Pembangunan Kayong Utara Harus Bersinergi Dengan Pemda Dan DPR
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Pembangunan Kayong Utara Harus Bersinergi Dengan Pemda Dan DPR

Published

on

Pembangunan Kayong Utara Harus Bersinergi Dengan Pemda Dan DPR

Gencil News- Pembangunan Kabupaten Kayong Utara terus gencar, baik itu dari pariwisata dan sebagainya. Akan tetapi, hal ini perlu adanya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Dewan perwakilan rakyat.

Salah satu tokoh pemekeran Kabupaten Kayong Utara, Hamdani Adeni mengatakan bahwa untuk menuju ke arah yang lebih maju memerlukan adanya kesinergisitas yang baik.

“Hubungan Eksekutif dan Legislatif itu harus baik lah,” kata Hamdani.

Ia merupakan salah satu yang pernah terlibat akan proses pemekaran Kabupaten Kayong Utara. Ia mengharapkan agar hubungan pimpinan Dewan serta Anggota DPRD Kab Kayong Utara dengan Bupati KKU dapat berjalan seiringan.

“Sesuai dengan Topoksi Nya Masing-masing,”harapnya.

Baca juga   Gugus Tugas Covid 19 KKU Rapid Test Pemandu Karaoke di Pulau Datok

Ia menerangkan bahwa jika memang ada permasalahan bisa untuk dibicarakan dengan baik-baik. Agar terus ada keharmonisan antara Eksekutif dan Legistlatif.

Ia juga meminta agar DPRD melihat akan kondisi kemampuan keuangan daerah. Yang mana pokok fikiran DPRD merupakan hal wajar dan diperbolehkan sepanjang mekanisme masuk dan waktu inputnya benar.

“Sesuai ketentuan, Pokok Fikiran itu diinput pada masa penyusunan rancangan awal RKPD dan difilter melalui TAPD. Kemudian untuk selanjutnya bisa untuk didistribukan ke masing masing SKPD sesuai tugas pokok dan fungsi. “Pokir itu halal,” ungkapnya.

Ia menambkan agar nantinya DPRD bisa mencari dan merancang Perda yang dapat menambah PAD.

Dia juga berharap DPRD dapat Membahas APBD tahun 2022 sesuai dengan Tahapan nya. “Kalau sampai terjadi penundaan Pengesahan APBD oleh DPRD, sama juga menghambat pembangunan,” pungkasnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Waspada Bencana! BPBD Kayong Utara Siapkan Tim Siaga

Published

on

By

Waspada Bencana! BPBD Kayong Utara Siapkan Tim Siaga

Gencil News- Waspada Bencana kini semakin mendapat perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara dengan menyiapkan tim siaga bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kayong Utara, Noorhabib melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kayong Utara, Parsono menyampaikan bahwa telah mensiagakan tim dengan jumlah petugas sebanyak 15 orang dengan sistem bergantian.

“Meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang diakibatkan curah hujan tersebut, BPBD mensiagakan petugas jaga 24 jam yang terdiri dari 15 orang dengan sistem shift, dan TRC (tim reaksi cepat),” kata Noorhabib. Pada hari Selasa (2/11/2021).

Baca juga   Satgas PPKM Mikro Kayong Utara Gencar Galakkan Disiplin Prokes

Yang mana bila adanya bencana bisa segera di kaji dan penanganan bisa segera terlaksana.

“Apabila telah terjadi bencana di lapangan untuk melakukan kaji cepat, sehingga dapat dilakukan upaya penanganan terhadap bencana tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa curah hujan yang sering terjadi pada setiap kecamatan-kecamatan pada wilayah Kabupaten Kayong Utara tersebut terjadi secara merata.

“Kecamatan lainnya juga terdampak hanya saja tingkatnya lebih rendah dari kecamatan diatas. Melihat perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG pada setiap kecamatan se Kabupten Kayong Utara. Memang curah hujan terjadi merata pada setiap kecamatan,”pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Inovasi Pengembangan Wisata Di Desa Gunung Sembilan

Published

on

By

Inovasi Pengembangan Wisata Di Desa Gunung Sembilan
Inovasi Pengembangan Wisata Di Desa Gunung Sembilan/Istimewa

Gencil News- Potensi wisata di Kayong Utara kini terus berkembang dan pesat. Mengingat banyak lokasi yang bisa dijadikan pemerintah kayong Utara untuk terus berinvoasi serta melakukan pemantapan destinasi wisata yang bisa dikelola

Salah satunya yang ada di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadana, kabupaten Kayong Utara.

Kepala Desa Gunung Sembilan, Ediansyah mengatakan bahwa ada beberapa destinasi wisata yang berada di Desa Gunung Sembilan.

