Kabupaten Kayong Utara

Pemkab Kayong Utara Akan Buat Perbup Lahan Pertanian dan Pangan

Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat Rapat Koordinasi Pokja RPLP2B (Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan) Tahun 2022, Jumat (7/10/2022).

Gencil News – Pemerintah kabupaten Kayong Utara berkomitmen mempertahankan lahan pertanian serta mengembangkan sektor pertanian.

Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani mengatakan regulasi lahan pertanian dan pangan berkelanjutan harus cepat diselesaikan.

“Regulasi lahan pertanian dan pangan berkelanjutan ini harus cepat diselesaikan, tujuannya kita mencegah alih fungsi lahan pertanian ke nonpertanian,” tegas Citra saat Rapat Koordinasi Pokja RPLP2B (Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan) Tahun 2022, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, kata Citra, dalam beberapa tahun kedepan bukan tidak mungkin potensi alih fungsi lahan pertanian terus terjadi.

Baca juga   Waspada Bencana! BPBD Kayong Utara Siapkan Tim Siaga

Untuk itu, dengan regulasi LP2B, Citra berharap penyusutan areal pertanian dapat terkontrol dengan baik.

“Dengan regulasi ini menekan lajunya alih fungsi lahan pertanian, sehingga kita bisa mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan di daerah,” ujar Citra.

Citra juga mengajak Organisasi Perangkat Daerah agar lebih inovatif dalam mengembangkan sektor pertanian.

“Tujuan kita melindungi kepemilikan lahan pertanian bagi petani, meningkatkan kemakmuran mereka serta kesejahteraan petani dan masyarakat. Tugas kita ini mengurus rakyat, turun langsung ke lapangan sehingga kehadiran kita dirasakan langsung oleh para petani dalam membantu mereka mengembangkan sektor pertanian,” papar Citra.

Sementara itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut, langkah pemerintah daerah Kayong Utara akan membuat Peraturan Bupati (Perbup) terkait Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top