Sertifikat Tanah Solusi Masalah Sengketa Tanah Di Kayong Utara
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Sertifikat Tanah Solusi Masalah Sengketa Tanah Di Kayong Utara

Published

on

Sertifikat Tanah Solusi Masalah Sengketa Tanah Di Kayong Utara
Pemerintah Kabupaten Kayong Utara Terima Sertifikat Tanah dari Presiden Joko Widodo

Gencil News – Kepemilikan sertifikat tanah bagi masyarakat sangat penting, sebagai bukti kepemilikan tanah dan perlindungan hukum.

“Sertifikat ini sangat penting, karena ini merupakan bukti hak kepemilikan yang sudah sah menurut hukum. Sehingga tidak bisa diganggu gugat seperti yang selama ini terjadi sengketa tanah,

kemudian ribut dengan keluarga dan saudara hal ini salah satunya karena tidak memiliki sertifikat. Sehingga kita tidak memiliki bukti yang kuat atas hak kepemilikan tanah tersebut,” Kata Bupati Citra saat menghadiri acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat se-Indonesia. Yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kayong Utara, Selasa (5/1/2021). Aula Istana Rakyat/Pendopo Bupati Kayong Utara.

Bupati Citra mengatakan, Dengan adanya sertifikat, maka status tanah masyarakat kayong utara sudah jelas jadi hak milik. Yang mana kemudian sertifikat tersebut bisa masyarakat gunakan untuk agunan pinjaman kredit ke pihak perbankan.

Serta bisa juga sebagai bukti atau laporan harta kekayaan bagi para pejabat.

Untuk penyerahan sertifikat di Kayong Utara pada tahun ini sebanyak 4.230 sertifikat yang terdiri dari 3 kecaman dan 10 desa.

Yaitu Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir dan Pulau Maya. Dan untuk Kecamatan Kepulauan Karimata sendiri belum bisa diproses. Karena memang mengingat wilayah tersebut masuk dalam kawasan Cagar Alam Laut (CAL).

Sehingga perlu proses yang panjang, namun Pemerintah Daerah akan terus berupaya agar tanah di Kecamatan Kepulauan Karimata juga bisa tersertifikasi. Karena program ini akan terus berlanjut setiap tahunnya

BPN Kayong Utara serahkan 4.230 sertifkat tanah

Selanjutnya Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara Venita menambahkan bahwa 4.230 sertifikat yang pihaknya serahkan. Terdiri dari dua program strategis yang memang sudah direkomendasikan oleh Presiden Republik Indonesia

Yaitu 1.500 untuk program redistribusi tanah untuk para petani dan selanjutnya untuk perumahan. Yaitu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 2.730 sertifikat.

Selanjutnya Venita berharap seluruh masyarakat Kayong Utara memiliki sertifikat sehingga tidak terjadi sengketa atas kepemilikan tanah.

“Melalui program ini, Saya berharap kedepan seluruh tanah Kayong Utara sudah benar-benar memiliki sertifikat, paling tidak sudah terdaftar. Sehingga tidak ada lagi terjadi sengketa atas kepemilikan hak atas tanah tersebut,” tutupnya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Kayong Utara Akan Melakukan Vaksinasi Covid-19 Awal Februari 2021

Published

on

By

Kayong Utara Akan Melakukan Vaksinasi Covid-19 Awal November 2021
KB Kayong Utara lakukan rapat koordinasi bersama Diskominfo dan BPBD KKU, diruang Media Center KOMINFO KKU, Selasa(19/1/2021).

Gencil News – Kabupaten Kayong Utara secepat mungkin melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat Kayong Utara.

“Dari hasil rapat telah kami sepakati, rencananya minggu depan kami akan melakukan sosialisasi. Tentunya dengan menyesuaikan jadwal Bupati Kayong Utara,” jelas Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda, Selasa 19 Januari 2021.

Aslinda menjelaskan, percepatan sosialisasi guna menyambut datangnya vaksin Covid-19 untuk Kayong Utara yang berjumlah 513 vaksin. Sementara vaksinasi pertama kali untuk 764 tenaga kesehatan di kayong Utara.

“Rencananya vaksin ini akan dikirim Pemerintah Provinsi Kalbar awal Februari 2021 mendatang. Sehingga awal Februari, Kayong Utara akan mencanangkan penyuntikan vaksin pertama,” jelasnya.

