

on

Pemkab Kayong Utara Komitmen Terhadap Pembangunan Berkelanjutan

Gencil News – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara sangat berkomitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, karena ini juga merupakan visi dan misi saat ini.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kayong Utara, Citra Duani, ketika membuka acara seminar yang diselenggarakan oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Kalimantan Barat tentang Pentingnya KLHS dalam Memastikan Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Kayong Utara, di Hotel Mahkota Kayong, Sukadana, Kamis (22/10/2020).

“Implementasi visi dan misi ini telah menghasilkan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD dan RTRW di Kabupaten Kayong Utara.” Kata Citra.

Citra menambahkan, tujuan dari KLHS ini untuk memastikan pembangunan berkelanjutan. “Ini akan terintegrasi ke dalam kebijakan, rencana, program dan kegiatan , serta menyiapkan alternatif penyempurnaan kebijakan atau program agar resiko lingkungan yang tidak di harapkan dapat diminimalkan.” Tuturnya.

Kegiatan seminar Walhi Kalbar ini juga di apresiasi oleh Bupati Citra, apalagi menurutnya, Pemkab Kayong Utara sedang melakukan revisi KLHS RPJMD, RTRW, dan menyusun KLHS Rencana Detail Tata Ruang (RTRW).

“Saran dan masukan sangat berarti agi kami, sehingga dapat memperkaya dokumen tersebut, sehingga program dan kegiatan pembangunan di Kayong Utara dapat sesuai dengan jalur seperti yang kita harapkan bersama.” Ujar Citra.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Kayong Utara Dorong FKDM Untuk Ciptakan Ketertiban Umum

Published

on

By

Bupati Kayong Utara Dorong FKDM Untuk Ciptakan Ketertiban Umum
Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani

Gencil News – Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani dorong terbentuknya FKDM Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani dorong terbentuknya FKMD di Kayong Utara agar terciptanya stabilitas keamanan dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah.

Bupati citra turut hadir dalam agenda Sosialisasi dan Fasilitasi Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kabupaten Kayong Utara di Aula Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Kamis (22/10/2020).

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dibentuk untuk pendeteksian dan pencegahan dini sehingga akan tercipta ketertiban umum yang kondusif di Kabupaten Kayong Utara,”ujarnya

Untuk menciptakan kemanan di Kabupaten Kayong Utara, Bupati Citra mengatakan bahwa perlu saling bersinergi antara Perangkat Daerah dengan masyarakat dengan melibatkan organisasi, tokoh masyarakat dan LSM bahkan dari Akademisi dan unsur terkait lainnya.

Bupati Kayong Utara juga menghimbau agar FKDM dapat memberikan informasi yang jelas agar informasi yang diterima masyarakat tidak terjadi keraguan dan keresahan masyarakat Kayong Utara. Pesan kepada FKDM agar hati-hati menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan berita hoaks juga disampaikan Bupati Citra.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota FKDM dan masyarakat Kayong Utara supaya berhati-hati dalam bermedsos, jangan sampai menjadikan jejaring sosial sebagai alat penyebar berita bohong atau hoax,”kata Bupati Citra

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesbangpol Kabupaten Kayong Utara. Selain Bupati Kayong Utara hadir pula narasumber dari Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Polres Kayong Utara, Danramil Sukadana.

Beberapa Kepala OPD Kayong Utara,tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda se-Kabupaten Kayong Utara juga ikut andil dalam kegiatan ini.

Adapun konsep pengembangan kewaspadaan dini sesuai dengan Permendagri Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah?

Untuk itu, perlu ada penguatan terhadap konsep kebijakan pengembangan Kewaspadaan Dini dengan cara:
1. Merumuskan 
2. Merencanakan
3. Melaksanakan sesuai pasal 10 Permendagri Nomor 46 Tahun 2019. 

Continue Reading

TRENDING