Tenaga Kesehatan RSUD Kayong Utara Siap Ikuti Pelatihan Vaksinasi
Connect with us

Kabupaten Kayong Utara

Tenaga Kesehatan RSUD Kayong Utara Siap Ikuti Pelatihan Vaksinasi

Published

on

Tenaga Kesehatan RSUD Kayong Utara Siap Ikuti Pelatihan Vaksinasi
RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I Kayong Utara

Gencil News – RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I Kayong Utara akan mengadakan pelatihan vaksinasi Covid-19 oleh Kemenkes pada 7-9 Januari 2021.

Sementara ini pihak RSUD telah menyiapkan sebanyak 10 Tenaga Kesehatan untuk mengikuti pelatihan tersebut.

“Vaksinasi Covid-19 koordinator pelaksananya memang berada di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana,”ujar Kepala RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1, Maria Fransisca Antonelly.

Ia mengatakan pihak RSUD selaku salah satu fasilitas kesehatan juga menyiapkan SDM untuk program vaksinasi ini.

“Tenaga yang disiapkan terdiri dari dokter umum, perawat, dan bidan,” kata Sisca, Kamis 7 Januari 2021.

Sedangkan untuk vaksinasi tenaga kesehatan, Sisca menyebut pihaknya mengajukan seluruh tenaga kesehatan yang ada.

Namun yang terdaftar sepertinya tidak semua, sehingga perlu verifikasi kembali.

Sisca menjelaskan, vaksinasi adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik, seperti halnya imunisasi yang bisa menambah kekebalan tubuh.

“Namun di sisi lain penerapan protokol kesehatan menjadi kunci memutus rantai penyebaran Covid-19,” terang Sisca.

Untuk itu, Sisca menjelaskan, dengan adanya vaksinasi bukan berarti seratus persen tidak akan terkena Covid-19. Namun, Setidaknya gejalanya akan lebih ringan bila terkena.

“Maka tetap harus laksanakan protokol kesehatan yang benar yaitu 3M dengan memakai masker, nencuci tangan, dan menjaga jarak atau hindari keramaian,” imbuh Sisca.


Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabupaten Kayong Utara

Kayong Utara Akan Melakukan Vaksinasi Covid-19 Awal Februari 2021

Published

on

By

Kayong Utara Akan Melakukan Vaksinasi Covid-19 Awal November 2021
KB Kayong Utara lakukan rapat koordinasi bersama Diskominfo dan BPBD KKU, diruang Media Center KOMINFO KKU, Selasa(19/1/2021).

Gencil News – Kabupaten Kayong Utara secepat mungkin melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat Kayong Utara.

“Dari hasil rapat telah kami sepakati, rencananya minggu depan kami akan melakukan sosialisasi. Tentunya dengan menyesuaikan jadwal Bupati Kayong Utara,” jelas Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda, Selasa 19 Januari 2021.

Aslinda menjelaskan, percepatan sosialisasi guna menyambut datangnya vaksin Covid-19 untuk Kayong Utara yang berjumlah 513 vaksin. Sementara vaksinasi pertama kali untuk 764 tenaga kesehatan di kayong Utara.

“Rencananya vaksin ini akan dikirim Pemerintah Provinsi Kalbar awal Februari 2021 mendatang. Sehingga awal Februari, Kayong Utara akan mencanangkan penyuntikan vaksin pertama,” jelasnya.

Untuk tahap pertama, Pemkab Kayong Utara mengutamakan tenaga kesehatan karena merupakan garda terdepan penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Sesuai arahan dari Kementrian dan Dinas Kesehatan Provinsi, vaksin tahap pertama ini lebih mengutamakan untuk tenaga kesehatan, karena berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi yang benar terkait vaksin, yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat umum di tahap berikutnya.

Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Dinas Kominfo Kayong Utara Siapkan 7 Unit Komputer Untuk Pelajar

Published

on

By

Dinas Kominfo Kayong Utara Siapkan 7 Unit Komputer Untuk Pelajar
Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda

Gencil News – Dinas Kominfo Kayong Utara sediakan 7 unit komputer untuk sarana belajar daring bagi para pelajar di kantor mereka.

Kepala Dinas Kominfo Kayong Utara, Aslinda mengatakan, fasilitas dari Kominfo tersebut untuk menunjang kegiatan belajar daring pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Inisiatif penyediaan sarana belajar daring ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pelajar yang tidak mempunyai gadget,” ujar Aslinda

Menurutnya dengan proses pembelajaran daring saat ini, tidak semua siswa-siswi memiliki gawai untuk mengakses pola pembelajaran secara daring. Sehingga pihak Kominfo berinisiatif untuk mencoba memfasilitasi.

Aslinda menyebut pihaknya pun berkomitmen untuk membantu para pelajar soal cara penggunaan perangkat komputer tersebut.

Dengan harapan para pelajar bakal terbiasa menggunakan perangkat teknologi.

“Nanti diajarkan mulai dari bagaimana cara menghidupkannya, kemudian cara membukanya. Kalau bisa mengakses internetnya bagaimana. Termasuk lah mereka juga bisa belajar cara memprint-outnya,” ujarnya

Sementara itu, Ia mengaku telah menghubungi sejumlah sekolah di Sukadana.

Dia juga mengaku telah menyampaikan ke pihak sekolah agar menyiapkan jadwal untuk belajar menggunakan sarana belajar daring ini.

“Jadi kita nanti ada juga pembatasan sosial lah gitu. Jumlahnya juga kita batasi. Jadi nanti pakai jadwal. Didata dulu jumlah siswa berapa yang mau pakai fasilitas itu,”pungkasnya


Continue Reading

Kabupaten Kayong Utara

Bupati Citra Sebut 2021 Sebagai Tahun Emasnya Kayong Utara

Published

on

By

Bupati Citra Sebut 2021 Sebagai Tahun Emasnya Kayong Utara
Bupati Kayong Utra, Citra Duani

Gencil News – Bupati Kayong Utara Citra Duani meyakini bahwa tahun 2021 merupakan tahun emasnya Kabupaten Kayong Utara. Dan apa yang menjadi visi dan misinya akan segera tercapai.

“Pembangunan Bandara Kayong Utara menghadapi kemajuan, dan kita kebut terus untuk mendapatkan dana pembangunan awal di tahun 2021. Dari Kementerian Perhubungan selain pembangunan bandara di Kalimantan Barat lainnya” terang Citra Duani.

Mengawali Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten menggelar silaturahmi Pemerintah Bersama Forkopimda. Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, Dandim, Danlanal, dan Kepala Bea dan Cukai, DPRD dan Kepala OPD turut menghadiri agenda tersebut.

Selain menjelaskan Progress Pembangunan Bandara, Bupati Citra Juga meyakinkan kepada semua yang hadir. Bahwa akan segera membuka Akses Jalan Perawas tahun 2021.

“Jalan Perawas akan segera terselesaikan, saya mendapat laporan sudah 90%. Nanti sama sama kita melintasinya ke Pontianak cuma 5 jam. Nantinya Orang akan berbondong bondong Ke Kayong Utara”tambahnya.

Selanjutnya, untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain bidang Pariwisata. Citra melirik komoditas Eksport dari hasil perkebunan dan kelautan di wilayah Kayong Utara. Yang menurutnya punya daya jual hingga kelur negeri.

“Kita Punya Kopi Liberika. Jenis kopi ini cukup langka di dunia dan berhasil d tanam oleh para petani kopi di Kecamatan Seponti. Ini akan terus kami bina, produknya akan kami kemas, dan pasarkan hingga luar negeri”terangnya.

Tidak hanya Kopi, Kekayaan Hasil Laut Kayong Utara dapat menjadi unggulan. Citra berupaya agar masyarakat dapat menikmati hasil Laut Karimata.

“Yang ada saat ini, Kita menjual ikan ke luar Kabupaten lalu di Ekspor keluar Negeri dan kita tidak mendapatkan apapun. Sudah saatnya kita yang menikmati dan kita yang mengekspor” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Unsur Forkopimda Kayong Utara mendukung segala Program Bupati dan Wakil Bupati untuk kemajuan Kayong Utara. Kepala Kejaksaan Negeri Ketapang Sharma Bella Tymbas, mengatakan siap memberikan pandangan dan bantuan Hukum kepada Bupati untuk menentukan kebijakan.

“Bupati adalah pejabat Negara, dan pengecaranya adalah Kami Kejaksaan. Apapun permasalahan hukum yang terjadi dapat berkonsultasi dengan kami dan kami siap membantu Bupati”ungkapnya.

Perlu Sinergisitas

Ditambahkan juga oleh DANDIM 1203 Ketapang Suntata Wisnu Budi Hidayanta mengatakan bahwa perlu adanya sinergisitas. Dari para Forkopimda untuk menjalankan roda Pemerintaan untuk keamanan, ketertiban dan pembangunan daerah.

“Terkait tugas kami nantinya, khususnya MOU antara TNI dengan kementerian. Dalam hal pembangunan daerah baik itu pangan, infrastruktur dan lain lain. Kodim 1203 Ketapang berharap dapat dibantu oleh OPD Untuk menunaikan tugas dari masing masing Kementeriannya.
Agar apa yg diperintahkan nantinya dapat berjalan dengan lancar untuk kemajuan Kabupaten Kayong Utara” tambahnya.

Menanggapi peningkatan PAD Kayong Utara melalui Komuditas Ekspor. Kepala Kantor Bea dan Cukai Ketapang  Broto Seho P. yang memiliki wilayah kerja di Kayong Utara siap mendukung Bupati. Untuk mengelola Bea dan Cukai untuk menambah pendapatan Kayong Utara. Dan Ekspor menjadi solusi Kayong Utara untuk mendobrak pendapatan Asli Daerah.

Continue Reading

TRENDING