Untuk tahap pertama, Pemkab Kayong Utara mengutamakan tenaga kesehatan karena merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Sesuai arahan dari Kementrian dan Dinas Kesehatan Provinsi, vaksin tahap pertama ini lebih mengutamakan untuk tenaga kesehatan, karena berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi yang benar terkait vaksin, yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat umum di tahap berikutnya.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Dinas Kominfo Kayong Utara Siapkan 7 Unit Komputer Untuk Pelajar

Published

on

By

Dinas Kominfo Kayong Utara Siapkan 7 Unit Komputer Untuk Pelajar
Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda

Gencil News – Dinas Kominfo Kayong Utara sediakan 7 unit komputer untuk sarana belajar daring bagi para pelajar di kantor mereka.

Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda mengatakan, fasilitas dari Kominfo tersebut untuk menunjang kegiatan belajar daring pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Inisiatif penyediaan sarana belajar daring ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pelajar yang tidak mempunyai gadget,” ujar Aslinda

Menurutnya dengan proses pembelajaran daring saat ini, tidak semua siswa-siswi memiliki gawai untuk mengakses pola pembelajaran secara daring. Sehingga pihak Kominfo berinisiatif untuk mencoba memfasilitasi.

Aslinda menyebut pihaknya pun berkomitmen untuk membantu para pelajar soal cara penggunaan perangkat komputer tersebut.

Dengan harapan para pelajar bakal terbiasa menggunakan perangkat teknologi.

“Nanti diajarkan mulai dari bagaimana cara menghidupkannya, kemudian cara membukanya. Kalau bisa mengakses internetnya bagaimana. Termasuk lah mereka juga bisa belajar cara memprint-outnya,” ujarnya

Sementara itu, Ia mengaku telah menghubungi sejumlah sekolah di Sukadana.

Dia juga mengaku telah menyampaikan ke pihak sekolah agar menyiapkan jadwal untuk belajar menggunakan sarana belajar daring ini.

“Jadi kita nanti ada juga pembatasan sosial lah gitu. Jumlahnya juga kita batasi. Jadi nanti pakai jadwal. Didata dulu jumlah siswa berapa yang mau pakai fasilitas itu,”pungkasnya


Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Tenaga Kesehatan RSUD Kayong Utara Siap Ikuti Pelatihan Vaksinasi

Published

on

By

Tenaga Kesehatan RSUD Kayong Utara Siap Ikuti Pelatihan Vaksinasi
RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I Kayong Utara

Gencil News – RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I Kayong Utara akan mengadakan pelatihan vaksinasi Covid-19 oleh Kemenkes pada 7-9 Januari 2021.

Sementara ini pihak RSUD telah menyiapkan sebanyak 10 Tenaga Kesehatan untuk mengikuti pelatihan tersebut.

“Vaksinasi Covid-19 koordinator pelaksananya memang berada di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana,”ujar Kepala RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1, Maria Fransisca Antonelly.

Ia mengatakan pihak RSUD selaku salah satu fasilitas kesehatan juga menyiapkan SDM untuk program vaksinasi ini.

“Tenaga yang disiapkan terdiri dari dokter umum, perawat, dan bidan,” kata Sisca, Kamis 7 Januari 2021.

Sedangkan untuk vaksinasi tenaga kesehatan, Sisca menyebut pihaknya mengajukan seluruh tenaga kesehatan yang ada.

Namun yang terdaftar sepertinya tidak semua, sehingga perlu verifikasi kembali.

Sisca menjelaskan, vaksinasi adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik, seperti halnya imunisasi yang bisa menambah kekebalan tubuh.

“Namun di sisi lain penerapan protokol kesehatan menjadi kunci memutus rantai penyebaran Covid-19,” terang Sisca.

Untuk itu, Sisca menjelaskan, dengan adanya vaksinasi bukan berarti seratus persen tidak akan terkena Covid-19. Namun, Setidaknya gejalanya akan lebih ringan bila terkena.

“Maka tetap harus laksanakan protokol kesehatan yang benar yaitu 3M dengan memakai masker, nencuci tangan, dan menjaga jarak atau hindari keramaian,” imbuh Sisca.


Continue Reading

TRENDING