“Terkait wisata di Desa Gunung Sembilan, Alhamdulillah kita di akhir 2020 kemarin sudah melaksanakan sublaunching yang mana disitu terdiri dari wisata pantai mutiara, bukit mendale, wisata Makam Ratu Soraya, Makam Ratu Air Mala dan pantai pasir masenik,” kata Ediansyah. Pada hari Senin (25/10/2021)

Baca juga   Rajut Silaturahmi Dengan Jajarannya, Bupati Citra Lebaran Ke Rumah OPD

Ia menjelaskan bahwa rencana kedepannya akan mengembangkan wisata sawah yang ada pada Desa Gunung Sembilan. Hal ini dikarenakan pemandangan di desa ini sangat indah

“Kita juga akan mengembangkan wisata sawah,” jelasnya

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2000 pada masa lebaran kemarin. Untuk destinasi wisata pada Desa Sembilan sangat sepi pengunjung.

Ini karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang pemerintah terapkan pada waktu lalu

Baca juga   Kemendagri Turun Tangan Selesaikan Batas Kayong Utara dan Ketapang

“Sejak tahun 2020 sudah mulai ada perubahan, cuman waktu lebaran kemarin kita mengalami kondisi PPKM Level tiga jadi sedikit agak kurangnya kegiatan disitu (objek wisata),” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Festival Kampong Mangrove Berikan Manfaat Bagi Daerah Kepulauan

Published

on

By

Festival Kampong Mangrove Berikan Manfaat Bagi Daerah Kepulauan
Festival Kampong Mangrove Berikan Manfaat Bagi Daerah Kepulauan/Istimewa

Gencil News- Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Rahadi Usman mengharapkan adanya festival kampong Mangrove Pulau Maya bisa berikan manfaat bagi daerah kepulauan

“Harapan ini mudah-mudahan kedepan Kayong Utara dengan adanya ini (Festival Kampong Mangrove Pulau Maya) khususnya di daerah Kepulauanlah yang benar-benar membutuhkan lahan mangrove yang mungkin melalui program pusat ini di daerah Desa Kemboja,” kata Rahadi. Pada hari Rabu (20/10/2021)

Ia menjelaskan bahwa untuk dua tahun secara berturut-turut mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

“Alhamdulillah kita dua tahun berturut-turut kita melalui bantuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI itu dapat untuk tahun sebelumnya itu, lembaga simpang mandiri mendapatkan pembuatan film sejarah,” ujarnya

Baca juga   Bupati Citra Upayakan Semua Kapal Di Kayong Utara Miliki Dokumen

Ia mengungkapkan bahwa program ini sama dengan program sebelumnya. Yang mana pada tahun ini mendapatkan kembali festival kampong mangrove pada Desa Kemboja, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara

“Itu juga sama programnya dan Alhamdulillah tahun ini dapat lagi Festival ini. Itu bagian daripada Program Pusat yang mungkin sangat bermanfaat di daerah kita,” ungkapnya

Ia mengatakan bahwa mudah-mudahan adanya program ini bisa membantu daerah yang berada di kepulauan yang ada di kabupaten Kayong Utara

“Mudah-mudahan dengan adanya Program Pemerintah Pusat ini bisa membantu daerah-daerah Kepulauan,” pungkasnya

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Tak Mau Kendur Hadapi Covid-19, KKU Gencarkan Vaksinasi

Published

on

Tak Mau Kendur Hadapi Covid-19, KKU Gencarkan Vaksinasi

Gencil News- Tak mau kendur dalam menghadapi virus corona penyebab covid-19, Kabupaten Kayong Utara terus mengencarkan vaksinasi.

Satgas penanganan covid-19 Kabupaten Kayong Utara, saat ini terus mengajak masyarakat dan menyosialisasikan pentingnya vaksin covid-19, sebagai upaya untuk mencegah kematian.

Kabupaten Kayong Utara sampai dengan saat ini, vaksinasi baru menembus angka 20 persen daripada jumlah warga penerima vaksin.

Baca juga   Citra Duani Bahas Solusi Penyediaan Air Bersih di Kayong Utara

Menurut Kadiskes Kabupaten Kayong Utara, Bambang Suberkah jumlah penerima vaksin masih rendah.

Menurutnya Kadiskes, setidaknya vaksinasi dapat menyentuh angka 70 persen daripada jumlah penduduk penerima vaksin.

“Pemerintah Daerah terus berupaya dalam kegiatan vaksinasi, paling tidak kita mencapai target vaksinasi 70 persen” jelas pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara kepada Gencil News, melalui pesan singkat.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING